Bagi blogger manapun, baik yang ngeblog dengan tujuan komersil maupun tujuan 'ngamal' alias karena suatu idealisme, trafik adalah hal yang penting bagi kelangsungan hidup blognya. Okelah, kalimat "bagi kelangsungan hidup" mungkin terlalu berlebihan, tapi siapa sih yang mau punya blog tanpa pembaca? Sudah capek-capek nulis posting dari hari ke hari, eh, yang baca tidak ada. Kasihan betul kan kalo gitu? :D

Nah, maka dari itu tak heran bila jurus-jurus mencari dan meningkatkan trafik adalah hal yang wajib dipelajari. Bahkan harus benar-benar nempel di kepala. Punya blog tapi tak punya jurus memancing trafik ibarat pendekar turun gunung tanpa ilmu kanuragan yang memadai. Kurang lebih seperti Wiro Sableng tanpa Kapak Maut Naga Geni 212-nya. Biar gagah dengan badan tegap juga kalau tidak punya jurus mematikan ya tentu saja bakal-babak belur pas ketemu musuh. Babak-belurnya blog adalah tak punya pengunjung.

Ada banyak cara mudah dan gratis yang bisa dilakukan seorang blogger untuk meraih trafik. Salah satunya adalah dengan mengikuti program tukar-menukar banner iklan di EntreCard.com. Selain pendaftaran dan membership-nya gratis, Anda juga dapat mempromosikan blog kepada sesama anggota dengan cara memasang banner iklan Anda di blog member lain. Untuk itu Anda harus membayar dengan sejumlah EC point. Sebaliknya, Anda juga bisa memasang banner iklan blog member lain di blog Anda dan akan memperoleh EC point alias poin sebagai imbalan. Tak hanya untuk memasang iklan, poin tersebut dapat digunakan untuk berbelanja berbagai produk seperti eBook, jasa hosting, jasa design web, dll. di menu 'Shop'. Asyik kan?

Pertanyaannya kemudian, EC point itu apa dan bagaimana cara memperolehnya?

EC point adalah kredit yang digunakan sebagai alat transaksi antar member EntreCard. Cara memperolehnya ternyata sangat gampang sekali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah banyak-banyak mengunjungi blog lain karena Anda akan memperoleh EC point dengan men-drop dan menerima drop dari member lain. Melakukan drop juga sangat gampang, yakni cukup membuka blog member yang mau di-drop lalu cari banner EntreCard-nya dan klik bagian yang bertuliskan 'Drop'. Beres. Dan account Anda akan bertambah 1 EC setiap kali melakukan drop. Nah, nanti pas member yang kita drop tadi melakukan drop balik, kita akan memperoleh 1 EC lagi. Mudah sekali kan?

Memiliki banyak EC point di EntreCard sama dengan mempunyai banyak duit di dompet. Artinya, dengan EC point tersebut Anda bebas membelanjakannya untuk apa saja, termasuk memasang iklan di blog-blog pilihan Anda. Beberapa blogger top seperti John Chow, John Cow, ataupun Darren Rowse-pun memasang banner EntreCard di blognya. Ini artinya, bila EC point Anda mencukupi, Anda bisa koq pasang iklan di blog-blog beken tersebut. Bayangkan bila Anda harus memasang banner iklan secara langsung dengan duit, berapa banyak duit yang mesti dikeluarkan untuk memajang banner 125 x 125 px di sana? Mahal, Bo!

Oke, itu saja uraian singkat tentang EntreCard yang sudah terbukti membantu saya menjaring trafik bagi salah satu blog saya. Oya, sebelum mendaftar Anda perlu menyiapkan banner ukuran 125 x 125 px sebagai alat promosi Anda. Banner ini nanti akan muncul di member area blogger yang Anda drop. Banner ini juga yang akan terpasang bila Anda memasang iklan di blog member lain. So, buatlah banner Anda semenarik mungkin agar orang yang melihatnya tergerak untuk mengklik dan datang ke blog Anda. Namanya juga promosi tho?

Semoga bermanfaat.