Selamat datang di ...

24 April 2008

Bila bulan April ini berakhir, itu artinya sudah 4 bulan umur blog ini. Masih muda sekali ya? Tapi di umurnya yang semuda itu telah banyak pengalaman dan juga pendapatan yang diberikan blog ini pada saya. Banyaknya pengalaman yang saya dapat tidak bisa dipungkiri, tapi soal banyak pendapatan masih bisa subjektif. :D Apapun itu, berkat blog ini saya jadi tahu lebih banyak lagi tentang seluk-beluk internet meski itu masih di tingkatan paling dasar.

Dulu, saat masih beralamat sepanjang kereta api, blog ini sangat full dengan banner dan warna-warni iklan. Mulai dari banner afiliasi, iklan PPC, sampai iklan-iklan gak penting lain. Waktu itu saya berpikir semakin banyak sumber pendapatan akan semakin baik. Bukankah banyak pakar bisnis bilang "jangan taruh semua telur dalam keranjang yang sama" di seminar-seminar atau buku mereka? Tapi ternyata praktek di internet tidaklah demikian.

Dari sekian banyak program yang iklan dan banner-nya saya pajang di sini, ternyata hasilnya tak seberapa. Beberapa bahkan NOL BESAR alias sama sekali tak ada hasil. Awalnya saya masih menganggap ini hanya soal waktu saja. Seiring dengan meningkatnya popularitas dan trafik, maka pemasukan dari blog inipun akan turut terkatrol. Eh, ternyata saya salah, saudara-saudara sebangsa dan setanah air sekalian. Saya katakan pada diri saya sendiri bahwa saya telah melakukan kesalahan besar dengan menempatkan terlalu banyak iklan dan promosi di blog ini.


Bagaimana bisa dibilang salah? Begini, semakin banyak iklan kelihatannya memang semakin banyak peluang kita memperoleh pemasukan. Padahal banyaknya iklan hanya akan membuat pembaca blog bingung iklan mana yang harus dilihat, dan akhirnya malah tidak ada iklan yang ia kunjungi. Rugi kan? Semakin banyak iklan membuat fokus perhatian pembaca terpecah dan ujung-ujungnya memilih tidak mengunjungi satupun dari yang saya tawarkan. Ini sama persis seperti saat saya berkunjung ke blog lain yang punya banyak iklan. Apalagi kalau tata letaknya (maaf) amburadul. Duh, mendingan langsung ditutup dan cari blog lain deh.

Nah, konklusi dari semua itu, saya kemudian memutuskan hanya memasang beberapa iklan saja. Itupun saya pusatkan pada beberapa program yang benar-benar menguntungkan. Yaitu program yang memberikan hasil tanpa pengunjung harus membeli atau membayar sesuatu, dan juga program-program berbasis impresi atau jumlah tayangnya. Karena itu sekarang yang terlihat di sini hanya iklan dari program-program berbasis klik (PPC), seperti KlikSaya dan AdToll. Satu lagi adalah Ziddu yang meski tidak nampak tapi memberikan tambahan penghasilan juga. Lalu yang memberikan hasil paling banyak adalah SponsoredReviews. Ya, hanya 4 sumber penghasilan itulah yang saya terapkan di blog ini sedangkan lainnya dibuang jauh-jauh. Alhamdulillah, hasilnya semakin menunjukkan grafik meningkat meski belum terlalu signifikan.

Bagaimana pendapat Anda?


« Selanjutnya
Sebelumnya »

8 komentar:

  1. baru 4 bulan, tp sudah bs menjaring banyak adv? hebad..
    tipsnya gimana ya.

    BalasHapus
  2. Wah selamat yah, saya juga baru 4 bulan sama, mengenai banyaknya iklan saya sangat setuju mas Eko.

    Sedikit tapi menarik lebih baik daripada banyak tapi nggak fokus.

    Btw, blog saya lumayan menghasilkan mas, yang banyak kliksayanya.

    Lalu saya membuat halaman statis rekomendasi ke berbagai program atau produk yang saya sendiri pakai.

    Dengan membuat halaman rekomendasi begitu hasilnya lumayan bagus sih.

    BalasHapus
  3. bener sekali sedikit iklan memberi kesan prof pada blog.. dalam artian orang tidak dibingungkan dengan pilihan..walau sedikit cenderung lebih focus.

    BalasHapus
  4. Selamat untuk blognya Mas Eko. Tambah keren euy. :) Maaf, janji kemarin belum terpenuhi. Sabar ya.

    BalasHapus
  5. Wah sama neh mas Ecko, tapi bedanya saya masih lom beranjak dari zona nubie. Hehehe

    BalasHapus
  6. @ Zee: Gak hebat koq, Mas. Itu iklan banner kebanyakan dari AdToll, sedangkan yg lain punya teman sama PPC.

    @ Tips Bisnis Online: Halaman rekomendasi ya? Saya juga lagi mikir-mikir apa yang akan saya rekomendasikan. Tentu saja yang penghasilannya menjanjikan serta tidak memberatkan pembaca/pengunjung.

    @ Oom: Yup, karena kalo sedikit kan peluang diklik semakin besar. :P

    @ Medhy-san: Thanks, Cak. Janji yang mana ya? Saya koq tidak ingat ya? *belagak lupa*

    @ Putra Eka: Sama dong, saya juga masih taraf newbie. Target selanjutnya pengen jadi jagonya newbie. :D

    BalasHapus
  7. Mending Banyak iklan mas,pengunjung iklan kan paling cuma baca sebagian aja.. `x(,`x(`x(

    BalasHapus
  8. wah kayaknya benar juga jangan samapai terlalu banyak iklan di web/blog malah orang ga terlalu fokus,,,dan akan menyebabkan orang ga terlalu lama dan bingung dengan apa yg kita tawarkan,,,trims ya infonya jadi masukan bagi saya

    salam

    fikri

    BalasHapus