Selamat datang di ...

05 April 2008


Keterangan: Posting ini sudah di-publish hari Jum'at lalu. Tapi berhubung ada satu kesalahan teknis, maka terpaksa saya tarik kembali dan saya republish hari ini. Kepada Bro Zalukhu, thanks atas komentarnya. Silakan berkomentar lagi kalau tidak keberatan. :D

Beberapa waktu belakangan ini rekan-rekan blogger ramai membahas masalah kemunculan iklan Google AdSense di blog berbahasa Indonesia. Pihak Google memang belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait boleh-tidaknya iklan Google dipasang di blog berbahasa Indonesia (hal ini merupakan larangan dalam ToS Google AdSense). Entah sudah boleh atau tidak, yang jelas iklan Google bisa muncul di blog berbahasa Indonesia. Tentu saja hal ini disambut gembira, meskipun masih banyak rekan blogger yang memilih bersikap hati-hati. Ya, bisa muncul kan bukan lantas berarti iklan Google diperbolehkan dipasang di blog berbahasa Indonesia tho?

Nah, daripada kita ribut tentang boleh-tidaknya iklan Google dipasang di blog berbahasa Indonesia, lebih baik kita bahas program-program PPC Indonesia saja. Bagi yang masih ragu memasang iklan Google di blog berbahasa Indonesia, kiranya situs-situs PPC lokal berikut bisa menjadi alternatif. Hasilnya lumayan koq buat tambah-tambah uang belanja. Apalagi hasilnya berbentuk rupiah yang langsung mengalir ke rekening bank kita. So, gak perlu ribet-ribet nunggu cek dan nunggu lagi waktu ceknya dicairkan. Kalau mau dicari kekurangannya, iklan-iklan yang ditampilkan situs PPC lokal bukanlah iklan kontekstual yang berdasarkan relevansi dengan blog. Tapi ini tak jadi masalah karena Anda bisa memilih kategori iklan yang ingin ditampilkan agar sedikit-banyak nyambung dengan tema blog.


Sepanjang pengetahuan saya, saat ini ada 3 situs PPC lokal yakni KlikSaya, KumpulBlogger dan PPC Indonesia. Dulu sempat terdengar nama AffiliateIndonesia yang juga mengusung konsep PPC, tapi entah bagaimana ceritanya situs ini seperti tenggelam dan tak ada kabar beritanya lagi.

1. KlikSaya.com
Situs yang dikelola oleh David Ciang ini memiliki tampilan bagus dan terkesan profesional. Pola pembayaran komisinya per klik, di mana publisher mendapat bagian 50% dari harga per klik. Harga minimal di situs ini adalah Rp 300,-/klik, jadi publisher paling kecil akan mendapatkan Rp 150,- saat iklan yang ada di blog mereka diklik pengunjung. Harga akan semakin naik seiring dengan peningkatan peringkat dan popularitas blog. Sampai saat ini harga tertinggi adalah Rp 400,-/klik untuk iklan yang dipasang di blognya penggemar Iwan Fals, IklanAds.com dan Kolom Tutorial.

Oya, komisi dibayarkan setelah Anda mengumpulkan minimal Rp 50.000,- dan akan langsung ditransfer ke rekening BCA atau Mandiri. Untuk sementara baru dua bank itu yang disupport oleh KlikSaya. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi publisher KlikSaya kecuali Anda memiliki blog atau situs. Hanya saja kalau blog Anda masih cupu abis kemungkinan besar yang muncul hanyalah tulisan "Pasang Iklan di Sini!". Tapi ini gak jauh beda dengan Public Service Ads punyanya Google AdSense kan?

2. KumpulBlogger.com
Jangan terkecoh dengan namanya yang mirip dengan situs jaringan sosial. KumpulBlogger adalah situs PPC yang mengumpulkan blogger-blogger pencari uang di internet. Berbeda dengan KlikSaya, pengaturan iklan di KumpulBlogger boleh dibilang lebih simpel. Minimum payout komisinya juga jauh lebih rendah, yakni hanya Rp 10.000,- dan dapat dibayarkan melalui bank apa saja yang Anda punya. Kelebihan lain, nilai komisi yang diberikan KumpulBlogger juga jauh lebih besar, yakni Rp 300,-/klik untuk iklan teks link dan Rp 625,-/klik untuk iklan mini banner. Ya, selain iklan teks link, KumpulBlogger juga menyediakan iklan berbentuk banner mini berbentuk kotak persegi.

Secara tampilan KumpulBlogger memang tak seeksklusif KlikSaya, namun kelebihannya ternyata lebih banyak. Satu lagi kelebihan KumpulBlogger adalah adanya sistem refferal di mana Anda akan memperoleh tambahan penghasilan dari komisi yang dihasilkan blogger-blogger hasil referensi Anda. Besarnya Rp 25,-/klik yang tercatat dari blog member hasil referensi Anda. So, tunggu apalagi? Klik di sini untuk menjadi refferal saya. Tapi kalau tidak mau ya tidak apa-apa, daftar saja di sini.

3. PPCIndo.com
Jujur saja saya koq menaruh keyakinan kalau PPC Indonesia adalah nama baru dari AfiliateIndonesia. Dugaan ini didasarkan pada sistem pembayaran komisi PPC Indonesia yang mirip-mirip AffiliateIndonesia, yakni bonus akan dibayarkan setelah mencapai jumlah minimal Rp 10.000,- untuk pemegang rekening BCA dan Rp 60.000,- untuk yang selain BCA. Tapi berhubung tak ada bukti kuat, biarlah keyakinan itu hanya menjadi dugaan semata. Yang jelas kita bisa memperoleh penghasilan dari program PPC lokal ini. Yah, walaupun hanya sebesar Rp 100,-/klik, tapi lumayanlah buat tambah-tambah. Lagipula Anda juga bisa mendaftarkan banyak blog dalam satu account sehingga penghasilannya dapat lebih banyak lagi.

Well, terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada pada ketiga situs PPC lokal tersebut, sudah selayaknya kehadiran ketiganya kita acungi jempol. Bagaimanapun ketiganya telah berniat baik membantu kita para blogger Indonesia untuk bisa memperoleh penghasilan memadai dari blog berbahasa Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Segera cobain kalau Anda belum mencobanya! Bagi yang sudah mengikuti program-program tersebut, tolong bagi-bagi pengalamannya di kolom komentar dong...

Semoga bermanfaat.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

17 komentar:

  1. ajarin aku duonk....dari dulu pengen masang iklan, gak bisa2x hikhik

    BalasHapus
  2. Mas Eko,

    Dugaan mas Eko benar sekali. PPCIndo dulu memang bagian dari Affiliates Indonesia dan sampai sekarang juga begitu. Namun sekarang di split PPC Indonesia untuk program PPC sedangkan Affiliate Indonesia untuk PPS.

    Trims sudah bersedia mereview PPC Indonesia.

    Salam sukses selalu buat Mas Eko.

    PPC Indonesia

    BalasHapus
  3. cobain ahh...

    BalasHapus
  4. Dian NurdiansyahSenin, 07 April, 2008

    Mas eko, jangan lupa tetap kasih tips2 nya ya....o ya, kalau ada saran-saran seputar Adsense yang perlu aku ikutin (tentunya demi kelangsungan hidup aku dan blog aku juga) jangan sungkan-sungkan untuk memberitahu...haturnuhun pisan,Mas!

    BalasHapus
  5. @ Mercuryfalling: Setahu saya blog WP tidak boleh dipasangi iklan apapun kecuali hosting dan pake nama domain sendiri.

    @ PPC Indonesia: Hehehe, thanks udah mampir dan membenarkan dugaan saya. :P

    @ Persikers: Coba aja...
    @ Dian N: Siapa sih elo? Hehehe, becanda, Men. Beres deh!

    BalasHapus
  6. Wew... makasih, saya dah gabung nih dengan kampungblog hehehe omong-omong Mas Ecko sorry nih ngritik.. tampilan blognya dengan background hitam aga mengganggu untuk kecepatan internet yang lelet kayak saya, harus nunggu loading background dulu baru tulisannya kebaca hehe sorry nechh

    BalasHapus
  7. Mas ngerti tentang adbrite gak mas saya binung ada apa dengan adbrite saya ya

    BalasHapus
  8. @ Zalukhu: Gpp, Bro. Saya juga merasa gitu koq. Oke, akan segera saya tindak-lanjuti keluhannya. *lagaknya kaya pejabat* :P

    @ Wiznu: Saya pernah join AdBrite, tapi berhubung bingung dengan sistemnya akhirnya saya tinggal deh. :P

    BalasHapus
  9. tapi saya pernah tuh masang iklan salah satu program diatas, masa di laporan statnya pageview nol terus.... hehehehe :-)

    BalasHapus
  10. Ada satu lagi baru tuh, namanya adspeedy.com Uda coba blum?

    BalasHapus
  11. @ Syamsu: Makanya pilih2 dulu sblm make. Pilih aja yg paling banyak dipake blogger lain dan dikenal baik service-nya.

    @ Anonim: Wah, boleh juga tuh. Dicoba deh. Thanks ya infonya...

    BalasHapus
  12. saya juga lagi mencoba salah satu program diatas, yaitu ppcindo.

    harap harap aja... hohohoh...

    BalasHapus
  13. Silakan mencoba http://www.ppcinbox.com yang sedang berevolusi dengan mesin pencari google, plus meta tags, keywords, sehingga pencarian iklan anda terdeteksi oleh mesin pencari robots lainnya.

    silakan anda berpartisipasi dan meramaikan serta berbagi pengalaman anda mengenai affiliates,marketing, blogger,pay per click indonesia di http://www.forum.ppcinbox.com

    Tidak ada yang lebih berkesan dari pada kehadiran dan partisipasi anda

    terima kasih banyak saudaraku.
    Terima kasih telah menjadi kawan yang baik

    salam hormat

    affiliates indonesia

    BalasHapus
  14. pusing nih milih ppc atau impresi nya adspeedy
    berapa ya pasang harga???
    http://abcarea.com

    BalasHapus
  15. Vote, PPC Indonesia. PPC Mana Yang Lebih "OK" (KumpulBlogger.Com, AdSenseCamp.Com, KlikSaya.Com, AdSpeedy.Com, PPCindo.Com, PPCinbox.Com) Silakan Berikan Suara Anda Disini : http://forum.kombes.com/showthread.php?t=56

    BalasHapus
  16. Berita Bagus
    kemarin pas lagi browsing cari2 tentang PPC lokal aku nemuin situs PPC baru Stariklan.com komisi per kliknya lumayan GeDe lho. patut dicoba. Daftar aja jd publisher, ga pake repot kok!. langsung diApprove oleh adminnya. gue kemarin udah daftar n kode iklannya aq tempelin di blog-ku n skrng udah dapet Rp.20.000,- lumayaaaan... (Minimum pay out Rp.50.000,-). sekalian mampir ke blog-ku ya. salam kenal Boeat smuanya. Akhdan
    free-4shared.blogspot.com

    BalasHapus
  17. manthab brow,, thanks atas infonya..
    kunjungan balik slalu dinanti.. :)

    BalasHapus