Selamat datang di ...

16 April 2008

Bagi blogger manapun, baik yang ngeblog dengan tujuan komersil maupun tujuan 'ngamal' alias karena suatu idealisme, trafik adalah hal yang penting bagi kelangsungan hidup blognya. Okelah, kalimat "bagi kelangsungan hidup" mungkin terlalu berlebihan, tapi siapa sih yang mau punya blog tanpa pembaca? Sudah capek-capek nulis posting dari hari ke hari, eh, yang baca tidak ada. Kasihan betul kan kalo gitu? :D

Nah, maka dari itu tak heran bila jurus-jurus mencari dan meningkatkan trafik adalah hal yang wajib dipelajari. Bahkan harus benar-benar nempel di kepala. Punya blog tapi tak punya jurus memancing trafik ibarat pendekar turun gunung tanpa ilmu kanuragan yang memadai. Kurang lebih seperti Wiro Sableng tanpa Kapak Maut Naga Geni 212-nya. Biar gagah dengan badan tegap juga kalau tidak punya jurus mematikan ya tentu saja bakal-babak belur pas ketemu musuh. Babak-belurnya blog adalah tak punya pengunjung.


Ada banyak cara mudah dan gratis yang bisa dilakukan seorang blogger untuk meraih trafik. Salah satunya adalah dengan mengikuti program tukar-menukar banner iklan di EntreCard.com. Selain pendaftaran dan membership-nya gratis, Anda juga dapat mempromosikan blog kepada sesama anggota dengan cara memasang banner iklan Anda di blog member lain. Untuk itu Anda harus membayar dengan sejumlah EC point. Sebaliknya, Anda juga bisa memasang banner iklan blog member lain di blog Anda dan akan memperoleh EC point alias poin sebagai imbalan. Tak hanya untuk memasang iklan, poin tersebut dapat digunakan untuk berbelanja berbagai produk seperti eBook, jasa hosting, jasa design web, dll. di menu 'Shop'. Asyik kan?

Pertanyaannya kemudian, EC point itu apa dan bagaimana cara memperolehnya?

EC point adalah kredit yang digunakan sebagai alat transaksi antar member EntreCard. Cara memperolehnya ternyata sangat gampang sekali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah banyak-banyak mengunjungi blog lain karena Anda akan memperoleh EC point dengan men-drop dan menerima drop dari member lain. Melakukan drop juga sangat gampang, yakni cukup membuka blog member yang mau di-drop lalu cari banner EntreCard-nya dan klik bagian yang bertuliskan 'Drop'. Beres. Dan account Anda akan bertambah 1 EC setiap kali melakukan drop. Nah, nanti pas member yang kita drop tadi melakukan drop balik, kita akan memperoleh 1 EC lagi. Mudah sekali kan?

Memiliki banyak EC point di EntreCard sama dengan mempunyai banyak duit di dompet. Artinya, dengan EC point tersebut Anda bebas membelanjakannya untuk apa saja, termasuk memasang iklan di blog-blog pilihan Anda. Beberapa blogger top seperti John Chow, John Cow, ataupun Darren Rowse-pun memasang banner EntreCard di blognya. Ini artinya, bila EC point Anda mencukupi, Anda bisa koq pasang iklan di blog-blog beken tersebut. Bayangkan bila Anda harus memasang banner iklan secara langsung dengan duit, berapa banyak duit yang mesti dikeluarkan untuk memajang banner 125 x 125 px di sana? Mahal, Bo!

Oke, itu saja uraian singkat tentang EntreCard yang sudah terbukti membantu saya menjaring trafik bagi salah satu blog saya. Oya, sebelum mendaftar Anda perlu menyiapkan banner ukuran 125 x 125 px sebagai alat promosi Anda. Banner ini nanti akan muncul di member area blogger yang Anda drop. Banner ini juga yang akan terpasang bila Anda memasang iklan di blog member lain. So, buatlah banner Anda semenarik mungkin agar orang yang melihatnya tergerak untuk mengklik dan datang ke blog Anda. Namanya juga promosi tho?

Semoga bermanfaat.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

23 komentar:

  1. mas, boleh numpang link ga?
    skalian minta ymnya dong...
    ym saya asaddzakwan
    thx :)

    BalasHapus
  2. Wew susahnya masukin komentar gara2 koneksi heehehe. Wew tenyata trafik bisa ditingkatkan dgn cara itu ya? mmmm

    Eh eh binun nih cari banner 125x125 nya Eko.. apa saya bikin aja ya? hehe makasih banner zalukhu dah dipasang, aku bikin banernya eko dulu ya malam ini ntar besok aku pasang hehehe

    BalasHapus
  3. @ Gogo: Numpang nge-link? Boleh, boleh...

    @ Zalukhu: Hehehe, ternyata pancingannya mengena juga nih. :P Maksud saya masang banner Zalukhu ya itu, biar dibuatin banner yg keren untuk EkoNurhuda.com. Thanks a lot ya, Bro.

    BalasHapus
  4. info yang sangat menarik dan pantas di coba eko..menurut om, blog kamu ini gak kalah dalam informasi bahkan termasuk yang terbaik dalam materi tulisan. semoga sukses selalu dan get hight trafik :)

    BalasHapus
  5. Infonya bagus mas, saya mau coba bikin banner juga...saya sudah pasang link blog mas Eko loh...!

    BalasHapus
  6. @ Oom: Thanks Om pujiannya. Saya kan belajarnya sama O-om.com. :D

    @ Artana: Thanks juga ya, link balik agak segera dilakukan. :D

    BalasHapus
  7. entrecard memang TOP :D
    tp lom bisa pasang iklan di JC :D pointnya ga cukup :malu:

    BalasHapus
  8. boss, untuk ngatur harga ec nya gmana. saya kok naik jadi 1024 sendiri dari sebelumnya 8 ec. kan kemahalan boss

    BalasHapus
  9. @ Persikers: Hehehe, makanya rajin2 ngedrop dong biar poinnya banyak. :D

    @ Maleo: Kayanya maren ada yg error tuh, soalnya punyaku juga gitu. Tapi barusan dah beres koq. Artinya, biaya beriklan di blogku yg ada EC-nya cuma 16/day. Coba dicek account EC-nya.

    BalasHapus
  10. wah, masih 1024 bos. oya tadi aku browsing ada program buat munculkan fasilitas drop bolg lain secara masal. jadinya gampang dropnya. btw kalo lg ngantri, pengiklan yang kemarin kita cancel atau hilang sendiri tergantikan yang lain. thanks boss

    BalasHapus
  11. mas, aq baru blajar buat blog nich...
    tolong kasih tau cara masukin Entrecard ke blog ku ya...
    kalo bisa langsung masukin jg boleh ke www.yasin25gl.blogspot.com

    tolongin ya.....
    thx :)

    BalasHapus
  12. @ Yasin: Boleh, tar saya bantuin. Tapi berani bayar berapa nih? :D

    BalasHapus
  13. Nice post. Sekarang ada fitur baru untuk menambahkan blog ke dalam satu akun Entrecard, Mas Ecko. Ada kontes 75.000 kredit Entrecard gratis juga dari Entrecard. Happy dropping. :)

    BalasHapus
  14. Ma kasih ya terhadap tips anda.Berguna kepada newbie macam saya.

    BalasHapus
  15. @ Kang Medhy: Tul bgt. Padahal saya sudah "ngeluh" sama EC sejak tahun lalu, akhirnya terkabul juga deh. :p

    @ Hijau Lestari: You're welcome. Terima kasih juga jauh-jauh datang dari Malaysia.

    BalasHapus
  16. seep,sudah saya drop pak EC na,,thanks buat infona,,saya baru nyobain entrecard neh,,moga2 banyak yang drop ah,,ehhe

    BalasHapus
  17. @ Ika: Thanks ya sudah ngedrop. Tunggu balasan dari saya. :p

    BalasHapus
  18. sip....
    drop di blog saya ya....

    BalasHapus
  19. Wah asik juga tuh mas,
    aku juga udah ikut,
    trafik kok ga naik yah...
    Apa yang salah mas...

    sumintar.com

    BalasHapus
  20. mantap postingnya,thanks for your information

    BalasHapus
  21. asik..lagi2 dapet ilmu baru..makasih ya mas..
    saya juga bikin link khusus tuk mas eko lho di blog saya..

    BalasHapus
  22. jangan tertipu mas, itu komentarnya hanya buat ninggalink link back aja,,, btw aku juga nerapin adwihret kok, hansilnya wuuuah capeee...deeeh

    BalasHapus
  23. Belajar terus pada Masternya biar ketularan kali

    BalasHapus