Tulisan ini sebenarnya sudah saya posting tadi siang jam 12-an. Tapi berhubung ada perubahan ya saya posting lagi deh biar aktualitasnya terjaga. Untuk itu, posting berjudul 'AdSense ala Indonesia' terpaksa saya tarik lagi biar gak ribet yg baca. Tenang, besok juga sudah kembali bisa dilihat koq postingan tersebut. :D Dasar...

Ah, namanya juga manusia, pasti selalu saja merasa kurang dan kurang. Selalu saja merasa tidak puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Dan untuk menuntaskan ketidakpuasan itu si manusia tadi lalu bergerak, mencoba membuat satu perubahan. Hasilnya kadang berhasil, tapi tak jarang juga malah dapat yang lebih buruk dari sebelumnya.

Inilah gambaran diri saya dengan blog ini. Hari ini saya membuka bulan baru dengan template baru. Terhitung sejak pertama kali "mengudara" EkoNurhuda.com sudah 4 kali ganti template. Hari ini saja sudah 2 kali ganti karena kurang sreg. Yang pertama diganti karena kembar identik dengan punyanya Kang Agus Herry. Karena beliau jauh lebih senior dan terkenal, maka saya yang ngalah. Daripada dibilang membeo sih. Nah, template kedua sebenarnya aman alias gak ada yang nyamain, tapi utak-atik yang saya lakukan justru membuat template aslinya berantakan. Padahal saya cuma mau mengganti header bawaan template asli dengan header narsis karya teman saya. Yah, nasib...


Semakin dipandang koq semakin tidak memuaskan saja template yang dominan biru kemarin itu. Akhirnya saya putuskan ganti template lagi. Kali ini nemu template-nya di EBlogTemplates.com. Cuma saya tidak mengopinya mentah-mentah. Pengalaman mengotak-atik template membuat saya sedikit-sedikit paham bagian mana yang harus diubah untuk mendapatkan warna, tampilan serta gambar-gambar sesuai keinginan saya. Akhirnya, VOILA!!! EkoNurhuda.com-pun berwajah baru. Sedikit banyak warna template lama masih saya sertakan. Karena yang asli dominan merah, maka saya rombak habis-habisan menjadi dominan biru muda.

Bagian yang paling saya suka dari itu adalah kolom iklan banner 125x125 px di sidebar kanan, serta tentu saja kolom untuk nampilin foto-foto dari Flickr di tengah header. Wow, berhubung saya tidak punya foto-foto bagus, dengan sangat 'terpaksa' saya pasang aja fotonya si cantik Maria Ozawa. Tahu kan siapa dia? Tapi saya mulai tidak puas dengan template tersebut sewaktu menambahkan fasilitas 'read more'. Masa iya jenis huruf paragraf sebelum dan sesudah 'read more' bisa beda sih? Sudah begitu bagian banner 125 x 125 px di bagian sidebar juga kacau karena cuma bisa dimuati 2 banner. Saya otak-atik sampe 5 jam lebih (sampe lupa Jum'atan segala), masih juga gak bener. Akhirnya saya ngalah, banner-nya cuma 2 saja gpp. Toh, ada wajah si cantik Maria Ozawa sedang tersenyum di tengah header.

Saya lantas pulang. Tapi sepanjang perjalanan terus teringat tampilan blog yang kurang memuaskan saya. Akhirnya, saya cuma pindah warnet dan otak-atik lagi deh. Nah, sekarang saya sudah puas! Meskipun lebih sederhana, tapi tampilan yang sekarang jauh lebih rapi dan bersih. Enak dipandang mata. Sudah begitu kolom sidebar bisa dipasangi lebih dari 3 banner ukuran 125 x 125 px. Ini yang asyik. Soalnya saya sedang melangkah menuju 'Direct Ads' alias mau mencari iklan langsung bagi blog ini selain ikut program-program online earning yang lain. Tapi ini masih rencana. Eksekusinya nanti menunggu trafik dan peringkat blog ini lebih baik lagi. Meski begitu kalau ada di antara pembaca yang mau memasang iklan sekarang juga gpp koq. :D

Oke, tak terasa sudah lebih dari 4 jam saya mengotak-atik template baru untuk episode kedua sore ini. Maklum, otodidak dan sama sekali gak punya background kaya ginian, jadi lama banget otak-atiknya. Mana warnetnya lemot banget lagi. Capek deh... :( Anyway, cukup segini dulu untuk hari ini. Besok akan saya sempurnakan lagi sambil ngerjain job nulis review. Terakhir, please tinggalkan komentar tentang tampilan baru blog saya ini. Oke?