Bro Hadriyan yang belakangan ini sering berkunjung kemari sempat mengajukan protes. Katanya, mengapa koq saya tidak sekalian saja beli paket hosting. Soalnya dia suka males kasih komentar di blog-blog berbasis BlogSpot alias Blogger. Alasannya simpel, kalau mau kasih komen di BlogSpot terlalu makan waktu. Tidak seperti di WP yang begitu link read more dipencet kolom komentarnya juga ikutan nongol di akhir posting. Lha, kalau di BlogSpot kan harus tekan sana-sini dulu.

Saya sebenarnya sependapat dengan Bro Hadriyan. Tapi mau bagaimana lagi? Untuk saat ini saya baru bisa mengoperasikan Blogger dan kapasitas kantongpun cekak. Earning masih belum seberapa dan juga belum stabil menyebabkan saya ragu untuk langsung mengoperasikan blog WP dengan hosting sendiri. So, untuk sementara biarlah saya begini dulu. Maklum ya..? :D Lagipula kalau memang tidak berminat memberi komentar juga tidak dilarang koq...

Nah, kabar gembira bagi para Blogger mania. Telah hadir satu fasilitas yang saya yakin akan sangat membantu rekan-rekan blogger yang masih memakai BlogSpot. Sebuah situs bernama IntenseDebate meluncurkan widget komentar seperti WP khusus untuk pemakai Blogger, TypePad dan juga WP sendiri. Bila widget tersebut kita install di blog kita, maka para pengunjung yang akan berkomentar tidak bakal kerepotan karena kolom komentarnya akan berada tepat di bawah posting. Mirip betul seperti di WP. Asyik kan?

Tapi namanya fasilitas dari pihak ketiga, tentu saja ada kelemahannya. Antara lain, komentar yang Anda terima tidak akan tersimpan di database blog karena yang menyimpan IntenseDebate. Program IntenseDebate memang sejatinya menutup fasilitas komentar asli Blogger, jadi semua komentar yang dibuat pengunjung masuknya ke account IntenseDebate Anda. Lalu saya juga khawatir pemakaian fasilitas ini menyalahi ToS Blogger. Kalau sampai di-suspend account Blogger saya kan gawat. Karena faktor inilah saya langsung mencopot widget tersebut dari blog ini. Kalau ini tidak menjadi masalah bagi Anda, ayo kita coba membuatnya.

  1. Pertama-tama buka situs IntenseDebate.
  2. Klik link "Sign Up" di pojok kanan atas.
  3. Isi semua kolom yang disediakan dengan data Anda. Klik tombol "Create Account".
  4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman "Users" atau "Profile".
  5. Cari link "Add Intense Debate to a Blog" atau tombol "Put Intense Debate on Your Blog" di bagian pojok kanan atas. Klik.
  6. Di halaman baru Anda akan diminta memasukkan alamat blog. Isi dengan benar dan klik tombol "Get Intense Debate".
  7. Ada 4 pilihan yang akan ditampilkan IntenseDebate, yakni untuk Blogger, TypePad, WordPress atau dalam bentuk javascript snippet. Karena saya membahas Blogger, maka klik tombol berlogo Blogger.
  8. Nah, kini saatnya memasukkan IntenseDebate ke dalam blog. Pilihan yang diberikan ada 2, yakni berupa widget atau template. Opsi widget jauh lebih simpel dan cepat, tapi terkadang tidak dapat bekerja dengan baik di blog yang terlalu banyak kustomisasinya. So, akan lebih baik kita pilih opsi template saja. Untuk itu Anda harus masuk ke account blog dan mendownload template blog Anda lalu menyimpannya di komputer. Bisa kan? Kalau masih bingung, IntenseDebate punya petunjuk ringkas yang sangat mudah dipahami.
  9. Setelah template blog disimpan, upload ke IntenseDebate. Lalu atur apakah kolom komentar IntenseDebate akan muncul di semua posting atau hanya di posting yang belum mempunyai komentar. Pilihan terserah Anda, tapi pilihan kedua dapat menghilangkan/menutupi semua komentar yang pernah ada di blog Anda.
  10. Klik tombol "Upload and Continue" di bagian paling bawah. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti template blog Anda dengan template baru hasil kreasi IntenseDebate. Jangan khawatir, IntenseDebate hanya menambahkan kolom komentarnya saja koq, jadi segala pengaturan yang Anda buat sebelumnya tidak akan hilang. Mau lihat hasilnya? Berikut ini contohnya yang saya pasang di blog sepakbola saya (dan rencananya juga akan saya hapus):

Anda tertarik mencobanya? Selamat mencoba...