Selamat datang di ...

02 April 2009

Mumpung masih hangat-hangatnya bahas masalah Joko Susilo (JS), saya jadi tertarik untuk mengangkat sebuah kenangan lama. Tentu saja tidak jauh-jauh dari JS dan Formula Bisnis, karena saya hendak membeberkan pengalaman saya ketika pertama kali melihat situs penjual SMUO tersebut sampai kemudian berkeputusan untuk tidak membelinya. Ya, saya ingin membeberkan alasan mengapa saya tidak membeli SMUO.

Saya pertama kali mengenal JS dan Formula Bisnis melalui email sampah (spam). Waktu itu awal tahun 2004. Saya tidak ingat bulan berapa pastinya, tapi yang jelas harga SMUO masih Rp 90.000-an. Membaca sales page Formula Bisnis, siapa sih yang tidak terkesima? Bayangkan, Anda dapat menghasilkan uang puluhan juta rupiah hanya dengan menerapkan 3 langkah sederhana yang diajarkan dalam SMUO! Fantastis, bukan? Tidak heran jika saya jadi bersemangat sekali membaca habis seluruh isi sales page Formula Bisnis.


Dari sales page tersebut saya jadi tahu apa saja tiga langkah sederhana untuk memulai bisnis internet yang dimaksud JS dalam SMUO yang ditawarkannya. Tiga pilar utama yang diajarkan ebook tersebut adalah; (1) ciptakan produk, (2) buat website untuk menjual produk tersebut, dan (3) datangkan trafik. Benar-benar mudah! Demikian kata saya dalam hati waktu itu. Kebetulan pula waktu itu saya sedang butuh sumber pemasukan setelah berhenti jadi guide dan gagal melanjutkan kuliah ke jenjang S1.

Hampir saja saya tertarik membeli SMUO. Namun setelah melihat screenshot yang dipamerkan, saya justru jadi pikir-pikir lagi. Saya perhatikan baik-baik deretan angka yang ada di tampilan buku rekening itu, jumlahnya selalu Rp 45.000 dengan 3 digit akhir yang berlainan satu sama lain. Logika saya langsung bermain. Sejumlah pertanyaan kritis bermunculan di kepala saya. Bukankah harga SMUO Rp 90.000? Dari harga tersebut, JS selaku admin memperoleh Rp 45.000 dan separuhnya untuk reseller. Dan ingat, calon pembeli juga diingatkan untuk memberikan angka unik di 3 digit terakhir uang yang disetorkan. Jadi, dari seharusnya hanya Rp 45.000 masing-masing untuk admin (JS) dan reseller, pembeli harus mentransfer, misalnya, sejumlah Rp 45.212, Rp 45.234, Rp 45.007, dsb.




Pertanyaan penting dalam benak saya yang kemudian membuat saya batal membeli SMUO adalah, bisnis apa yang sebenarnya dijalankan JS? Apa yang hendak ia ajarkan pada saya dalam ebook SMUO itu? Kalau melihat dari angka-angka dalam screenshot yang ditunjukkan, bukankah sebenarnya ia sedang menunjukkan transferan dana dari para pembeli SMUO sebelumnya? Artinya, dari berjualan ebook itulah JS memperoleh uang. Dan itulah yang hendak diajarkannya pada saya (dan seluruh pengunjung FormulaBisnis.com) lewat ebook SMUO seharga Rp 90.000 tersebut. Bukankah itu yang ia katakan di kalimat awal sales page-nya?




Dari sana saya menyadari kalau apa yang akan diajarkan oleh ebook tersebut (bila saya jadi membelinya) tak lain tak bukan adalah apa yang sedang dijalankan JS dengan berjualan SMUO itu. Artinya, apa yang dibeberkan JS dalam ebook-nya justru sedang dijalankan olehnya bersama FormulaBisnis.com. Maka sayapun urung membeli SMUO. Untuk apa? Toh, saya sudah tahu apa yang akan diajarkan, yakni ciptakan sebuah produk informasi seperti SMUO, buat sebuah situs penjual seperti FormulaBisnis.com, dan kemudian alirkan trafik ke situs tersebut. Itu saja kan rahasianya?

Itu pengalaman saya dengan Formula Bisnis, dan itulah mengapa saya tidak membeli SMUO walaupun sebenarnya saya sempat sangat ingin memilikinya. Ini pengalaman nyata. Saya menyampaikannya hanya untuk sharing saja. Anda sendiri, bagaimana pengalaman Anda dengan Formula Bisnis?

NB: Ikuti juga diskusinya di Kaskus. Klik di sini!

Catatan: Gambar-gambar diperoleh dari Web Archive, tepatnya di sini dan di sini.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

71 komentar:

  1. Waw sangat mengena tulisannya. Smuo emang buat yang gag punya waktu buat browsing nyari tehnik2 seo..cara nyari script reseller dan gak ada rahasianya.. tapi tehnik Reseller itulah rahasianya dan JS bisa sukses (gag bermaksud ngebelain ,sumpah)..so gimana kalo ebook nya bukan smuo tapi ebook yang lain trus ada unsur syariahnya..mosok mau nebak2 juga isinya.. :)

    BalasHapus
  2. He he saya memang nggak suka beli ebook karena memang nggak punya duit untuk sekedang membeli ketololan saya kalau ketipu he he

    BalasHapus
  3. Kalo saya dulu nggak sampai berpikir begitu jauh mas. Saya nggak beli karena saya nggak punya uang. Hahaha, maklum anak SMA... :P

    BalasHapus
  4. Postingan yang bagus dan berguna buat semua yg baca..saya juga pernah pingin beli SMUO bahkan sampe sekarang..tapi setelah baca postingan ini saya jadi mikir puluhan kali buat beli..selain takut ketipu juga sayang duitnya..he2..thx bgt mas infonya.

    BalasHapus
  5. iya mas, dulu saya juga hampir mau beli.. tapi untungnya ga jadi coz di saranin sama temen katanya ada yg share gratisannya.. akhirnya dapet gratisannya deh he..he..

    BalasHapus
  6. mantab om,semua jadi taw..

    waduw komplotan sama bang zal neh..

    hehe..

    BalasHapus
  7. Nek SUMO rika gelem tuku ora???

    BalasHapus
  8. Bagus mas Ecko dengan penjelasan anda saudara2 kita yang kurang mengerti atau kurang dalam mencermati isi ebook itu nggak jadi kehilanggan Rp. 90.000,-.

    Thank atas kunjungannya

    BalasHapus
  9. Tetapi mengapa banyak yang membelinya? Dan blog JS begitu rame dikunjungi orang?

    BalasHapus
  10. wah abstrack banget...jadi males bisnis pulsa on line aja....aku sekarang lagi suka...aku tips buat bikin wordpress jadi bagus gak neh...thanks

    BalasHapus
  11. Sudah hampir lima tahun dong kalau begitu fenomena JS itu ya. Kalau dulu mungkin SMUO ini masih malu-malu dengan spam lewat e-mail, sekarang ini lebih 'terorganisir' dan terlihat 'bonafit' karena mungkin sudah berhasil mendapatkan cukup dana setelah sekian tahun mencari 'klien'.

    Bagi yang sudah bersentuhan dengan JS --SMUO--, seperti Mas Eko ini tentu pengalamannya sangat berharga, terutama kepada mereka-mereka yang masih baru di dunia ini. :)

    BalasHapus
  12. he..he..he.. saya sih gak percaya kalau kayak gituan mas, masa dapet 138 jeti dalam 3 bulan... Wuuhuuu.... Yg Bener Semua Itu Butuh Kerja Keras dan Tidak Instant....

    BalasHapus
  13. saya sama seperti hangga......alasan klasik siyy

    "gak punya uang" huehehehehehe

    BalasHapus
  14. wah, Joko Susilo sudah nyaris jadi legenda dan musuh bersama nih. :)

    BalasHapus
  15. Saya sempet tertarik n ngerasa terhipnotis ketika pertama kali menemukan formula bisnis. Maklum, waktu itu masih buta banget soal bisnis online dan trik marketing online. Untung gak jadi beli, coz gak punya duit lebih..hehehe (maklum, waktu itu masih kuliah).

    Oya, ada satu lagi bentuk penipuan pada halaman penjualannya, yaitu pada screenshot forbis di google. JS seolah-olah mengklaim, bahwa forbis direkomendasikan oleh ratusan ribu website.

    Weleh..weleh..(orang bego sih bisa dikibulin oleh trik pengakuan itu). Padahal kan itu cuma hasil crawling tentang berapa banyak situs/blog yg memuat frase "formula bisnis"

    wekekekeek

    BalasHapus
  16. dulu sebelum kenal dengan blog, saya sudah mengetahui promosi ebooknya si JS. ada niat juga untuk beli dan mencobanya. namun untunglah tak pernah saya lakukan.

    BalasHapus
  17. Nyaris sama dengan yang saya alami mas eko, cuma bedanya kalo saya setelah ngelihat screenshot transfer tsb, langsung berfikir ini orang kok rakus amat, sudah bisa ngasilin puluhan juta perbulan, kok masih ngutip uang puluhan ribu rupiah untuk ebooknya itu.

    Eh gak tahunya ternyata eh ternyata, pemasukan utama beliau ya dari jualan ebook itu di formula bisnis... he he he... untung kita gak terjebak :)

    BalasHapus
  18. Ok, sharing dikit. Kebetulan dulu saya idiot, makanya kebeli juga tuh ebook sampah.

    Yg diajarkan, intinya, bikin produk sendiri, buat situs reseller kayak formulabisnis itu, terus promosi. Didalamnya ada beberapa produk yg berusaha JS jual lagi, kayak situs reseller misalnya (isunya sih disisipin backdoor)

    Yg bikin saya gondok, ilmu yg saya dapet disitu dikit banget. Teknik promosinya pun terkesan cenderung nyepam iklan baris.

    Pendek kata, ebook sampah SMUO bukan untuk memberi pengetahuan yg berbobot mengenai bagaimana berbisnis online, tapi ebook SMUO ditujukan hanya untuk menjual kembali ebook tsb (plus seluruh produk2 JS lain) melalui sales (baca: pembeli ebook SMUO yg mengikuti program affiliasi SMUO)

    BTW, dari tadi saya banyakin kata SMUO itu sengaja lho, biar halaman ini teroptimasi buat kata2 SMUO di search engine, he3. Biar orang2 yg cari info lanjut ttg SMU gampang nemuin halaman ini dan ga ketipu untuk membeli ebook SMUO, he3. Ya moga2 aja deh.

    BalasHapus
  19. wah ternyata banyak yg keberatan ya atas JS ini...bahaya bisa jadi peperangan nie..hehe

    BalasHapus
  20. hallo mas,,saya juga udah beli baru satu minggu, tapi janjinya kan kalau gak berhasil uang dikembalikan 2 kali lipat. jadi saya tunggu ajalah bulan maret 2010 nanti, kan jadi 2 kali lipat = 400000. taugak? aku belinya udah 200.000.
    capek deh.....
    kalau memang pak js nya gak mau. kulaporkan kepengadilan. bapakku kan hakim..biar dirasanya dulu.

    BalasHapus
  21. oh ya, lup diki,seperti yang mas eko bilang tadi hasilnya itu dari resellernya dan itu sangatjelas, bagaimana menurut anda??

    BalasHapus
  22. selama ini sering disebut SMUO saya gak ngerti apa singkatannya, akhirnya tau juga dari postingan ini :D hehehe
    btw tentang forbis, saya gak beli karena sales letternya menurut saya terlalu berlebihan

    BalasHapus
  23. Saya awal-awal mulai belajar ngeblog juga hampir saja membelinya, tapi setelah saya fikir dan di fikir lagi kemudian berfikir setelah berfikir kemudian terfikir-fikir hingga jadi fikiran yang di fikir hingga takut kena penyakit fikiran karena banyak fikiran yang di fikir saya putuskan tidak jadi membeli karena setelah saya fikir-fikir yang kemudian jadi fikiran yang terfikir.
    Masak, mau cari tambahan penghasilan ech...malah suruh bayar dulu segitu gedenya

    BalasHapus
  24. Sejak pertama kali mengenail bisnis online, saya banyak menerima email (spam) mengenai SMUO ini, bahkan sempat debat dengan salah satu teman yang rupanya menjadi reseller JS. Tetapi saya sama sekali tidak pernah tertarik untuk membelinya. Kenapa??, alasan saya sederhana saja, bagi saya bisnis jualan ebook hanya memperkaya yang punya, sementara pembacanya dibawa berkhayal ke langit ke 7, dan begitu selesai membaca ebook, pusing dan stress sendiri, apa yang harus dilakukan. Saya sih tidak menyalahkan pebisnis macam JS, cuma kadang saya bertanya, kenapa bukan dollar yang diburu, kenapa justru saudara-saudara kita yang sudah miskin ini dijadikan objek, diiiming-iming penghasilan puluhan juta sebulan hanya untuk mengambil duitnya yang Rp. 200.000,00???? terus terang saya tidak tega.

    Itu aja mas eko.

    Wassalam

    BalasHapus
  25. wah sama nih pengalamannya. cuman waktu itu tahun 2002 kalo ga salah. udah lupa aku. masih kuliah. tapi akhirnya ga jd beli.
    go ahead indonesia !!!

    BalasHapus
  26. Formula bisnis setelah dicermati, dibuat Joko Susilo sebagai media kamuflase yang di kemas, di blow up sedemikian rupa dengan sales letter yang bombastis serta ditaburi iming-iming yang menggiurkan dan sekilas masuk logika, jelas sekali bertujuan untuk mengambil keuntungan dari orang-orang yang belum paham tentang bisnis online ( saya banget ) dan memanfaatkan kecenderungan sebagian besar masyarakat kita (saya masuk juga dong..) yang selalu mencari cara untuk mendapatkan keberhasilan dengan cara instant alias secepat-cepatnya. Padahal hukum alam sering menunjukkan pada kita bahwa semua keberhasilan yang sejati harus melalui proses yang kadang berliku dan menuntut kesabaran… Sukses buat kita semua yang mau berproses dan bersabar! :)

    BalasHapus
  27. wah mas eko sempat terhipnotis ya dgn sales letter yang wah. saya juga pernah terhipnotis. itu namanya teknik hypnotic writing. tapi saya gk sampai beli krn emang gk punya duit hehe. untung aja waktu awal ngeblog saya kenalnya bukan forbis tapi nyasar ke blognya mas cosa duluan, jadi bisa dapet ilmu kebenaran dengan gratis hehe :D

    BalasHapus
  28. hehehhehe sama sekali kagak pernah punya niat beli begituan... :D pertama nge blog cuman blog personal.seiring kenal temen jadi tahu. informasi yg lbh terpercaya.
    udah kliatan, intinya mah suruh jualan buku...
    90rebu? bwt bayar internet aja deh, belajar sendiri dari pengalaman
    ada yg salah dg jual buku? iklannya tuh...jualan mimpi :D terlalu over
    bwt kita yg udah biasa mah paling cmn senyum aja, cuman bwt yg berpikir pendek dan gampang tergiur, wah wah wah berbahaya :D

    BalasHapus
  29. Hwaaaaaaa, belum sempat dicek ternyata komennya sudah 29 biji. Waduh, bakalan puyeng nih balesin satu-satu. Btw, intinya ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri. Tidak ada niat untuk mendiskreditkan seseorang atau sesuatupun. Saya hanya bercerita, kesimpulannya silakan ambil sendiri-sendiri ya... :D

    BalasHapus
  30. Ikutan kasih kesaksian..dukunya juga hampir ketipu oleh program beginian..untungnya waktu itu uangnya kurang karena dipakek buat maen game ke warnet..jadinya slamat deh..hehehe..suskses buat Mas

    BalasHapus
  31. awas mas yang punya SMUO nanti marah-marah lho hikz... :P

    BalasHapus
  32. bener juga ya
    wah ternyata kritis juga
    :)

    BalasHapus
  33. Hmm...begitulah mas
    semuanya berawal dari tergoda mau cepat dapatkan hasil....dan ternyata hasilnya memang cepat di dapat tapi sayangnya cuma berhasil kecewa aja :D

    BalasHapus
  34. Hmmm...pantes gak beli saya yang belum paham make money online ini juga mikir kalau disuruh beli

    BalasHapus
  35. Analisa yang bagus, tidak emosional, bahasa yang santun tidak asal njeplak teriak penipu.

    BalasHapus
  36. klw saya sih gak membeli tdnya krn belum butuh mas..eh, disaat sedang merasa butuh malah saya membaca byk ulasan yg membahas ttg SMUOnya pak JS. klw 1 atau 2 yang bilg tidak bagus, mungkin saya tidak ambil pusing, tp kyknya sampel yg bilang gak bagus sudah lulus uji kecukupan data dengan metode statistika..kwkwkwkw..artinya sudah bisa disimpulkan klw SMUO nya JS perlu ditinjau ulang

    BalasHapus
  37. wah, abis ini yang mau jual SMUO pasti pikir2 puanjang, dan publisher yang dah jadi reseller pasti malu nampilin banner atau link iklannya sendiri. Hidup as ecko, kebenaran berawal dari sini

    BalasHapus
  38. Saking Seringnya Bosen Liatnya jg..Abis Banyak Banget tu iklan..Kata2 Sales LetterNya Dong!! Bikin Kita Jd P E M I M P I, Berlebihan Banget..Cape Deh 8-}..

    BalasHapus
  39. ..wow..bulan-bulan kemaren,..suer aku merasa rugi karena belum bisa beli SMUO nya JS(ga punya duit),setelah ngerti udah ga pengin lagi tuk beli..berarti aku untung nich...kamsudnya untung aku kagak beli itu yg namanya SMUO,...
    salam kenal & thanks mas Eko atas sharing pengalamannya,aku yg newbee jd terbuka matanya dan bangun dari mimpi...:-*..

    BalasHapus
  40. wah terima kasih mas wat infornya nie.
    padahal sya juga ingin berminat untuk membelinya, tapi setelah baca postingan ini saya pikir-pikir ulang dulu aj mas.
    Thanx...

    BalasHapus
  41. thx infonya yah..., lagian kalo make smuo itu buat kita malas aja.... tapi kalo untuk sekedar dipelajari scriptnya seperti gituan banyak kok.... tinggal download gratis...

    BalasHapus
  42. Ayo, ayo..! JS semakin gelisah nih karena sudah banyak yang melakukan kampanye hitam atas SMUO. Kita tidak memprotes apa yang dia lakukan, lha wong jualan koq dilarang, koq diprotes. Yang dipermasalahkan itu adalah penyesatan informasin yang dia lakukan waktu berjualan itu tadi.

    BalasHapus
  43. mantaph bos. Saya juga dulu pernah pengen beli ituh.. untung aja kok sebelumnya gogling dulu trus nyasar di blog juragan dari nias ituh..akhirnya urung deh..mana duit pas-pasan ketika ituh (sampe sekarang ding :D )

    BalasHapus
  44. sip deh analisax...salut buat mas eko

    BalasHapus
  45. semua tergantung dari kita melihat dari sudut pandang mana

    BalasHapus
  46. Waw, mantabs....
    baru saja saya menulis ebook SEO untuk Site Traffic dan mau affiliasi kek SMUO. Batal deh sekarang.
    Xxixixixi, berarti SMUO itu membodohi.

    BalasHapus
  47. NUMPANG LEWAT mau kaya dan sukses hubungi budi (085274279153)ATAU KUNJUNGI http://www.nambahilmu.com

    BalasHapus
  48. He...he...he.....:D
    Memang itu Mesin cocoknya untuk menjadikan orang blo'on. Apalagi sampai beli dan jual...
    Memang, untuk artikel2 JS oke juga tapi SMUO-nya....????
    Dan masih banyak lagi bisnis internet blo'on lainnya seperti Arisan Uang dan menyetor sejumlah uang untuk upline.....:((

    BalasHapus
  49. he he saya aja udah kena tuh,mengecewakan sih. tapi berhubbung dah beli yah di baca aja terus sapa tau ada manfaatnya. mending ngak beli dan cukup baja artikelnya aja di blog-nya beliau

    BalasHapus
  50. Saya juga sempat tertarik dengan SMUO karena liat banner JS dimana-mana. Lalu saya datang ke situsnya dan baca isinya. Ujung2nya dibawahnya bayar buat bli ebook. Sempat mikir sih kalau memang berhasil lumayan. Tapi sebelumnya saya cari info dolo dari mbah google. Ternyata sistemnya menjual lagi apa yang dijual. Cape deh....Kalo mau menjual apa yang dijual yah harusnya kita ga usah beli dong ebooknya. Tapi salut deh buat JS dah berhasil membodohi banyak orang Indonesia bertahun-tahun.

    Smoga saja karma nya baik.

    BalasHapus
  51. JS oh JS, setelah bertubi-tubi mendapat serangan akhirnya produk terbarunya (RahasiaBlogging) macet alias tidak laku. Duh, padahal modal yang dia keluarkan tidak main-main lho. Lihat saja template situs itu, siapa coba yang buat? :D

    BalasHapus
  52. thanks , ini web emang sip,

    aku jadi lebih paham tentang bisnis online,


    thanks to all

    BalasHapus
  53. wah wah wah.....
    kepriben lah.....
    dunyane mardiyah apa ya....?
    Matur nuwun kang Eko, untung inyong ora sida tuku.

    Jadi, intinya, kita harus lebih berhati-hati dan lebih selektif, modus penipuan banyak sekali, saran saya untuk JS CS, kalau mau nipu jangan bangsa sendiri, tega kah Anda makan darah saudara sendiri?
    Weleh....
    http://dashmoon-ndeso.blogspot.com/

    BalasHapus
  54. 8-}trims sharingnya..pertama saya juga tertarik dengan SMUO ini.tapi setelah saya baca post ini..saya langsung ngeh aja"masa si orang punya trik cari duit mau bagi-bagi sama orang".darisitu juga dah curiga.n kebetulan saya bkn tinggal di Jakarta.semoga tetap berhati-hati jangan mudah tergoda sama promo2 seperti itu.

    BalasHapus
  55. perumpamaannya kita seperti membeli buku di sebuah tb, kita mengandalkan ilustrasi di halaman belakang buku untuk menganalisa jadi beli apa nggak, karena bukunya disegel plastik :D
    udah berapa kali tuh beli buku ternyata tidak memenuhi harapan, karena bahasannya terlalu dangkal misalnya...
    sepertinya ebook smuo ini juga berlaku hal yang sama. Promonya sangat gencar, bahkan disertai garansi 2x lipat (hati2 pake syarat ketentuan nggak? kalo make berarti ada kondisi uang ga bisa kembali loh...)
    walo hanya analisa mas eko saja, tapi saya setuju dan mendukung banget isinya.

    BalasHapus
  56. Terima kasih untuk bang Eko, hampir saja saya mentransfer uang, namun setelah baca artikel anda akan saya urungkan niat saya, padahal saya sudah mendaftar namun belum transfer, terima kasih banyak, artikel anda telah benar-benar bermanfaat.

    BalasHapus
  57. Jangan berfikiran negatip donk.

    Saya kan cari nafkah mas... Jangan diganggu ya..!

    BalasHapus
  58. Plisss ya.. Jangan diganggu.. ngapain iri sih kalian semua?

    Kreatif donkk

    BalasHapus
  59. Dimana ada orang sukses di situ ada orang sirik...wajarlah kalo banyak yang sirik ama JS karena nggak punya income setara JS. kalau mau kaya ya ikut FORBIS...ngapain mau miskin terus

    BalasHapus
  60. Ngapain sirik sama tukang tipu.. itu kan bodoh namanya.. Hari gini cari duit haram.. @_@

    BalasHapus
  61. namanya juga usaha, orang2 pasti bilang itu penipuan, kalu dia bener2 penipu ayo laporkan ke polisi JS itu penipu, sertakan bukti bareng2 inilah di JS penipu ulung didunia internet.

    kalu cm koar2 kecewa, ga dapat sesuai janjinya JS, garansi uang kembali kan bisa ditanya ke JS? males? ..inilah penyakit hati ... kalu mang ikhlas uang hilang ya sudah ikhlaskan... padahal diajanji mo balikin wang kita jk tidak menghasilkan apa2 dari metode bisnisnya JS..

    ramai2 menjelek2 kan orang itu kan ga bener! bagaimana jika JS itu anda sendiri padahal anda samasekali tidak berniat menipu, hanya mendapat cara mendapatkan uang dengan cara metode mejual ebook kemudian anda kemudian berhasil.... anda pasti marah jika dihujat banyak orang lantaran oranghanya karena ikut2tan menghujat ... tapi lihatlah mereka2 yg juga sukses bergabung dengan JS .. apa tidak ada sama sekali yang sukses? ga mungkin dari sekian ratus atau ribu penjualannya atau anggotanya yg gabung tak satupun tidak ada yang sukses atau ikut menikmati hasil metode JS?

    meski saya tidak ikut bahkan sering dapat email dari JS (sampai skarang), sy hanya mengambil apa2 yg positif dari ilmu yang dia tularkan via email.

    Sy tidak membela mati2an JS karna ga ada gunanya, sy juga tidak menghujat sejelek2 rupa atas bisnis apa yang dia jalankan karena ga ada gunanya ...saya hnya melihat dia lebih pintar dari kita, atau mendahului menemukan cara cepat cari wang di internet ...termasuk menjadi kaya dengan waktu relatif cepat...

    jika ingin menyampaikan bisnis JS adalah penipu marilah kita laporkan ke Polisi agar JS malu dan dapat mempertanggungjwbkan perbuatannya ....tapi jika hanya untuk menghujat silahkan saja menghujatnya kan ga ada hukum menangkap si penghujat hanya kita yang tahu bahwa kita hanya penghujat.

    Kalu memang ada orang yg bisa kaya lewat internet dan terbukti, ikutilah jika anda mau cari dan belajarlah .. karena masing-masing orang tidak menyangkal bahwa internet adalah ladang wang yang tak sedikit hasilnya.

    Penipu adalah penipu tempatnya di pesakitan
    Orang sukses adalah orang yang bekerja keras dan berhasil demi apa yang dia capai.
    Orang pecundang orang yang mau sukses tapi takut melangkah.

    Menghujat saja tanpa selidiki (tabayun) bisa mendidik kita menjadi pribadi yang suka menghakimi sesuatu tanpa ikut mengalami didalamnya.

    Sy dukung aksi anda jika JS adalah penipu laporkan ke polisi segera bagi yang benar2 merasa benar ditipu.

    BalasHapus
  62. saya gak percaya kata JS perbulan dia bisa dapat dari smuo 75juta.buktinya kantor yang baru dia tempati itu (yang dia banggakan)hanya ruko 2 tingkat,harganya ga sampai 700juta.

    BalasHapus
  63. JS lagi JS lagi, untung banget si JS nih. dimana mana diomongin terus, tambah naek deh popularitasnya.
    btw, SMUO gratisnya dimana nih??? (maklum cari gratisan) :)

    BalasHapus
  64. asw,, saya salut dengan adanya artikel hebat ini, karena bahasanya yg sopan dan tidak cepat menghakimi tetapi mas eko ini berkata sesuai fakta.

    ada pelajaran menarik disini diantaranya: teliti sebelum membeli dan jangan percaya dengan kata2 bombastis di website (ex: 70jt/bulan dengan 3langkah nipu)

    hanya orang serakah dan pemula biasanya yg terjebak oleh bisnis penipuan itu.

    sekarang ini banyak web "penipu" bermunculan akibat doktrin "ayo tipulah orang lain jika ingin kaya dari internet"

    dengan adanya artikel ini semoga orang akan terbuka matanya dan lebih hati-hati dalam bergabung bisnis internet.

    jika ingin berbisnis internet atau ingin membeli ebook,, belilah yang bermanfaat dan terbukti bagus.
    saya sudah banyak menulis artikel di milis maupun blog tentang cara berbisnis yg benar dan cara berpikir besar dan cermat, agar tidak mudah ditipu.

    salam kenal

    BalasHapus
  65. yang mau tau isi forbis ini dia cara bobol SMUo Forbis. ikuti link ini http://www.formulabisnis.com/getsmuo setelah itu anda akan dihadapkan pada site FTP forbis dibawahnya ada tulisan panduanxforbis.pdf klik aja dan langsung otomatis download. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  66. salam kenal. sya hampri ketipu js. meksi sya juga pernah ketipu bikinduit.com and sebuah lagi. smeuanay gombal. slaha sya. kenapa tdk tanya eyang google. mending sekarang main adsnese. dsdh jls milik eyang goole.

    BalasHapus
  67. hady said
    syukur dech kalo dah pada melek.Dgn bisnis online. apapun namanya.
    saya hanya mengelus dada kok tega yaa, sama bangsa sendiri yg kondisi taraf hidup sudah susah , eh malah ditipu. sapa sih yg pengen kaya , hanya duduk ongkang2 saja dapat duit. Kebangetan jg ini orang. mudah2 an dia cepat sadar kalo perbuatannya bukan bermanfaat eh malah bikin susah orang banyak. kaya boleh asal tdk merugikan orang lain, terlebih orang yg masih awan dunia maya alias gaptek.saya baru kenal ini barner langsung kaget , kalo ini benar rakyat kita dah makmur dr dulu. eh kaya nya kok malah ngambil uang saudaranya sendiri.
    bulsit. waspada, waspada penipuan merajalela.
    thanks

    BalasHapus
  68. terima kasih informasinya

    www.mesinjahitku.blogspot.com, blog-nya mesin jahit

    BalasHapus
  69. benar-benar pemikiran yang kritis. saya suka dengan cara anda mengkritisi produknya.

    saya rasa pendapat-pendapat saya mirip dengan rekan-rekan yang kritis lainnya.

    BalasHapus
  70. oke sobat saya akan bagikan isi semua yang ditawarkan......tapi tunggu dulu saya lagi bl postingin ntar senua bisa download secara gratis....

    BalasHapus