Selamat datang di ...

31 Maret 2009

Masih ingat bagaimana kronologi terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden RI pada Pemilu 2004? Adalah pernyataan Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri yang saat itu menjabat Presiden, yang membuat popularitas SBY naik dan terus melejit menjelang Pemilu. Sampai akhirnya SBY memenangi duel dengan Megawati di putaran kedua dan 'naik pangkat' jadi RI 1.

Apa yang dikatakan Taufik Kiemas? Ah, Anda semua tentu masih ingat. Yang jelas pernyataan tersebut membuat banyak orang jatuh simpati pada SBY dan ujung-ujungnya menaikkan popularitas mertua Annisa Pohan ini. Nah, cerita serupa sepertinya akan terjadi di dunia maya. Lakonnya adalah Joko Susilo (JS) yang beberapa waktu lalu ramai-ramai dihujani pertanyaan oleh para Kaskuser seputar Formula Bisnis dan juga produk barunya, Rahasia Blogging.


Kenapa JS akhirnya naik ke permukaan? Kenapa pula ia mau menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan para Kaskuser? Ini pertanyaan penting yang harus dijawab. Dan kalau kita mau mundur sedikit ke belakang, sebelumnya telah terjadi 'perang kecil' antara Joko Susilo dan Bang Zalukhu. Di blognya, Bang Zalukhu bilang kalau Joko Susilo adalah penipu, meski dalam posting tersebut nama JS diubah dengan Jadi Serigala. Setelah itu, Bang Zalukhu memuat posting tentang rekayasa dalam sales letter Rahasia Blogging yang notabene adalah produk terbaru JS.

Ceritapun berlanjut. Semakin lama semakin banyak orang yang membicarakan Rahasia Blogging, semakin banyak pula yang meragukannya. Tiba-tiba, muncullah seorang blogger anonim dengan nick Mualim sang Kritikus (identitasnya sudah dikantongi lho) yang menyerang Bang Zalukhu. Well, perang kemudian melebar dengan melibatkan beberapa pihak. Sampai-sampai ada blogger yang merasa perlu melakukan klarifikasi karena merasa tersudut.

Oke, kembali ke pertanyaan tadi. Kenapa JS akhirnya naik ke permukaan? Kenapa JS mau menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan para Kaskuser? Jawabannya tidak sulit. Dengan maraknya publikasi negatif yang dilakukan para blogger terhadap Rahasia Blogging, jelas JS merasa khawatir. Bagaimana tidak khawatir kalau baru di-launch sudah dapat serangan bertubi-tubi? Nah, yang perlu dilakukan JS adalah dengan membalik imej negatif tersebut agar 'calon konsumen'-nya tidak lari. Caranya? Dia berguru pada SBY sewaktu Pemilu 2004 lalu.

Masih belum jelas? Oke, saya jelaskan. Setelah dikatai oleh Taufik Kiemas, SBY cepat tanggap. Ia memanfaatkan momen tersebut untuk membentuk citra sebagai orang teraniaya. Alhasil, simpati pun berdatangan padanya. Popularitasnya meningkat pesat. Terlebih media turut mem-blow up cerita tersebut. Selanjutnya Anda sudah tahu jalan ceritanya, bukan?

Inilah yang coba diikuti JS. Ia muncul di Kaskus, membiarkan dirinya 'dibantai' habis-habisan oleh para Kaskuser. Dengan demikian ia berharap dirinya tidak lagi dijuluki penipu karena sudah berani unjuk diri dan meladeni pertanyaan orang-orang yang selama ini meragukannya. Hal ini bisa memberikan efek psikologis positif bagi orang yang semula ragu-ragu membeli produknya. Kesan sebagai orang yang dipojokkan coba ia timbulkan. Kalau sudah demikian, kan enak saja melontarkan pernyataan, "Ah, mereka itu hanya iri dengan keberhasilan saya." Dan semakin kuatlah alasan orang untuk membeli produk-produk JS.

Itu yang pertama. Yang kedua, kontroversi yang berkembang merupakan 'iklan gratis' bagi JS dan produk-produknya. Semakin marak blogger yang mengekspose dirinya dan produk-produknya, JS akan jadi semakin populer. Orang-orang yang awalnya tidak tahu sama sekali tentang JS akan mencari informasi lebih banyak lagi tentang dia. Maka meluncurlah orang-orang tersebut ke situs-situs milik JS. Lumayan, cuma nongkrong beberapa jam saja di Kaskus sudah bisa memperoleh trafik banyak. Belum lagi kemungkinan orang-orang tersebut justru tertarik dengan jualannya JS. :)

Berhasilkah strategi ini diterapkan JS? Kita lihat saja.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

38 komentar:

  1. strategi sukses yg bagus..salut juga buat SBY yg berhasil dgn strategi simpati nya..buat JS apapun yg kita buat atau kita hasilkan pasti akan ada yg suka atau yg tdk suka..thats life..buat mas eko its a good info.

    BalasHapus
  2. adam mah, nggak percaya dan nggak akan bakal apalagi memikirkan untuk ikut, jadi anggota, nambahin artikel tentang dia atau para penipu lainnya.

    lebih enak coba cari dollar sendiri, trus berbagi dengan anak yatim piatu dan saudara kita yang tidak mampu

    BalasHapus
  3. Susah juga ya cari duit di internet...dah mo berhasil ada aja yg 'nohok' dari mana-mana...

    Di katakan menipu lah...apa lah...
    Mbok ya kalo mau..ngikut aja jangan maen nuduh-nuduh gitu yaaa...


    Oke deh di tunggu kelanjutan ceritanya.....

    Mas ecko, ni sekalian undangan buat mampir ke blog baruku yaaa...

    BalasHapus
  4. Terus terang klu yang saya baca dari sales letternya, sangat menarik. Informasi yang disajikan dalam ebook tersebut sangat dibutuhkan oleh orang2 yang ingin serius dalam dunia blog.

    Klu isi ebooknya saya nggak tahu juga gimana.

    BalasHapus
  5. Wah2... saya nggak tahu, emang suaminya bu mega ngasih komentar gimana ke pak sby???

    Hm... Semoga ini cepat berakhir ya...

    BalasHapus
  6. ah nggak sampai segitunya lah

    BalasHapus
  7. he..he..he.. emang isi E-Booknya Pak JS apaan Sih?? Sampe dibilang penipu pula.. Belum baca bukunya sih.. Tapi Kalau E-Book "What Google Never Told You About Adsense" karangan Joel Comn dah Gue Baca dan Isinya seimbang dengan harga yg ditawarkan...

    BalasHapus
  8. Demi menjaga netralitas saya dan blog ini, dan juga agar tidak disangkut-pautkan dengan beberapa pihak yang saling serang tentang JS dan kroni-kroninya, maka saya tegaskan kalau saya hanya menyampaikan informasi tentang apa yang terjadi. Dan saya tidak akan membalas komentar-komentar yang masuk. Tapi tenang, saya tetap akan berkunjung balik pada teman2 yang sudah berkomentar. Sip kan? :)

    BalasHapus
  9. wew.. iya tuh mas.. rame amat di kaskus.. terkadang lucu juga nyimak jawabannya JS he..he..

    BalasHapus
  10. saya gak mau deh.. beli2 ebook gitu..
    saya sudah punya ebook nya yang formula bisnis..
    biasa aja..

    BalasHapus
  11. ,pinter yoo......

    ,enak yo.....

    ,gak kreatip tuh orang....

    BalasHapus
  12. Wah makin menarik donk diikutin (kalo boleh dibilang) perseteruan ini, asal ini semua demi kemajuan IM indonesia, tul gak mas, Hidup SBY... Hidup SBY,.... :D

    Salam kenal mas eko

    BalasHapus
  13. kita kok suka singkatan singkatan gitu yaahhh....
    SBY: Salau Buat You, Mas....
    JK: Juice Kidding, Jus Kolak.

    BalasHapus
  14. Ralat:##
    kita kok suka singkatan singkatan gitu yaahhh....
    SBY: Salut Buat You, Mas....
    JK: Juice Kidding, Jus Kolak.

    BalasHapus
  15. promosinya JS keren ya, bisa ditiru tuh wkwkwk

    BalasHapus
  16. Hmm, JS lagi nih.
    Sedikit info yg saya tahu, akar masalah dari perang tsb sebenarnya bukan pada produk JS, tapi kroninya Js (gempar...) lewat produknya SMUO 7/8.
    Diketahui dr produk tsb ada kode yg terenkripsi dg ketat dan berfungsi utnuk menghancurkan web afiliasi dg sekali klik. intinya kode ntu bisa ngintip jeroan afiliasi cpanel web afiliasi user..termasuk jurus jari budha yg sekali pencet tombolnya, maka ntu web lsg hancur lebur.

    Mungkin niat awalnya bagus agar produknya tidak digunakan sembarang orang, di kontrol agar yg menggunakan hanya para member paid saja, bukan bajakan. namun kenyataannya banyak juga paid member yg kena getahnya. webnya pada di bantai. makanya banyak yg kesel dan balas dendam dg cara menyebarkan script smuo secara gratis biar terkuak segala kebobrokan script programming tersebut.

    dari sanalah sasaran JS yg jadi tersngka. krn dia satunya2 yg getol menawarkan smuo tsb (kongkalikong sama pembuatnya). dr sebagian user banyak yg gak setuju klo caranya kyk gitu. diam2 dimata2i. curangnya, di forbis script tsb tdk tersedia awalnya (entah skrg), mesti beli ke tempat lain (gempar). jd beli ebook cuma teori, alat bisnisnya beli lagi.

    dari sisi kualitas cukup bagus, seiring waktu jd gak cocok buat newbie. makanya klo ada master2 yg beli malah rugi. krn bahan materi ebook sekarang dah banyak yg nulis via blog. ky Mas Eko ini. sayangnya, yg baca dan kritisi ebook forbis itu rata2 dah pada jago, makanya ntu ebook di anggap sampah. percuma..

    buat saya yg doyan hunting, gak perlu beli. krn ebook kyk gitu bisa didapet dimana aja. nyaris semua sy punya (gak pernah beli..lha bnyak yg ngasih kok). SMUO, uangpanas, ato apalah, jadi bullshit jk yg baca para master sekelas Mas Eko nih.

    Jadi, bijaklah dalam membeli produk. ;)
    Salam by benbego

    BalasHapus
  17. Saya orang baru di sini. Pernah dengar soal JS, tapi baru tahu lebih banyak dari kontrofersi ini. Setelah saya baca dari awal sampai akhir di kaskus, saya cuma berpendapat: ternyata JS jauh lebih pintar dari yang kaskuser kira. Dan mereka/kaskuser telah dikadalin mentah-mentah dengan membantu menyebarkan BUZZ klarifiksi sesuai prediksi JS. Dia menang!!

    Lepas dari semua tuduhan, SAYA SALUT!

    BalasHapus
  18. Belum Beli ebook ..cuman belajar2 online dari google aja..dan yg pasti ke dukun (baca:gramedia ) :)

    BalasHapus
  19. Saya baru mau beli Formula Bisnisnya Pak JS, tapi kini sudah ada muncul lagi Rahasia Blogging. Saya belum pernah melihat kedua produk dari Pak JS tersebut, tapi saya berpendapat produk pertama FB telah berhasilmengantarkan JS menjadi pebisnis online yang sukses.Dan FB telah menjadi salah satu sumber penghasilan bagi banyak blogger yang mengikuti program afiliasitersebut. Saya berharap produk baru dari JS akan menjadi sebuah kontribusi yang berharga bagi pengembangan bisnis online di tanah air.

    BalasHapus
  20. Salam kenal juga mas?
    Jalin persahabatan nih?

    BalasHapus
  21. hahah iya tuh lik joko kayak pemangsa bangsa sendiri wakaka..:D

    padahal saya jg pasang widget kumpulblogger hehe...

    BalasHapus
  22. Hahaha :)

    Bener-bener cerdas nih mas Ecko dalam mengulas dan menganalisis suatu fenomena. Salut bro! Semoga saja para calon konsumen JS yang merasa simpati bisa berpikir ribuan kali dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli jualannya :)

    BalasHapus
  23. Iklannya JS bertebar di mana-mana, pasang di detik.com pula. Saya ndak respect nyari uang dengan cara gitu

    BalasHapus
  24. Tapi dengan postingan zalukhu yang baru.. rasanya JS yang mau manuver macam SBY jadi kepleset... jatuh.. pantat membentur lantai kemudian kepada kejedot... tobat deh....

    ;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
    ;;;;;;;;;;;;;;;;;;;

    ga lama ada tangga jatuh mengenai mukanya. Lengkap sudah. Tinggal bikin nasi kuning ;)

    BTW... manuver dalam strategi marketingnya tidak semudah itu sepertinya karena namanya sudah terlanjur buruk apalagi disearch engine.

    Seru juga mengikutinya seperti taktik berperang ala tsun tzu. Berpura-pura lemah saat lawan kuat dan berpura-pura saat lawan lemah.

    Cara yang ajib untuk menyerang JS mungkin dari sisi member yang dibangga-banggakan macam handoko pemilik www.paketebookbisnis.com yang menjual free ebook cosa dan jenny sang motivator dalam paket CD. Dalam postingan terpisah JS sangat merekomendasikan bisnis orang ini.

    Kalau orang berbisnis seperti ini yang dibilang hebat.. macam mana bisnis internet indonesia nantinya.

    BalasHapus
  25. Dimana-mana lg demam JS ya... Tambah terkenal dunk... Psst, mangsutna tkenal tipu2nya...
    Salam kenal

    BalasHapus
  26. Ah bingung aku, lelakon opo iki :-D

    BalasHapus
  27. Gue rasa gak akan berhasil. Karena terkuak KEBOHONGAN BESAR JOKO SUSILO bahkan IA MENGAKUINYA di Kaskus itu bahwa EBOOk RAHASIA BLOGGING ADALAH TERJEMAHAN BLOG INFERNO. Titik

    BalasHapus
  28. Saya mau beli dan mau transfer ke pak js setelah mbaca ini jadi gak jadi

    BalasHapus
  29. Kalau masalah terjemahan atau lebih tepatnya Plagiasi JS adalah RAJANYA!

    Hehehe .. cek aja artikel di blognya, banyakan hasil terjemahan tuh.

    Cepe deh ...

    BalasHapus
  30. permisi, numpang lewathttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif

    BalasHapus
  31. wah bagus banget infonya terutama buat yang baru memulai bisnis online, kaya saya.
    Tks Mas Eko dan Semuanya.....

    BalasHapus
  32. Kalo guwe kudu berpikir obyektif bahkan jika perlu dengan polling, yang saya kawatirkan adalah masa depan bisnis internet terutama iklan2 hanya dipenuhi iklan ngawur, memang sebagai pemilik blog soal ppc bisa lepas tangan, tetapi moral jelas tidak. Moral tetap tanggung jawab, walau bisa cuci tangan. Saya hanya berharap bisnis macam gitu kek kudu ditertibkan. Tidak ada yang instan untuk kayak sekalipun menang undian.

    BalasHapus
  33. Mending sering2 cari info di google trus banyak baca2 blog orang sukses, daripada ikut2an beli ebook yang blom tentu sesuai harapan kita

    BalasHapus
  34. si JS mah cuma beruntung doang, ebook forbisnya basi abis...., gua adalah korbannya, setelah baca...eh cuma ginian....yang semnmacam kayak ebook forbis mah gua bisa dapat gratis dengan dengan trick google hacking, nyesel gua...harga aja yang mahal....iklan aja yang gembar-gembor...forbis is suck....dont't ever buy it..
    BASIIIIIIIII........

    BalasHapus
  35. Menurut saya produk JS memang kontroversial, sesuatu yang "sangat sederhana" tetapi dikemas dengan sedemikian menariknya sehingga banyak orang yang tertarik dan akhirnya mau membeli produknya. Salah satunya adalah saya.. :(
    Tetapi dengan semakin berkembangnya wawasan/pengetahuan seseorang dalam bisnis di dunia maya, pasti akan bisa mengambil keputusan yang tepat.. apakah produk JS itu bermutu atau tidak, layak dibeli atau tidak, dst.

    BalasHapus
  36. Joko susilo sekarang tambah populer. gimana pendapat anda?

    BalasHapus