Selamat datang di ...

19 Maret 2009

Masih tentang kisruh antara Bang Zalukhu dengan seorang blogger anonim yang mengaku bernama Mualim. Tapi serial posting ini bukanlah upaya untuk menyebarluaskan masalah seperti komentar Bocah aka Bayu Mukti di posting kemarin lho. Kalau cara pandangnya seperti itu, berarti wartawan yang sering memberitakan konflik, sengketa, bahkan perang bisa dibilang sebagai penyebar luas masalah dunks? Ini yang harus diluruskan.

Ada beda antara "menyebarluaskan masalah" dengan "menyebarluaskan kabar tentang suatu masalah". Yang pertama cenderung berpihak dan ikut campur ke dalam permasalahan. Karena berpihak, maka si penyebar luas masalah itu ya ikut menyerang "musuh" orang yang ia dukung. Sedangkan yang kedua, sekedar menyampaikan apa yang terjadi dan kemudian memberikan pandangannya sendiri sebagai urun saran agar masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Beda kan?

Btw, siapa sih Mualim si Kritikus itu?


Sebenarnya kita bisa koq menebak siapa yang dimaksud Bang Zal dengan meneliti posting ini baik-baik. Bukannya si Panda Nias ini sudah memberikan ciri-ciri yang sangat jelas dan kalau mau teliti menelusurinya bisa ketahuan siapa si Mualim ini? Coba, kata Bang Zal, si Mualim ini adalah seorang blogger terkenal. Ini satu petunjuk yang sangat memudahkan, karena blogger terkenal di Indonesia ini berapa banyak sih? Yang jelas kan tidak sebanyak blogger biasa (seperti saya). Hehehe...

Kemudian, Bang Zal bilang kalau si Mualim itu dulunya murid seorang master blog yang kemudian membelot (mengkhianati?) gurunya dan berjalan sendiri. Konon, akibat pembelotannya itu sang guru merasa sangat kecewa dan marah. Bermodal dua kunci ini saja kita bisa semakin mendekat ke sasaran. Siapa sih blogger beken yang pernah berguru ke seorang master blog tapi kemudian membelot dan jalan sendiri? Kalau Anda mengamati kiprah para master blog, dua petunjuk ini sudah cukup untuk menguak identitas Mualim.

Masih bingung siapa orangnya? Ayo kita tambah dengan satu petunjuk lagi. Seperti aksi polisi yang sedang melacak pelaku kejahatan, maka kita harus mengkerucutkan pencarian pada siapa yang pernah punya perselisihan dengan Bang Zal? Blogger mana yang sempat bermusuhan dengan Bang Zal? Sangat besar kemungkinannya kalau blogger itulah yang berulah sekarang ini. Terlebih lagi kalau boroknya pernah diungkap Bang Zal. Lagi-lagi, kalau Anda rajin mengikuti posting-posting di Zalukhu.com, dengan mudah Anda dapat menebak siapa Mualim itu. Gampang koq.

Oops, ini bukan posting untuk menyudutkan seseorang lho. Saya hanya ingin merekonstruksi apa yang disampaikan Bang Zal untuk mencari tahu siapa blogger kritikus dengan nick Mualim itu. Dan jelas, saya tidak menyebut nama atau menunjuk hidung seseorangpun di sini. So, tinggal tergantung bagaimana Anda memahami uraian saya saja untuk bisa mengetahui identitas asli Mualim. Bisa jadi antara pembaca satu dengan yang lain merujuk pada suspect yang berbeda-beda. Bisa jadi lho...

Itu saja.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

41 komentar:

  1. wew.. saya masih belom tau mas he..he..
    maklum orang baru he..he..

    BalasHapus
  2. Wew... Sulit dipercaya Mas. Padahal saya sempat kagum sama 'blogger terkenal' aka mualim tsb. Tapi kalo emang nyatanya dia tersangka dibalik ini semua, yah amit2 deh... :P

    Btw, bisa kasih tau siapa guru besar yang dihianati tsb? Soalnya saya orang baru nih mas Ecko... :D

    BalasHapus
  3. hayo siapa yang merasa terkenal wkekeekekekek kalau dari bahasa2 komentar sih anak kecil juga bisa tahu bang :) tapi yang penting kita selalu damai dan selalu merangkum semua elemen, kebebasan menulis bukan berarti kebesan untuk mencaci orang lain, dan lagian juga kalau menulis dengan di barengi fakta itu hal yang wajar2 saja apa lagi yang membicarakan bukan satu atau dua orang...dan yang terpenting bagi saya adalah kita tetap blogging sekaligus tetap mencari makan gimana mas ecko.. :)
    ========================================
    maaf kalau komentaar saya ada salah nya soalnya lagi belajar menulis nih mau daftar jadi wartawan :)

    BalasHapus
  4. aku juga belum tau mas.
    dasarnya aja ku gak tahu.
    maklum uiy blogger autis yang gak mau peduli sekitar

    BalasHapus
  5. yah siapapun yang tertuduh harus benar2 terbukti dengan bukti yang akurat, nanti takutnya malah jadi kasus salah tebak lho ko hehehe...kalo memang sudah dapat hasilnya ya disave aja mending ko..gak perlu sampai di publikasikan.

    BalasHapus
  6. jangan2 orang ini juga ikutan berkomentar pake nama laen yah hehehe.. hayoo.. siapa tuh?? yang blogger beken kena semua hehe :D

    btw mas eko.. aku baru baca malioboro express yang pake nickname eko itu situ bukan?? :D ketahuan nulisnya kruyukan hehe..

    BalasHapus
  7. Namaku Asli, Avatarku juga asli...;
    Kasihan yang punya nama asli Mualim.

    BalasHapus
  8. 8-} kalo beritanya mas zalukhu aja sih cepet disebarkan, jadinya pikiran saya seperti itu.

    Jangan negative thinking dulu, nanti masalahnya meluber kemana-mana. cari bukti dan analisa yang benar, jangan pake cara menerka-nerka saja.

    BalasHapus
  9. Malah bikin bingung mas :D

    Jadi berprasangka yang tidak2 antar sesama blogger nih.

    BalasHapus
  10. kok baru tahu ...
    saya sih muncul ga muncul di net...
    hi...hi...

    BalasHapus
  11. siapa sih? kok masih muter2 ga jelas... blogger terkenal? enggak juga deh kayaknya, lha wong saya ga kenal je :D

    BalasHapus
  12. saya kok baru tahu ya?
    muncul ga muncul sih....

    BalasHapus
  13. kasihan si mualim asli yang lagi berlayar naik kapal (aKa ABK), dia jadi kena getahnya, hehehe :p

    BalasHapus
  14. Bukankah mualim sedang jadi TKI di malaysia...
    Tambah,...ngawur....

    BalasHapus
  15. Wah. jadi tambah penasaran nih, siapa sih mas?? posting lanjutannya, tolong diperjelas ya...

    BalasHapus
  16. Mualim tu siapa si mas..??
    Misterius bgt nih kayaknya.

    Kasi clue'a dunk Mas..

    BalasHapus
  17. Wah, masih bingung nih siapa orangnya. Jadi penasaran euy =))

    Kalo dari yg udah kasih komentar di atas sih, kayaknya ada slh satu tersangka..hahaha (blognya dlm sehari bisa sampe ribuan pengunjung). Malah taktik liciknya pernah diungkap oleh bang Zal dlm salah satu postingan lawasnya. Kalo ga salah judulnya "Menarik Ribuan Pengunjung Dalam Sehari".

    Waduh, sorry. Malah bikin fitnah ya nantinya. Padahal saya masih buta :)

    BalasHapus
  18. emang siapa sih om?kok ga ditulis ajah nama dan url nya :D

    BalasHapus
  19. mudah mudahan cepat kelar nihh masalah yahh nihh biar adem lagi

    BalasHapus
  20. siapa sih ?????? postingan setengah ati nih :P

    BalasHapus
  21. sepertinya hampir dapat neh siapa orangnya...
    ~X( tapi masih belum tau pasti..:D

    BalasHapus
  22. @ hryh77: Gak tahu juga gpp. Org itu blogger gak penting juga. :p
    @ Hangga Nuarta: Lho, emang sapa sih? Saya malah belum berani menebak. :D
    @ PK: Yups, setuju banget deh. Makanya saya gak sebut nama orang. kalopun saya tahu, tak akan saya bagikan di sini koq. Karena saya juga cinta damai. :D
    @ Cengeng-ngesan: Hehehe...
    @ Oom: Kalaupun saya tahu, gak akan saya sebarluaskan untuk umum koq, Om.

    @FOTOGAUL.com: Sudah baca Malioboro Ekspres yah? Edisi keberapa? Saya sudah lebih 3 edisi/3 minggu terakhir ini tidak menulis untuk ME, jadi mungkin itu eko yg lain. Lagian kalo saya yg nulis bukan pake nick, tapi nama lengkap plus kode m4. Jadi kodenya eko nurhuda/m4. Gitu...

    @ Bayu Mukti: "Jangan negative thinking dulu, nanti masalahnya meluber kemana-mana." ==> SETUJU BANGET!!!

    "cari bukti dan analisa yang benar, jangan pake cara menerka-nerka saja." ==> kalo menerka-nerka setelah ada bukti-bukti yang cukup gimana, cah? :p

    @ Munawar AM: untung aja dia gak pake nama saya. :D
    @ Jake Wells: Gak usah bingung, bro. Selama dia gak ganggu kita ya diem ajalah. :D
    @ negeri hijau: kemana aja sih?
    @ Lutfi: Iya ya? Hahaha...
    @ Firanza: mungkin si Mualim gadungan itu emang terobsesi jadi pelayar. :p
    @ Blogger Dodol: =))
    @ Peluang Kerja: Maaf, gak ada lanjutannya, bro. :D
    @ Rozy: setuju...
    @ Pandri: Lha, itu sudah ada 3 clue di atas.
    @ iskandaria: Lho, yg mana, yg mana? Saya malah gak bisa nebak je. :))
    @ ipanks: Wah, kalo ditulis nama dan url-nya, tar saya kena delik aduan pencemaran nama baik. Pasal berapa tuh? :p
    @ bocahiseng: setuju banget, cah.
    @ Supermance: :p
    @ parlin: Eit, tapi gak boleh menuduh sembarangan lho. hehehe...

    BalasHapus
  23. Wah ada -ada saja tuwh..

    Paaling bikin sensasi ajah yaw..

    Hhmm..Salam hangat Bocahbancar......

    BalasHapus
  24. Saya blogger terkenal, tapi sayang cuma perasaan saya aja Mas hee.hee...

    BalasHapus
  25. saya belum tahu nih mas, siapa yah? kayaknya kurang satu clue lagi neh...

    BalasHapus
  26. Iya niee....saya juga belum tahu sapa orangnya..

    Btw, saya jd pusing ntar klu mikir itu mulu...lebih baik cari inspirasi aja.

    BalasHapus
  27. aduh,,apakah yang ituh?? tapi.. saya masih penasaran om,, siapa yah??

    BalasHapus
  28. Emoticon-nya koq ngga jadi nih.
    :(

    Coba yg lain, ah..
    ;;)

    BalasHapus
  29. @ bicahbancar: mungkin juga gitu. :D
    @ yulius: sapa yah kira-kira?
    @ Qisthon: hahahaha...
    @ thegands: wah, kalo kebanyakan clue tar malah saya dituduh menyebar fitnah lagi. :p
    @ sofwan: hehe...
    @ Ika: Yg mana, Mbak? :D
    @ Helda: Iseng banget sih? :p

    BalasHapus
  30. weks, masih belum dibocorin juga, huhu

    BalasHapus
  31. lupa komen saya waktu di fb apa ya...?

    BalasHapus
  32. wah siapa yach.. udah lumayan lama ngeblog tapi kok masih ga ngerti yach.. huhu

    BalasHapus
  33. Saya tetep masih belum berani meyakinkan hati sendiri...siapakah dia gerangan...namun saya hanya berharap semoga yang sesungguhnya segera terlihat...putih katakan putih ...hitam katakan hitam walaupun dia sudah terkenal baik...in the past...

    BalasHapus
  34. Yang jelas, itu bukan saya om. Sumpah deh! :D :D

    BalasHapus
  35. Kayaknya saya tau banget dech sama oknum yang dimaksud, wkwkwk..

    Tapi saya gak mau nyebut-nyebut nama dia disini, wkwkwk.. Tar pengunjung blog "tersangka"
    (yg katanya ribuan per hari) malah lari semua, wkwkwk :D

    *kabor aja ah, sebelum oknum yang dimaksud nabok saya pakai palu, wkwkwk..*

    =))

    BalasHapus
  36. Hihihi ... aku ga ngerti apa-apa, baca-baca kalo ga penting juga kagak, apalagi ngikutin postingan

    tapi dari uraian di atas, jawaban ternyata udah tersedia ...


    *hmmm 8-}

    BalasHapus
  37. saya koq masih belon ngarti jg siapa orangnya, ???

    BalasHapus