Masih tentang kisruh antara Bang Zalukhu dengan seorang blogger anonim yang mengaku bernama Mualim. Tapi serial posting ini bukanlah upaya untuk menyebarluaskan masalah seperti komentar Bocah aka Bayu Mukti di posting kemarin lho. Kalau cara pandangnya seperti itu, berarti wartawan yang sering memberitakan konflik, sengketa, bahkan perang bisa dibilang sebagai penyebar luas masalah dunks? Ini yang harus diluruskan.

Ada beda antara "menyebarluaskan masalah" dengan "menyebarluaskan kabar tentang suatu masalah". Yang pertama cenderung berpihak dan ikut campur ke dalam permasalahan. Karena berpihak, maka si penyebar luas masalah itu ya ikut menyerang "musuh" orang yang ia dukung. Sedangkan yang kedua, sekedar menyampaikan apa yang terjadi dan kemudian memberikan pandangannya sendiri sebagai urun saran agar masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Beda kan?

Btw, siapa sih Mualim si Kritikus itu?

Sebenarnya kita bisa koq menebak siapa yang dimaksud Bang Zal dengan meneliti posting ini baik-baik. Bukannya si Panda Nias ini sudah memberikan ciri-ciri yang sangat jelas dan kalau mau teliti menelusurinya bisa ketahuan siapa si Mualim ini? Coba, kata Bang Zal, si Mualim ini adalah seorang blogger terkenal. Ini satu petunjuk yang sangat memudahkan, karena blogger terkenal di Indonesia ini berapa banyak sih? Yang jelas kan tidak sebanyak blogger biasa (seperti saya). Hehehe...

Kemudian, Bang Zal bilang kalau si Mualim itu dulunya murid seorang master blog yang kemudian membelot (mengkhianati?) gurunya dan berjalan sendiri. Konon, akibat pembelotannya itu sang guru merasa sangat kecewa dan marah. Bermodal dua kunci ini saja kita bisa semakin mendekat ke sasaran. Siapa sih blogger beken yang pernah berguru ke seorang master blog tapi kemudian membelot dan jalan sendiri? Kalau Anda mengamati kiprah para master blog, dua petunjuk ini sudah cukup untuk menguak identitas Mualim.

Masih bingung siapa orangnya? Ayo kita tambah dengan satu petunjuk lagi. Seperti aksi polisi yang sedang melacak pelaku kejahatan, maka kita harus mengkerucutkan pencarian pada siapa yang pernah punya perselisihan dengan Bang Zal? Blogger mana yang sempat bermusuhan dengan Bang Zal? Sangat besar kemungkinannya kalau blogger itulah yang berulah sekarang ini. Terlebih lagi kalau boroknya pernah diungkap Bang Zal. Lagi-lagi, kalau Anda rajin mengikuti posting-posting di Zalukhu.com, dengan mudah Anda dapat menebak siapa Mualim itu. Gampang koq.

Oops, ini bukan posting untuk menyudutkan seseorang lho. Saya hanya ingin merekonstruksi apa yang disampaikan Bang Zal untuk mencari tahu siapa blogger kritikus dengan nick Mualim itu. Dan jelas, saya tidak menyebut nama atau menunjuk hidung seseorangpun di sini. So, tinggal tergantung bagaimana Anda memahami uraian saya saja untuk bisa mengetahui identitas asli Mualim. Bisa jadi antara pembaca satu dengan yang lain merujuk pada suspect yang berbeda-beda. Bisa jadi lho...

Itu saja.