Selamat datang di ...

04 April 2009

Dua hari tidak membuka email yang Gmail, saya jadi ketinggalan sebuah info penting dari Kang Munawar. Setelah menjadi guest blogger blog ini dengan artikel berjudul "5 Tips untuk Guest Blogger", Kang Nawar memberi tahu saya kalau ternyata artikel tersebut dikopi mentah-mentah setelah di-publish di sini. Gila! :(

Awalnya saya tidak membaca gelagat apa-apa, lha wong Kang Nawar memberi judul emailnya itu "Ini Blog Sampaian..?" Setelah saya buka barulah saya tahu apa yang terjadi. Artikel Kang Nawar yang dikirimkan dalam rangka guest blogging di blog ini dikopi oleh seorang blogger tak bertanggungjawab. Sialnya, si tukang kopi itu nama depannya juga Eko. Entah asli atau rekayasa, blogger itu bernama Eko Novianto.




Lihat saja screenshot di atas. Artikel tersebut dikopi persis sama, bahkan 100% mirip sekali dengan posting yang di blog ini. Susunan paragraf, besar-kecil dan tebal-tipis kata, bahkan kredit dan link-link (juga inbound link) yang saya berikan untuk Kang Nawar selaku penulis asli juga dikopi. Kalau mau lebih jelas silakan baca sendiri di sini.

Lho, seharusnya kan tidak masalah karena ada link-nya dan aktif? Masalahnya bukan itu. Memang semua link ada lengkap seperti aslinya dan aktif. Tapi dengan perbuatannya itu dia telah membuat kesan kalau artikel tersebut dikirimkan Kang Nawar untuk blog itu, padahal sebenarnya kan dikopi dari sini? Kalau dia berniat baik dan tahu etika, tentunya diberi keterangan di mana dia mengambil artikel tersebut. Ternyata kan tidak?

Ini bukan pengalaman pertama saya menjadi korban kopi-paste. Sudah sering. Sebelum ini ada seorang blogger yang cukup terkenal mengkopi artikel saya yang berjudul "Mengenal Liew Cheon Fong, Fulltime Blogger Pertama Malaysia". Lihat saja kopiannya di sini dan screenshot berikut:



Sopannya, si blogger beken itu menambahkan 3 kata pada judul dan juga memberikan 2 paragraf penutup yang ia buat sendiri sebagai tambahan. Di akhir posting ia menuliskan "Sumber Inspirasi: Mas Eko Nur Huda". Tapi tidak sopannya, tidak ada satupun link ke alamat URL posting yang ia kopi. Ia hanya memberikan link ke blog ini, yakni http://www.ekonurhuda.com saja. Padahal seharusnya kan http://www.ekonurhuda.com/2008/10/mengenal-liew-cheon-fong-fulltime.html.

Saya mungkin benar waktu mengatakan bahwa blogger tidak kalah hebat dalam menulis dibanding para kolumnis koran. Karena itu blogger seharusnya tidak boleh diremehkan. Tapi perbedaannya, menjadi penulis bagus di blogosphere sangat beresiko jadi korban kopi-paste. Jadi, waspadalah, waspadalah..!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

44 komentar:

  1. yaa mas sekarang lagi maraknya blognya hangganuarta aja di kopas gak satu mas, 5 artikel di kopas sekaligus.....

    BalasHapus
  2. Iya mas, cape banget ngurusin copy cat. artikel di blog saya juga ada beberapa yg di copas. ada beberapa sih yg memberi linkback (walau hanya ke homepage), tapi tak jarang pula yg copas tanpa memberi link sama sekali! :(
    makanya skrg di post footer blog saya saya kasih semacam alert gituh, hehehe

    btw, saya menganggap para copy cat itu adalah orang yg bru belajar nge blog dan belum tau blognya mau diisi apa.

    BalasHapus
  3. glek...seyem juga yak, total kopas

    BalasHapus
  4. Yang sabar ya Mas... :) Ini salah satu yang menambah nikmatnya ngeblog. Hehehe...

    BalasHapus
  5. wew.. parah juga yah.. saya aja klo kopas, saya kasih sumber n linknya he..he..

    BalasHapus
  6. Blogger yang sejati kayaknya gak akan melakukan yang namanya COPAS apalgi yang mentah-mentah dan tanpa menyertakan link sumbernya. Mudah-mudahan etika blogging bisa terus membudaya..dan mungkin ini bagian dari proses. Positifnya buat mas eko, orang biasanya copas dari sumber yang berkualitas mas. Mas eko lah sumber itu...he he he

    BalasHapus
  7. wah... artikle terbaru saya juga copyan nih... liat deh...

    BalasHapus
  8. hm,, pengalaman yang tak terlupakan,, tetap semangat mas ^^

    BalasHapus
  9. saya juga pernah ngalami hal begitu mas...cuma saya gak terlalu mempermasalahkan krn mungkin beliau sedang belajar ngeblog. cz di posting itu link blog saya masih terpasang..itung2 nambak back link..kwkwkwkw

    BalasHapus
  10. wah bahaya juga tu...
    tapi aq dengar2 katanya kalau kita kopi paste kayak gitu....mba goooglenya marah yah dengan memblack list bog kita...benar kagak sih....

    BalasHapus
  11. wah payah juga tuh orang...kagak kreatif bangat sih............

    BalasHapus
  12. owowowowowow
    pekerjaan yang kagak kreatif tu orang...................

    BalasHapus
  13. Beberapa postingan saya juga pernah secara mentah dicopas oleh blogger lain :( Huuuh.

    Itulah yang merusak citra blogger di mata sebagian kalangan. Duh, ini sebenernya masalah yg sepertinya gak bakalan hilang dari dunia jurnalistik.

    Watak pengen instan tanpa mau bersusah payah itulah pangkalnya :(

    BalasHapus
  14. WWah,, Bahaya juga yah mas.. Seenaknya maen kopi-paste.. padahal kita sebagai penulis bikin tuh Artikel sampe keringetan....

    BalasHapus
  15. Nasib-nasib ya mas.. :D

    BalasHapus
  16. sabar,,,, sabar,,,
    rilex-kan pikiran,
    tarik nafas yang dalam.... 1...2...3...
    keluarkan.....
    ulangi sekali lagi.
    hehehe
    mas eko jangan marah-marah ya, tar tambah pusing lho :D
    ya, orang di dunia ini kan beda2 watak dan karakteristiknya. mungkin dia emang berjiwa PlaGiaT, atau mungkin mau beken tapi dengan jalan pintas yang curang. cep cep cep :-t
    kita doain aja moga segera insyaf. ha ha ha :D
    setahuku kalo ada orang plagiat tu ada Undang2 tentang Hak Cipta deh. kalo blogger ada Undang2nya ga yaaaa??? hehehehe

    BalasHapus
  17. Klu buat saya sich, nggak pa2 tetapi maunya caranya lebih sopan. Minta izin dulu kek, atau kutip sebagian saja.

    BalasHapus
  18. wah masa sih kang....?, emang berbahaya yah kopi cet itu?, tapi saya lihat di kita emang banyak sih...hanya saja kadang yang lebih parah lagheee yaitu copy ket nya yang idenya itu loh...bukan kata katanya .....

    BalasHapus
  19. blogger kan juga bisa lebih hebat dari jurnalis..

    berarti tulisan mas eko ini hebat2 yah..

    BalasHapus
  20. ya maklom lah mas < tar lama lama juga nanti seiring perngalaman dan perkambangan juga ilang sendiri

    BalasHapus
  21. ""Saya mungkin benar waktu mengatakan bahwa blogger tidak kalah hebat dalam menulis dibanding para kolumnis koran. Karena itu blogger seharusnya tidak boleh diremehkan. Tapi perbedaannya, menjadi penulis bagus di blogosphere sangat beresiko jadi korban kopi-paste. Jadi, waspadalah, waspadalah..!""

    Weleh, kesannya koq gimanaaaaa gitu ya? Padahal saya cuma pengen bilang kalo kita total dan serius di blog, maka akan ada orang2 picik yang memanfaatkan kita dengan mengkopi-paste posting.

    Maaf, sama sekali tidak maksud menyombongkan diri. Asli lho. Itu hanya terbawa emosi saja. Sekali lagi maaf. :D

    BalasHapus
  22. Really awesome blog. I enjoyed reading this review from you. I found that you really update your site regularly that made me more interesting. I've bookmarked your site for my future use.

    Thank you
    sagar

    BalasHapus
  23. Wah.... gitu yach...
    Tapi tetap berkarya yach Mas.

    BalasHapus
  24. wah salut, berarti tulisan tersebut berkualitas, akan tetapi semoga tidak terjadi lagi dengan tulisan yang lainnya

    BalasHapus
  25. setuju sama om artha tuh berarti artikelnya keren

    BalasHapus
  26. setuju sama om artha tuh berarti artikelnya keren

    BalasHapus
  27. sama dengan beberapa komen di atas, ini artinya blog mas eko benar2 blog berkualitas sehingga banyak yang pengen punya artikel seperti punya mas eko.. tapi karena mereka adalah manusia berkualitas rendah, jadinya mereka main copas aja

    BalasHapus
  28. Kalo punya say dikopi pasti rugi yang Kopiipaste karena ga ada yang bermutu..hehehhehe

    BalasHapus
  29. Wahh.. Mungkin dia kehabisan ide mas Eko.. Karena dia dah malas Posting kalee.. :D

    BalasHapus
  30. Tetep semangat mas walopun udah jadi korban kopi paste..saya tetep dukung mas! Berkaryalah dan jadi lah blogger sejati..he2..(pesan dari junior mu).

    BalasHapus
  31. Kalau di Wordpress, sepertinya ada plug in untuk blog kita biar tidak dicopy paste, sudah saya install tapi belum saya aktifasi....; mungkin suatu saat....; susah memang Mas...; tapi ya fashobrun jamiilun... :)

    BalasHapus
  32. Itulah knapa otak orang kita jika di jual bisa laku keras alias mahal (karena masih fresh jarang buat berfikir).
    Saya juga punya fikiran untuk copas dari blog ini tapi masih takut kalau nanti otak saya cuma di hargai 1000perak, takutnya entar sama kayak otak udang yang cuma 1000/kilo, jadi tak batalin ngopasnya he...he..
    Jadi blogger mbok yao PD kayak aku ini walaupun blognya acakadul dul..dul...
    Ha...h..

    BalasHapus
  33. ""Saya mungkin benar waktu mengatakan bahwa blogger tidak kalah hebat dalam menulis dibanding para kolumnis koran. Karena itu blogger seharusnya tidak boleh diremehkan. Tapi perbedaannya, menjadi penulis bagus di blogosphere sangat beresiko jadi korban kopi-paste. Jadi, waspadalah, waspadalah..!""

    Weleh, kesannya koq gimanaaaaa gitu ya? Padahal saya cuma pengen bilang kalo kita total dan serius di blog, maka akan ada orang2 picik yang memanfaatkan kita dengan mengkopi-paste posting.

    Maaf, sama sekali tidak maksud menyombongkan diri. Asli lho. Itu hanya terbawa emosi saja. Sekali lagi maaf. :D

    BalasHapus
  34. seng sabar ae mas ecko,,, semua ada balasnya..

    BalasHapus
  35. hmm..gawat juga ya? tapi jujur aja..waktu pertama ngeblog,saya pernah melakukannya juga lho mas..
    tapi sekarang ga lagi ah..malu

    BalasHapus
  36. tinggal laporin aja ke admin nya sapa tau diusut :)

    BalasHapus
  37. saya juga suka copy paste tapi kalo blog bahasa Indonesia sie gak usah copy paste juga saya sudah jago ngibul hehehhehe...

    biasanya kalo blog bahasa Inggris aku copas dari beberapa sumber sekaligus dengan memberi links Nofollow buat yang aku copas...

    knapa no follow, gile aje gwe kan dah kasi links gratis hehehe... kalo masuk paid Review kan seharusnya gwe di bayar gde wat ngelink walo no follow... kcuali pay per post kali do follow hehehehe....

    Tapi saya gak berani copas blog bangsa sndiri kalo tau itu punya orang kita hehehe...

    paling punya om cosa juga buat inspirasi doang...

    lagian situs nya down mulu punya om cosa,,, skarang tinggal sub domainnya yang bertahan tah sampe kapan muncul kmbali....

    BalasHapus
  38. biasanya sie kalo gwe copas site berbahasa inggris dengan memberi link no follow, knapa harus no follow ya kalo do follow kan bukannya untung malah rugi...

    paid review aja kbanyakan no follow... itung2 terima kasi aja hehehe no follow sudah bagus.

    soalnya kalo gwe copas situs bahasa inggris paling banter 30%...

    udah gtu gwe ga pnah berani copas situs yang orangnya tau, ato orang Indonesia...

    Biasanya gwe copas situs gde yang emang sumber berita kayak CNN dll... hehehe...

    Kalo articles bahasa Indonesia sie gak perlu copas juga, gwe pinter banget ngibul...

    Coba lah kalo bikin blog bahasa Indonesia berkreasi sendiri, kuncinya suka gossip dan pinter ngibul... wkekekekeke...

    peace ah.....:D ;))

    BalasHapus
  39. Tenang aja mas, biar mbah Google yang urus, mbah Google kan tahu mana yang ori dan mana yang bajakan.. hehe

    BalasHapus
  40. Aku punya trik baru buat menjebak para plagiat. Mau?

    BalasHapus
  41. kita nikmati aja mas, saya juga benpendapat hampir sama seperti mas syahuri...
    yaahh... mending kita berbaik sangka kepada semua orang, dan yg terpenting adalah kita harus tetep berkarya selama sukma kita belum terlepas dari jari kaki kanan kita...
    thanks buat semua inspirasinya mas :)

    BalasHapus