Ini yang saya suka dari berjualan link lewat jalur bawah tanah: pembayarannya cepat! Tanggal 24 April saya terima email dari broker yang memberitahukan kalau dua blog saya dipilih advertiser untuk dipasangi link iklan. Keesokan harinya saya pasang link iklan itu di blog dan mengabari si broker. Eh, tanggal 28 April saya sudah terima kabar kalau si advertiser telah melakukan pembayaran ke akun PayPal saya. Hmmmm...

Seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, broker itu saya kenal dari Mas Tony Jauhari. Hebatnya, si advertiser mau membayar $30/pagerank. Berhubung dua blog saya masing-masing ber-PR3 dan PR1 (total 4), jadi total bayaran yang saya terima dari advertiser itu sebanyak $120. Lumayanlah, rasanya cukup untuk tambah-tambah modal menempuh hidup baru nanti. :)



Kecepatan pembayaran memang jadi poin plus lain dari jualan link lewat broker bawah tanah. Bila di Ask2Link saya mesti menunggu payment sampai bulan berikutnya, maka dengan broker ini cukup menunggu 4 hari saja. Tapi namanya juga pakai broker, tentu saja saya mesti membayar sejumlah komisi kepada si broker. Berapa? Tidak terlalu banyak koq, hanya 10% saja dari total payment yang saya terima dari advertiser. Komisi ini saya transfer sendiri kepada si broker lewat PayPal. So, kuncinya adalah kejujuran antara kita dan si broker.



Harapan saya sih, semoga saja bakal lebih banyak lagi link iklan yang diberikan oleh si broker ini. Amin. :))