Jujur saja saya bingung mau kasih judul apa. Tapi yang jelas kali ini saya mau bercerita tentang pengalaman pertama saya memperoleh tawaran (baca: dolar) dari salah satu broker jual-beli link underground. Sudah lama saya mendaftarkan diri pada si broker, tapi baru sekarang ada advertiser yang berminat pada blog-blog yang saya ajukan pada si broker alternatif ini.

Kalau sebelumnya saya sudah beberapa kali memperoleh bayaran dari jual-beli link via Ask2Link, maka kali ini saya memperolehnya dari broker underground. Disebut underground karena si broker ini bukan perusahaan atau situs yang membuka jasa secara terang-terangan, serta cara kerjanya juga invisible alias tidak tampak di permukaan. Ia hanya berhubungan via email dengan orang-orang yang sudah dikenalnya dari hasil rekomendasi.

Saya kenal si broker ini atas rekomendasi Mas Tony Jauhari. Kebetulan sekali waktu itu si broker sedang mencari banyak blog baru untuk ditawarkan pada advertiser yang ia kenal. Sayapun mendaftarkan beberapa blog yang sekiranya layak dijual. Tidak semuanya ber-PR tinggi koq. Ada salah satu blog yang malah cuma ber-PR1. Tapi saya pede saja mendaftarkannya pada si broker.

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan menunggu akhirnya ada juga tawaran untuk salah dua blog saya (ya, blog yang dapat tawaran dua). Si broker mengirim sebuah imel pendek saja. Isinya, "Hi, Congrats! Your blogs are chosen and here are your links:" plus dua buah link untuk masing-masing blog. Beda dengan situs broker jual-beli link macam Ask2Link, untuk jual-beli link bawah tanah macam ini link dari advertiser mesti kita pasang secara manual di bagian blog yang diinginkan oleh si advertiser.

Satu lagi, kalau di situs-situs jual-beli link kita hanya memajang link dengan anchor text tertentu yang pendek, maka kalau dalam transaksi dengan broker bawah tanah ini saya mesti memasang satu kalimat panjang. Nah, anchor text dan link-nya diselipkan di dalam kalimat tersebut sehingga tidak terlalu terlihat sebagai sebuah iklan link. Pesan dari si broker: Please copy and paste the whole sentence to your sidebar. So, seluruh kalimat mesti dikopi deh. :)

Kemudian di bawah instruksi dari broker, biasanya advertiser juga memberikan aturan-aturan ketat pada kita. Contohnya seperti yang saya dapat berikut ini:

Below is the instruction from the advertiser. Please read it carefully and do as instructed.

1. I need all the links to stay on sidebar for at least one year,
2. And I don't want any of the links to appear under a heading that says ads, sponsored links, sponsors, etc. I don't want anything that marks the links as an ad.
3. DO NOT add no-follow.


Ya, kesannya memang jauh lebih rumit dan lebih 'menakutkan' dibanding situs-situs jual-beli link. Jauh dari kata otomatis dan efisien, kita mesti melakukan semuanya secara manual. Cuma ada satu sisi baik yang menjadi kelebihan transaksi jual-beli link underground ini. Apa itu? Harganya tinggi-tinggi, Bro! Kalau di Ask2Link paling tinggi saya cuma dapat $8/blog sebulan untuk satu link, maka dari si broker ini saya dapat $30/PR. Gila, bukan? Kalau blog saya PR3, maka dari 1 blog tersebut saya bisa dapat $90. Itu baru 1 link lho. :)

Once done, please send me your paypal email address and please allow 5 working days for payment. The advertiser is paying $30 per PR...


Bagaimana? Asyik, bukan? Sayangnya, saya tidak berani memberikan alamat email si broker tadi di sini. Bukannya pelit, tapi saya juga dapatnya dari blogger lain dan tidak ada ijin untuk menyebar-luaskannya. So, mohon maaf ya. Tapi Anda bisa koq mencari broker-broker sejenis di forum-forum. Coba deh tanya sama Om Google yang serba tahu. :)