PERINGATAN: Apa yang dituliskan di sini bukan untuk ditiru atau dipraktekkan, tapi hanya sekedar untuk diketahui saja. So, tetaplah menjadi the good Indonesian paid review writer. Oke?


Apa yang membedakan SponsoredReviews dengan program paid review lainnya? Selain sistem bidding/lelang jobnya, satu hal yang sangat mencolok dari situs paid review yang satu ini adalah tidak ada mekanisme approval bagi review-review yang sudah ditulis member. Begitu review dimasukkan ke sistem SponsoredReviews--dengan cara men-submit alamat URL review, secara otomatis jumlah komisi di account Anda akan langsung bertambah tanpa harus menunggu persetujuan dari Admin terlebih dahulu.

Contoh, misalkan Anda mendapat job menulis review senilai $100 (Anda mendapat $65). Begitu review tersebut selesai Anda kerjakan dan disubmit ke sistem SponsoredReviews, maka account Anda akan langsung bertambah sebanyak $65 hanya beberapa saat setelah Anda menekan tombol "GO" di halaman di mana Anda harus mensubmit alamat URL review. Kalau Anda tak percaya, silakan buktikan sendiri dahulu baru melanjutkan membaca. Kalau Anda percaya, akan saya lanjutkan pembahasan ini.


Kondisi ini ternyata membuahkan celah yang dapat "dimanfaatkan" oleh member-member SponsoredReviews. Kata "dimanfaatkan" sengaja saya beri tanda petik karena memang berkonotasi ganda. Artinya, celah ini dapat dimaksimalkan untuk tujuan baik atau buruk. Bagi member baik-baik, kondisi ini bisa dimaksimalkan saat mendekati deadline pembayaran bonus. Satu atau bahkan setengah jam sebelum pembayaran bonus Anda bisa ngebut menggarap job yang masih tersisa agar dolar yang didapat lebih menggelembung. Bagi yang nakal, Anda bisa meraup banyak dolar tanpa menggarap satu review-pun. Nah, berhubung judul artikel ini adalah "Black Trick for SponsoredReviews", maka saya hanya akan mengupas sisi jelek yang bisa Anda "manfaatkan". Saran saya, jangan pernah praktekkan hal yang saya kemukakan di sini.

Serius, Anda bisa mendapat banyak dolar dari SponsoredReviews tanpa menulis satu review-pun. Tak perlu susah-susah menggarap job yang Anda dapat, Anda tetap bisa koq mengantongi 65% bagian Anda. Bagaimana caranya? Mudah saja. Begitu masuk ke member area, klik menu "Job in Progress". Lalu buka job yang ada. Di bagian paling bawah dari halaman deskripsi job ada kolom untuk mengisi alamat URL review. Di sinilah celah yang bisa Anda manfaatkan. Alih-alih menulis review dan men-submit alamat URL-nya, Anda bisa mengisi kolom tersebut dengan alamat URL fiktif dan tetap memperoleh bayaran. Tidak percaya? Coba saja sendiri. Tapi saran saya, jangan pernah bermain api kalau tidak ingin terbakar.

Update: Sistem SR sudah semakin canggih, jadi cara ini sudah tidak akan berhasil lagi. :)