Selamat datang di ...

07 Maret 2008

Oke, sesuai janji saya di posting sebelumnya, kini saatnya saya membagikan tips membuat blog tampil menonjol di antara ratusan blog lain di SponsoredReviews. Ini dia tips dari Jarrod Hunt yang saya sadur dari artikelnya di blog resmi SponsoredReviews:

1. Maksimalkan judul blog. Judul blog adalah poin kedua yang dilihat advertiser setelah harga. Anda akan memperoleh banyak job jika judul blog Anda menarik. Judul blog adalah etalase tempat Anda menjual blog. Berikut 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat judul blog lebih menarik.

  • Sebutkan kategori blog. Ingatlah bahwa advertiser lebih memilih blog yang relevan. Jika Anda menyebutkan kategori blog di judul dan itu sesuai dengan kategori yang diinginkan advertiser, maka blog Anda akan lebih diperhatikan. Tulislah, misalnya, "Tukul's Travel and Tourism Blog" daripada "Tukul's Personal Blog".

  • Sebutkan kelebihan blog. Jika blog Anda mempunyai banyak pembaca atau berperingkat tinggi, sebutkanlah kelebihan itu. Contohnya, "Tukul's Tourism Blog (PR6)" atau "Tourism Blog w/ 10,000 Readers!".

  • Buat judul sekreatif mungkin. Pancing minat advertiser dengan tulisan-tulisan menantang seperti "Tukul's Humor Blog-Great Reviews!" atau "Voted Best Humor Blog!" dan lainnya.
2. Coba keberuntungan dengan deskripsi menarik. Jelaskan mengapa advertiser harus memilih Anda di bagian "description". Apakah review Anda begitu istimewa? Apakah Anda memiliki banyak pembaca? Apakah Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu? Jelaskan semua kelebihan Anda agar advertiser memiliki alasan kuat untuk memilih Anda. Ini jadi lebih penting lagi jika Anda memasang harga tinggi.

3. Ini agak sensitif, tapi blog dengan nama domain sendiri lebih diperhatikan advertiser. Harus disadari bahwa masih terdapat salah persepsi di benak advertiser. Mereka menganggap blog dengan nama domain sendiri jauh lebih serius dibanding blog gratisan dengan alamat URL sepanjang kereta api. Padahal pada kenyataannya cukup banyak blog berkualitas meski gratisan. Tapi ingat kembali kalau advertiser menerima ratusan bid. Mereka tak punya cukup waktu untuk mengecek setiap blog satu per satu. Yang mereka lakukan hanyalah melihat statistik dan info yang terdapat di database SponsoredReviews. Lagipula www.ekonurhuda.com toh lebih keren kan dibanding www.eko-nurhuda.blogspot.com? Hehehe...

Oke, semoga rangkaian artikel ini dapat membantu Anda memperoleh job lebih banyak lagi dari SponsoredReviews. Tapi ingat, saran sebaik apapun tidak akan bermanfaat kalau tidak dijalankan. So, tindakan Anda yang lebih menentukan keberhasilan Anda.

Good luck!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

9 komentar:

  1. Tips yang menarik....Bung Eko ini sudah pantas digelari 'The SponsoredReview Guru' kali ini...
    :)

    BalasHapus
  2. 'The SponsoredReview Guru'??? Wah, Pak Dokter ini terlalu memuji. Wong saya juga baru mulai koq. :))

    BalasHapus
  3. yang point 3) nih yang mau aku ikuti. rencana 1 april mau pake costum domain juga.

    BalasHapus
  4. @ Faisal: Siplah, custom domain dulu gpp koq. Yg penting nama domainnya dah berubah lebih keren. Ya kan?

    BalasHapus
  5. Mas Eko,

    Sebelumnya saya baca blog lain mengenai paid review, tapi ternyata hanya diblog mas eko ini yang lengkap dan jelas. Saya jadi semakin bersemangat untuk terus meningkatkan rank blog saya supaya bisa kaya mas eko. Terus terang saya belum pernah dapat job satu pun. Tapi dengan membaca tulisan dari mas eko, saya yakin bisa dapatkan. You're really inspired me in paid review program.

    BalasHapus
  6. @ IRachmawati: Aduh, jujur saja saya jadi tersanjung berkali-kali (tidak cukup sekali lho) waktu membaca komen ini. Btw, jangan kaya saya dong, karena saya juga masih susah nyari job. Saling mendoakan aja, Oke?

    BalasHapus
  7. Paparan yang menarik sekali terutama untuk saya yang memang sedang mencari pencerahan bagaimana bisa mendapatkan beberapa dolar atas jasa penulisan atau review di blog. Tentu saja tulisan Mas Eko sangat membantu saja. Tambah semangat nih jadi penulis di blog.

    BalasHapus
  8. Thanks untuk penjelasannya mas, berguna sekali untuk saya yang baru di approve di Sponsored Reviews. Kalau bisa diulas juga program paid review yang lain seperti ReviewMe. Thanks.....

    BalasHapus
  9. om saya ingin sekali mendaftarkan blog saya di SR, tapi masih ragu2 apakah blog saya akan diterima oleh SR......tolong ya om dicheck....kira2 apkh blog saya berkompeten untuk diterima SR......ini alamat BLOG saya

    http://straighttokill.blogspot.com

    tolong ya om,bantuannya sangat saya harapkan sekali.

    thank's

    BalasHapus