Selamat datang di ...

08 Maret 2008

Pernah denger Wikimu.com? Ada yang pernah dan ada yang belum, pasti jawabannya begitu. Anyway, secara sekilas bisa dijelaskan kalo Wikimu adalah sebuah situs yang mengusung konsep citizen journalism. Apa itu citizen journalism? Kalo menurut Wikipedia sih begini definisinya:

Citizen journalism, also known as public or participatory journalism, is the act of citizens "playing an active role in the process of collecting, reporting, analyzing and disseminating news and information," according to the seminal report We Media: How Audiences are Shaping the Future of News and Information, by Shayne Bowman and Chris Willis. They say, "The intent of this participation is to provide independent, reliable, accurate, wide-ranging and relevant information that a democracy requires."

Jadi, secara mudahnya citizen journalism adalah suatu bentuk jurnalisme dimana publik atau masyarakat kebanyakan berperan/berpartisipasi aktif dalam proses pengumpulan, penulisan, analisa dan publikasi berita atau informasi.
Hal ini bertujuan untuk menyediakan informasi yang independen, terpercaya, akurat, dan relevan sesuai dengan tuntutan alam demokrasi. Ini terjemahan bebas, jadi kalau salah mohon dikoreksi ya.

Kembali ke soal Wikimu, situs ini adalah sebuah situs yang menampung segala macam tulisan sehubungan dengan konsep citizen journalism tadi. Siapa saja boleh menulis tentang apa saja. Tak ada batasan yang mengekang penulis sesuai dengan motto: Bisa-bisanya kita. So, bisa-bisanya kita mau menulis tentang apa saja. Bisa pengalaman ditaksir lawan jenis, tips menawar barang di Malioboro, cerita pendek, puisi, warung makan paling enak, tempat wisata paling asyik, atau berita hangat. Pokoknya suka-suka deh.

Selain saling sapa secara online, komunitas Wikimu juga sering mengadakan pertemuan offline alias kopi darat. Nah, kebetulan kemarin giliran member-member Wikimu di Jogja yang mendapat kesempatan untuk saling bertatap muka. Ya, siang kemarin selepas jum'atan acaranya dimulai. Saya tentu tidak mau ketinggalan. Begitu Mas Bayu, admin Wikimu, memberi info tentang gathering ini via SMS beberapa hari sebelumnya saya langsung membalas dan menyatakan turut serta. Wow, acaranya asli rame banget. Rugi deh bagi member yang gak datang.


Satu hari sebelum acara, Mas Bayu (jongkok paling depan dalam foto yang tidak jelas di atas) sempat meminta kesediaan saya untuk berbagi pengalaman dan tips seputar tulis-menulis di internet. Duh, bukannya seneng saya malah langsung kebelet pipis. Bagaimana tidak? Saya baru terjun aktif di dunia penulisan online 2 bulan ini. Jadi kalau disuruh berbagi pengalaman dan tips saya bingung apa yang mau disampaikan. Kedua, saya ini tipe orang pendiam sekali (serius lho). Berbicara di depan umum bukanlah keahlian saya dan saya seringkali susah mengontrol diri jika sedang berbicara di depan orang banyak. Akhirnya bicaranya jadi ngawur dan yang mendengarkanpun tidak paham. :))

Eh, untungnya koq para peserta terlibat dalam diskusi seru sekali sehingga saya tidak jadi berbicara. Malahan dalam diskusi super seru itu saya banyak diam. Maklum, yang hadir dedengkot dunia penulisan/jurnalistik semua. Editor inilah, editor itulah, atau paling kecil ya ngurus majalah kampus. Lha, saya ini siapa? Minder deh ceritanya. Alih-alih berbagi pengalaman dan tips, saya justru banyak menyerap ilmu dari member yang lain. Luar biasa! Saya harap Wikimu sering-sering mengadakan pertemuan di Jogja sehingga penulis pemula seperti saya ini punya ajang untuk menimba ilmu dari para senior yang jauuuuh lebih berpengalaman.

Anda belum pernah berkunjung ke Wikimu? Mulai sekarang Anda harus mengunjungi situs ini!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

3 komentar:

  1. saya baru aja menemukan situs wikimu dan ternyata seru juga...

    BalasHapus
  2. @Indonesia Articles: Halo juga. Terima kasih sudah berkunjung kemari.
    @Teacher's Diary: Wikimu emang seru. Makanya buruan gabung bersama kami. :) Salam kenal.

    BalasHapus