Selamat datang di ...

30 Maret 2008

Anda pernah dengan istilah guest blogging? Secara mudah istilah ini dapat dijelaskan seperti ini: seorang blogger mengundang blogger lain untuk turut mengisi blognya. Isi artikel terserah si blogger tamu yang diundang oleh si pemilik blog. Tapi biasanya antara blogger pengundang dan yang diundang memiliki kesamaan tema blog. Jadi pembaca masing-masing blog tidak kaget sewaktu membaca posting hasil karya blogger tamu undangan si pemilik blog. Kalau misalnya yang mengundang punya blog tentang blogging sementara rekan yang diundang punya blog tentang mancing, ya tentu saja gak bakalan nyambung.

Sepanjang sepengetahuan saya, Mr. John Chow adalah blogger yang sering mengundang rekan-rekannya sesama blogger untuk turut menulis posting di blognya. Coba lihat contohnya di sini, di mana seorang rekan Mr. John Chow menulis tentang cara-cara meningkatkan trafik blog. Atau lihat juga ini, di mana Alex Shalman membagi tipsnya dalam mencari lebih banyak uang di internet kepada pembaca blog Mr. John Chow. Bahkan Alex Shalman tidak hanya sekali itu saja menulis untuk JohnChow.com. Coba lihat daftar artikelnya yang pernah dipublikasikan JohnChow.com di sini.


Selain Mr. John Chow, Darren Rowse pemilik Problogger.net yang fotonya dengan cek Google AdSense senilai puluhan ribu dolar sempat beredar luas di kalangan pemburu dolar juga sering mengundang guest blogger untuk menulis di blognya. Blogger asal Australia ini dalam blognya mengungkapkan tiga hal mengapa guest blogging bagus bagi sebuah blog. Pertama, keuntungan bagi blogger tamu karena bisa memasuki pembaca (baca: pasar) baru. Keuntungan kedua adalah milik blogger pengundang karena tulisan blogger tamu dapat memberikan perspektif berbeda pada topik yang dibahas. Hal ini tentu saja memberikan nuansa berbeda bagi pembaca blog yang sekaligus merupakan keuntungan ketiga. So, tegas Darren Rowse, guest blogging itu konsepnya win-win solution. Semua pihak (pemilik blog, blogger tamu dan pembaca) akan memperoleh keuntungannya masing-masing.

Dalam eBooknya yang berjudul 'Make Money Online with John Chow dot com' dan sempat pula saya bagikan di blog ini, Mr. John Chow berkata bahwa guest blogging adalah salah satu cara untuk mempererat persahabatan antar blogger. Dan yang jelas blogger yang diundang akan mendapat keuntungan dari segi linkback dan popularitas, dengan catatan blogger pengundangnya memiliki blog berperingkat lebih tinggi. Sebaliknya, bila blogger tamunya yang lebih terkenal tentu saja blogger pengundang akan kecipratan bekennya. Iya kan? Pendapat ini senada dengan apa yang ditulis dalam NorthXEast.com yang menyatakan bahwa guest blogging adalah jalan lain untuk memperoleh audien baru sekaligus meningkatkan trafik dan linkback.

Nah, tradisi yang sangat bagus sekali untuk menciptakan suasana (persaingan?) sehat di kalangan blogger ini rupanya tidak atau belum populer di mata blogger Indonesia. Saya belum menjumpai aktivitas guest blogging di blog-blog Indonesia. Taruh kata Cosa Aranda menulis di Isnaini.com punya Mas Is atau sebaliknya. Kenapa ya? Yang ada justru blogger-blogger tidak sopan yang hobi meneror pemilik blog dengan komentar-komentar menyudutkan bahkan cenderung menjatuhkan seperti Mr. Anonim yang pernah menyerang saya beberapa waktu lalu.

Bukannya kebetulan kalau kemudian saya mencanangkan bulan April ini sebagai Guest Blogging Month. Artinya, saya akan menurunkan artikel-artikel kiriman rekan-rekan blogger yang telah saya undang untuk menulis di sini. Ya, beberapa rekan blogger sudah saya undang via email. Sebagian sudah menjawab undangan saya meski jawabannya terbagi tiga antara 'iya', 'tidak' dan 'ragu-ragu'. Sementara sebagian lagi masih sibuk sehingga belum sempat merespon. Mau atau tidak itu jelas pilihan mereka dan saya tidak akan berkomentar macam-macam. Tapi saya tidak membatasi aksi ini hanya pada rekan-rekan yang sudah diundang saja. Artinya, siapapun Anda yang membaca posting ini dan berminat untuk turut serta dalam aksi mempopulerkan guest blogging di Indonesia ini silakan kontak saya. Saya tidak akan pilih-pilih. Mau blog WP atau Blogger, mau blog pro maupun yang masih gratisan, semuanya saya undang. You're totally invited.

Guest blogging, istilah asing ini menurut saya perlu sering-sering dipromosikan supaya kian populer. Karena saya sadar diri masih newbie dan belum populer, maka saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk turut serta mempopulerkan istilah ini serta menggalakkan aksi seperti ini bersama rekan-rekannya. Jangan lupa, kalau Anda berminat mengisi EkoNurhuda.com di sepanjang bulan April ini, saya menantikan tulisan Anda.

Itu saja. Semoga ada gunanya.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

2 komentar:

  1. Kapan ya sy bisa di-invite jadi guest blogger di blog ini?
    BTW, Mas Ecko terpilih tuh jadi TOP KOMENTATOR di Asta Qauliyah bulan Maret dan berhak atas $5 USD.
    Mau? Invite dulu dong......
    :))

    BalasHapus
  2. @ AstaQauliyah: Bro, everyone's invited. So, kalo Bro AQ gak terima undangan itu karena saya gak tahu gimana cara ngontaknya. Btw, mau dong $5-nya. Thanks lho.. :p

    BalasHapus