Sejak magang di Harian Jogja saya memang kerepotan mencari waktu untuk online. Kalau dulu bisa 'mengudara' hingga berjam-jam di dunia maya, maka sekarang waktunya super duper terbatas. Bisa konsentrasi ol dalam sejam saja sudah merupakan berkah luar biasa bagi saya. Tapi semenjak kejadian tidak diinginkan kemarin, rasanya saya harus pintar-pintar menyempatkan diri untuk ol dan ngeblog

Kemarin siang, saat saya sedang ditelpon seseorang, masuk panggilan dari rekan Badoer. Wah, tumben-tumbenan, kata saya dalam hati. Berhubung pembicaraan sebelumnya belum selesai, panggilan dari rekan Badoer saya abaikan dulu. Eh, ternyata panggilannya tak hanya sekali. Saya langsung membatin, pasti ada apa-apa nih. Tapi berhubung pembicaraan sebelumnya belum selesai, saya tidak bisa menutup telpon dan ganti mengangkat panggilan dari rekan Badoer. Tanggung.

Setelah beberapa kali menelpon dan tidak bisa saya angkat, akhirnya rekan Badoer berhenti memanggil. Tapi tak lama kemudian ganti Bang Zalukhu yang menelepon. Sebuah SMS juga masuk. Walah, pasti ada sesuatu yang tidak beres, kata saya membatin. Beruntung sekali tak lama kemudian telepon sebelumnya sudah selesai sehingga saya bisa langsung menerima panggilan Bang Zal.

Kabar dari Bang Zalukhu cukup mengejutkan. Katanya blog saya disusupi orang tak bertanggungjawab. Penyebabnya, akun Blogger (email dan password) rekan Badoer yang merupakan guest blogger blog ini dicuri penjahat cyber. Bahasa bekennya sih pishing. Alhasil, si pencuri data itupun dengan leluasa bisa masuk ke dashboard saya dan mempublikasikan posting menyesatkan atas nama rekan Badoer. Isi posting itu sendiri bisa sangat merugikan jika link yang disertakan di dalamnya diklik.

Bagaimana bisa merugikan? Pasalnya link di dalam posting tersebut adalah situs yang tampilannya mirip sekali dengan Blogger. Sekali Anda memasukkan username dan password Blogger di situs pishing itu, maka habislah akun Blogger Anda. Kalau tidak cepat-cepat diganti username dan password-nya, besar kemungkinan akun tersebut akan diambil alih oleh oknum pembuat situs pishing tadi. Setelah memiliki akun Blogger Anda, si penjahat cyber ini dengan leluasa bisa mengacak-acak blog Anda.

So, selalu berhati-hati sebelum memasukkan username dan password di situs manapun. Selalu perhatikan alamat URL-nya. Bila alamatnya tidak sama dengan yang biasanya, maka lebih baik jangan pernah login. Oke?