Mungkin karena lagi suntuk dan gairah sedang menurun, beberapa hari belakangan saya jadi sering mengunjungi YouTube. Biasa, cari-cari video menarik. Eits, jangan berpikiran macam-macam dulu ya. Yang saya cari video The Beatles koq. Itu lho, band legendaris yang sampai sekarang masih memiliki banyak penggemar setia di seluruh dunia. Band yang disebut-sebut sebagai revolusioner musik dan bahkan sempat pula menginspirasi grup kondang Indonesia, Koes Bersaudara aka Koes Plus.

Saya sudah dengar nama The Beatles sejak dahulu kala. Yah, sekitar umur-umuran SMP atau SMA gitu deh. Tapi hanya sebatas tahu nama saja. Suatu waktu pas saya beli CD lagu-lagu kenangan untuk Ibu tercinta ternyata ada 2 lagu The Beatles di CD tersebut, yakni "Hey Jude" dan "And I Love Her". Itulah pertama kali saya dengar lagu The Beatles. Ternyata koq lagunya enak juga ya? Kebetulan sekali beberapa waktu kemudian adik saya beli kaset "The Beatles 1" yang berisi lagu-lagu hits grup asal Liverpool itu. Sejak saat itu saya jadi makin kesengsem sama The Beatles.

Sebagaimana penggemar lainnya, selanjutnya saya rajin menghapal lagu-lagu The Beatles. Yang pertama kali saya hapal adalah "She Loves You". Lagu ini paling saya senangi karena dulu jadi penyemangat waktu lagi pedekate sama tunangan yang sekarang. Tiap kali merasa down dengan sikap si "target", langsung deh saya nyanyi "She Loves You" biar semangatnya naik lagi. Hehehe... Tapi dari album The Beatles 1 lagu yang paling saya sukai adalah "Penny Lane" sama "All You Need Is Love".

Nah, pas lagi buka YouTube langsung deh saya cari video-video The Beatles. Busyet, ternyata buanyaaaaak banget! Hmmm, jadi kesibukan baru nih. Cuma jeleknya di warnet langganan saya tidak ada flash, jadi ya saya tidak bisa langsung tahu mana video yang bagus atau abal-abal. Terpaksa deh saya download beberapa video sekaligus untuk satu lagu, tar di rumah baru disortir. Lumayan menguras energi juga. Tidak terasa, sampai sekarang sudah terkumpul lebih dari 30-an video. Mulai dari rekaman live show dan video klip hitam-putih ala film Charlie Chaplin, sampai video konser terakhir mereka yang menghebohkan di atas atap Apple Building di 3 Savile Row, London, pada 30 January 1969. Wah, ternyata masih banyak yang belum saya ketahui tentang The Beatles untuk dapat disebut sebagai Beatlemania.

Sebagai band legendaris dunia, saya yakin di Jogja ada komunitas penggemar The Beatles. Waktu saya cari di Google tersembul nama Beatles Jogja Community (BJC). Tapi penelusuran lebih lanjut tentang komunitas ini tidak membuahkan hasil. Tidak ada forum, tidak ada situs, dan juga tidak ada blog atas nama Beatles Jogja Community. So, siapakah di antara teman-teman pembaca yang juga penggemar The Beatles? Saya sedang mencari banyak informasi tentang John Lennon, dkk. plus komunitas penggemar The Beatles di Jogja nih! Tolong bantu saya ya? Terima kasih sebelumnya.