Selamat datang di ...

26 Desember 2008

Hanya tinggal 4 hari lagi tahun 2008 akan segera berakhir. Tanpa terasa ternyata sudah setahun umur blog ini. Kebetulan sekali saya membuat blog ini pada tanggal 1 Januari 2008, jadi setiap tahun baru bertambahlah usia blog ini. Setahun mungkin belum terhitung lama, tapi sudah begitu banyak cerita yang dihadirkan blog ini untuk saya. Cerita yang tentunya akan jadi kenangan manis bagi saya. Kenangan-kenangan manis itulah yang akan saya bagikan pada teman-teman sebagai posting penutup di tahun 2008 ini.

Proses pembuatan blog ini boleh dibilang cuma iseng semata. Sebagian faktor lain adalah karena latah alias ikut-ikutan. Akibatnya, saya ngeblog hanya sekedar ngeblog saja. Tanpa konsep, tanpa perencanaan, dan tanpa target apapun. Di tengah perjalanan barulah saya mengerti kalau ternyata blog bisa dijadikan sebagai sarana mengais rejeki sekaligus menjalin persahabatan dengan sesama blogger di seluruh Indonesia. Maka jadilah EkoNurhuda.com seperti yang sekarang ini.


Sejarah Eko Nurhuda dot com

Cerita pembuatan blog ini berawal dari bulan Agustus 2007. Waktu itu saya punya blog yang beralamat di www.eko-sudjarwo.blogspot.com. Blog ini saya niatkan sebagai blog pribadi tempat saya menuliskan catatan-catatan pribadi dan akan saya jadikan sarana berkenalan dengan sesama blogger lainnya. Suatu hari saya iseng mendaftarkan blog tersebut di Blogsvertise dan SponsoredReviews. Di luar dugaan saya koq ternyata diterima, terus beberapa waktu kemudian malah dapat job. Ya sudah, mau tidak mau saya isi juga blog tersebut dengan review berbahasa Inggris. Dipikir-pikir, akhirnya saya malah menjadikan blog tersebut sebagai blog berbahasa Inggris biar tidak campur-campur bahasanya.

Pergantian bahasa tersebut mulanya tidak saya ambil pusing. Tapi lama-lama koq ada rasa tidak enak sama teman-teman yang blognya saya kunjungi. Kenapa tidak enak? Karena saya terkesan hanya mencari trafik. Lha wong blog berbahasa Inggris koq mainnya ke blog berbahasa Indonesia? Ya sudah, daripada ribet saya buat saja satu blog lagi tepat di malam 1 Januari 2008. Blog tersebut beralamat di www.eko-nurhuda.blogspot.com dan saya beri titel "Segalanya tentang SponsoredReviews". Sok banget deh pokoknya, padahal waktu itu saya juga baru tahu SponsoredReviews. Hahaha...

Sesuai dengan titelnya, posting-posting blog itu menceritakan pengalaman-pengalaman saya selama menjalankan program SponsoredReviews. Mulai dari cerita mendapat payment pertama, mendapat job seharga $10/review untuk pertama kali, pengalaman songong memperoleh $12.68 hanya dalam waktu 1 jam dengan menulis beberapa review, sampai obral penghasilan di bulan pertama ngeblog. Pokoknya lucu deh kalau saya membaca-baca posting-posting lama itu. Buntut dari menulis posting-posting tentang SponsoredReviews, saya malah dianggap jagonya program paid review. Duh Gusti, koq jadi begini sih? Akhirnya karena tidak tahan menerima bejibun email yang masuk tiap hari menanyakan tentang SponsoredReviews, sayapun mengubah titel menjadi seperti yang sekarang.

Custom Domain & Pagerank 4

Seiring berjalannya waktu, saya jadi belajar banyak tentang paid review dan program online earning lainnya. Dari sana saya tahu kalau blog dengan nama domain sendiri lebih mudah dapat job ketimbang yang masih pakai embel-embel blogspot. Maka sayapun membeli nama domain tepat di Hari Valentine, 14 Februari 2008. Karena saya penggemar berat Cosa Aranda, saat membeli nama domain saya tidak mau neko-neko dan langsung memilih EkoNurhuda.com. Mulanya sempat was-was tidak dapat karena nama saya sangat pasaran sekali. Tapi untunglah nama domain ini berhasil saya dapatkan.

Atas dasar penghematan, saya hanya melakukan custom domain untuk blog ini. Jadi saya cukup membeli nama domain dan hostingnya boleh tetap numpang di Blogger. Lumayan. Biarpun cuma numpang, tapi kan numpangnya sama Blogger yang sudah terbukti keamanannya. Proses peng-custom domain-an blog ini dibantu 100% oleh Om Agus. Sebelumnya saya sudah diberi arahan sama Oom, tapi entah kenapa koq tidak bisa-bisa. Ujung-ujungnya Oom sendiri yang login ke akun Blogger, control panel domain dan DNS Park saya untuk melakukan pengaturan DNS setting. Dan custom domain sukses dilakukan tepat pada tanggal 25 Februari 2008. Thank you so much, Om.

Tidak seperti harapan saya, ternyata dengan memakai nama domain sendiri tidak serta-merta membuat blog saya kebanjiran job paid review. Saya malah mesti mendaftar ulang karena oleh sistem situs-situs paid review dianggap sebagai blog baru. Akibatnya penghasilan saya jeblok, turun menjadi lebih dari separuh penghasilan di bulan Januari 2008. Bulan Maret makin jeblok lagi yang membuat saya tidak pernah lagi mengekspose penghasilan setiap bulan. Tapi efek lainnya, saya dapat dengan mudah membangun branding. Nama domain yang simpel dan sama persis dengan nama membuat saya lebih mudah memperkenalkan blog ini di manapun dan kapanpun saya sempat. Mulai dari blogwalking, chatting, di forum-forum, sampai di akhir artikel yang saya kirim ke situs-situs artikel directory.

Berkah lain yang saya terima dari mulai digunakannya nama domain sendiri adalah pemberian pagerank 4 oleh Google. Ya, siapapun boleh tidak percaya kalau blog baru yang sepi pengunjung seperti EkoNurhuda.com ini bisa memperoleh pagerank 4 hanya dalam waktu 2.5 bulan saja. Meskipun kemudian turun menjadi pagerank 3, namun pencapaian tersebut benar-benar pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Sejak itu pula saya sadar bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin kalau kita mau bersungguh-sungguh. Eits, nyambung gak sih statement-nya? Hehehe...

Itu saja untuk bagian pertama. Tunggu cerita-cerita lainnya di bagian kedua nanti ya...


« Selanjutnya
Sebelumnya »

33 komentar:

  1. Wow........ hihihhihihi...... tiap blog itu ada kenangannya yah..... Jadi gimana gitu klo nginget-nginget....... heuheuehuehuehue....... Kapan yah blog ku genap setahun........ :D

    BalasHapus
  2. sip mas, semoga makin dewasa makin lancar earningnya (halah komengpun masih bawa2 duit)

    ditunggu seri ke-2 nya mas

    BalasHapus
  3. wah wah wah mas eko lagheee flashback yah...wah mantaff mas, sama dengan ceritanya dengan saya saat ini.

    BalasHapus
  4. jangan lupakan ardyansah dot com deh pokoknya. OOT ya? kekekeke

    BalasHapus
  5. ternyata sama,,, awalnya cuma iseng2 bikin blog tapi ternyta jg sama,, bisa menghasikan,,, ;))

    BalasHapus
  6. setahun ga terasa ya..
    nunggu jilid 2 nih

    BalasHapus
  7. Wah... keren nih... gimana ya caranya dapat PR 4 dalam 2.5 bulan itu???

    BalasHapus
  8. D tnggu klanjutn kisah na he..he..

    BalasHapus
  9. hem sejarahnya mantap nui,saya jadi pengen punya domain sendiri..

    BalasHapus
  10. Perjalanan setahun mah lom lama om ecko,,,tapi kok kelihatannya om ecko lagi kurang semangat ya cari online earnings?..he..he..tetap semangat dong,,

    BalasHapus
  11. Wah.. keren perjalanannya.. kalo blog saya di penghujung tahun ini malah baru asik-asiknya belajar jalan mas :D

    BalasHapus
  12. memang TOB BGT deh mas eko, sukses untuk blog nya yah mas :)

    BalasHapus
  13. wah tanggal satu ada party dong nih

    BalasHapus
  14. Moga-moga tambah sukses yaaa
    aminnn

    BalasHapus
  15. Para master pada ngomongin tentang akhir tahun ni :D Tambah keren aja para master2 seperti mas Eko ini :)

    BalasHapus
  16. selamat tahun baru..dan sukses blognya

    BalasHapus
  17. sejarah yang tak terlupakan.. :D berarti sebentar lagi ultah nih blog mas Ecko, gak ngadain kontes ?

    BalasHapus
  18. hoho,, m,,klo gtu mau ucapin met ulang tahun ah buat ekonurhuda[dot]com hehe,,, takutnya tar lupa lagi hoho...

    wah baru ngeblog beberapa bulan udah bisa hasilin ijo2 keren mas :D

    kapan yah saya bisa kaya gtu hoho,,

    BalasHapus
  19. @ Syamsul Alam: IYa, pasti ada kenangannya lho...
    @ Ekkei: Amin. Thanks ya...
    @ Harry: Iya nih, Mas. Lagi bernostalgia.
    @ Mantan Kyai: Saya ingetnya yg suka joget2 di shoutbox itu. Siapa ya dulu itu? :))
    @ Hakimtea: Hehehe, iseng2 berhadiah.
    @ Yudi: Iya, gak kerasa banget.
    @ Hangga Nuarta: Wah, waktu itu saya juga bingung lho. Koq bisa ya?? :D
    @ Hryh77: Oke, tunggu ya...
    @ Sandy: Ayo, beli...
    @ Giredo: Lha, saya kan juga bilang belum lama? :))
    @ Ipung: Wah, Mas Ipung sukanya selalu saja merendah.
    @ harianku: Thanks, Mas...
    @ Zalukhu: Ada, banyak malah. :))
    @ iBnu: Thanks ya...
    @ NdesO: Master? Silakan baca jilid kedua ya?
    @ thevemo: Thanks, Bro...
    @ Hawee: No contest, I'm so sorry. Lagi sibuk magang nih. :D
    @ shedtya: Thanks ya...

    BalasHapus
  20. Wah menarik sekali kisahnya mas..

    ditunggu kelanjutannya ya... :D

    asyik nich nongkrong di "rumahnya" mas Eko. ;)

    BalasHapus
  21. Ecko: "...Btw, kalo mo convert file flv ke format video yg bisa diputar di DVD player rumahan gimana ya?..."


    Hangga: "Pake Total Video Converter aja Mas... Semua jenis video bisa diconvert.

    Download disini: http://www.effectmatrix.com/total-video-converter/"

    BalasHapus
  22. Perjalanan yang sgt panjang ya..hehee

    BalasHapus
  23. untungnya masih dapet ekonurhuda.com ya mas, kalo udah di register orang laen kira2 beli domain apa..;)) mungkin ekonurhuda2.com =))

    BalasHapus
  24. wah domainnya udah lama juga yah dibanding domain saya

    BalasHapus
  25. Catatan Pendek dengan Penghasilan Panjang;
    Penghasilan Ilmu, Pengalaman dan Finansial tentunya. Selamat dech, buat mas ecko.

    BalasHapus
  26. klau saya, catattan akhir kuliah aja dah.

    BalasHapus
  27. blogku dah mulai sepi PTR, apalagi sekarang PR-nya digebug google jadi 0 lagi.

    BalasHapus
  28. nggak heran blog ini sempet dapet PR4, barusan saya liat di feedjit blog ini punya backlink dari wikipedia :)

    salut mas!

    BalasHapus
  29. Saya pernah dapat PR 5, bertahan sekitar 4 bulan dan akhirnya jadi PR 0 sekarang. Mungkin karena saya sudah ganti domain dari blogspot ke domain sendiri.

    BalasHapus
  30. @ Maulana Malik: Thanks, Mas.
    @ Hangga Nuarta: Thanks, Bro...
    @ Debrian: :D Masih belum seberapa koq.
    @ Uwanz: Iya tuh, untung aja.
    @ Reza Fauzi: Kalo domainnya belum ada setahun. Blognya yang udah setahun pas tgl 1 Jan besok.
    @ Munawar AM: Ah, Kang Nawar bisa aja.
    @ Hendra: Kaya judul film aja ya?
    @ Bob: Oya? Saya koq malah baru tahu ya?
    @ Sofwan: Alhamdulillah punya saya awet di angka 3. :D

    BalasHapus
  31. maz untuk sponsoredreviews menerima blog gratisan ga ya?harus domain sendiri ya?

    BalasHapus
  32. Mas eko kok Foto luna maya jadi berbulu?? hahah....

    BalasHapus
  33. wah, saya juga banyak belajar neh dari bang ecko... semoga tahun depan tambah gede neh penghasilannya

    BalasHapus