Selamat datang di ...

28 Desember 2008

Setelah menggunakan nama domain sendiri dan memperoleh pagerank 4, saya semakin pede sebagai blogger. Pede di sini bukan berarti saya sok hebat lho. Apa yang saya rasakan setelah itu adalah bahwa saya yakin saya bisa menjadi seorang blogger, dan saya semakin bulat tekad untuk bisa hidup dengan penghasilan dari blog seperti yang dilakukan Liew Cheon Fong ataupun Mas Duto. Meskipun niatan ini bakal menemui banyak sekali hambatan di masa mendatang, saya rasa semua itu hanyalah tantangan yang mesti ditaklukkan. Wuih, kepedean gak sih? :)

Nah, dengan maksud memperbanyak sumber penghasilan maka saya membuat blog baru lagi. Kebetulan waktu itu Piala Eropa 2008 semakin dekat, maka sayapun membuat sebuah blog bola yang diberi nama Bolanisti. Karena konsep awalnya tidak jelas plus kurang matang, saya terjebak menjadikan blog tersebut sebagai situs berita bola. Bagaimana tidak? Lha wong isinya cuma posting tentang prediksi dan laporan hasil pertandingan saja koq. Saya lalu jadi jenuh. Dan tidak sampai dua bulan kemudian Bolanisti.com saya parkir di NameDrive.


Ebook Pertama yang Bikin Kisruh

Sejak awal mula ngeblog saya sudah punya rencana untuk menulis ebook. Hal ini didorong oleh begitu terbatasnya ebook berbahasa Indonesia yang membahas mengenai blog, blogging, dan juga make money blogging. Tema pertama yang ingin saya angkat adalah tentang SponsoredReviews. Saya ingin membuat satu ebook panduan tentang program ini. Namun draft yang sudah saya tulis sejak Januari 2008 tidak kunjung bisa terselesaikan. Saya malah asyik menggarap ebook panduan custom domain Blogger. Ada dua alasan kenapa saya menulis ebook tersebut. Sayangnya alasan kedua bisa jadi menyinggung perasaan seseorang yang telah sangat berjasa pada saya, jadi cukup alasan pertama saja yang saya kemukakan.

Alasannya adalah: waktu itu saya baru saja sukses melakukan custom domain. Kesuksesan tersebut saya tulis dalam sebuah posting yang ternyata mendorong beberapa blogger lain untuk turut meng-custom domain blognya. Sejumlah email berisi permintaan memandu langkah demi langkah melakukan custom domain saya terima setiap hari. So, daripada repot menjawab semua email tersebut, saya tulis saja panduannya dalam bentuk ebook. Jadilah ebook "Panduan Custom Domain Blogger" yang saya bagikan gratis. Eh, pada waktu launching saya melakukan kesalahan yang membuat seseorang tersinggung dengan pernyataan saya di posting tentang ebook tersebut.

Kesalahan itu saya perparah dengan kesalahan kedua: terlalu emosional menanggapi ketersinggungan si orang tadi. Alhasil, komentar di posting tersebut hanya berisi saling kecam saja. Untung saja ada Mas Ipung yang memberi komentar menyejukkan sehingga saya bisa rileks. Dengan sangat menyesal saya meminta maaf pada pihak-pihak yang telah saya ajak "bertengkar". Alhamdulillah, merekapun memaafkan saya dan hubungan kami tidak ada masalah sampai sekarang. Thanks a bunch, Mas Ipung. Kalau saja tidak ada komentar Mas Ipung, bisa-bisa sampai sekarang saya tidak akan pernah berhubungan dengan orang-orang luar biasa itu. :D

Ebook Kedua yang Membuat Serba Salah

Setelah melihat sambutan terhadap ebook "Panduan Custom Domain Blogger", saya kembali bersemangat untuk menggarap ebook panduan SponsoredReviews yang sudah terlantar selama beberapa bulan. Karena sangat bersemangat, ebook tersebut berhasil saya selesaikan dalam waktu sekitar 2 minggu saja. Waktu 2 minggu itu sudah termasuk untuk pencarian bahan seperti referensi dan screenshot, juga penulisan naskahnya. Dan yang mengherankan bisa selesai juga. Saya sendiri tidak percaya bagaimana bisa saya selesaikan ebook tersebut secepat itu. Padahal sampai sekarang saya susah sekali kalau disuruh menyelesaikan tugas dari kampus (yang jauh lebih sedikit halamannya).

Begitu selesai, ebook yang saya beri judul "Panduan SponsoredReviews untuk Pemula" itu juga saya launching di blog ini. Tidak mau kejadian seperti saat launching ebook pertama terulang, saya hanya menulis pendek saja sebagai pengantar launching ebook yang kedua. Alhamdulillah, sambutan teman-teman terhadap ebook tersebut cukup menggembirakan. Berdasarkan catatan Ziddu, ebook tersebut sudah di-download sebanyak 626 kali sampai terakhir kali saya cek (saat menulis posting ini). Ini baru catatan saya. Saya yakin jumlahnya lebih banyak lagi karena beberapa teman seperti Mas Ronggo, Ades Hendra, Dunia Download, dan bahkan Pakdhe Sumintar juga turut menyebarkan ebook ini.

Beberapa bulan setelah ebook "Panduan SponsoredReviews untuk Pemula" tersebar, terjadi hal yang tidak saya harapkan. Apa itu? Saya (lagi-lagi) dianggap sebagai jagonya paid review, terutama SponsoredReviews. Walah, apalagi ini? Ukurannya apa koq saya sampai dibilang master paid review? Kalau diukur dari penghasilan, jelas penghasilan saya masih kalah jauh dari para master paid review yang sesungguhnya seperti Mas Toni Jauhari, Mas Sandy, Mas Windra, ataupun Bro Indra Diky. Lha wong penghasilan saya masih berkutat di angka 3 digit dan belum pernah menyentuh 4 digit koq. Kalau cuma gara-gara menulis ebook lantas saya dibilang master, bisa-bisa saya tidak pernah mau menulis ebook lagi deh.

Waktu saya ceritakan kerisauan ini pada Bang Zalukhu, dia malah bilang "Nikmati saja". Walah, orang saya itu paling tidak senang dengan popularitas dan hal-hal berbau glamor koq disuruh menikmati? Kalau memang saya suka dengan ketenaran, mungkin sudah sejak dulu saya ikutan casting sinetron atau audisi Indonesian Idol. Hehehe...

Sudah habis ceritanya? Belum. Saya masih menyimpan bagian ketiga yang akan menjadi posting penutup di tahun 2008 ini. So, tetap datang lagi ya.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

24 komentar:

  1. semoga taon depan semua lebih sukses mas :)

    BalasHapus
  2. ee...tepi bener looh mas, kalo saya nanya ke temen2, gimana si paid reveiw tu...ujung2nya disuruh nanya ke mas Ecko...tuuu...brarti emang jadi narasumber ngetop d (kalo ga mo dibilang 'master' hehehe). Wah..jadi penasaran nunggu part 3 nya niii....postingnya kapan? pas detik2 taon baru yaaah?

    BalasHapus
  3. baca mbil senyum2, menarik sekali :-D

    lanjutt..menyimak terus mas

    BalasHapus
  4. semoga tahun 1430 H bisa lebih baik..
    hidup persib

    BalasHapus
  5. menunggu akhir dari trilogi ini
    he3x... :D

    BalasHapus
  6. Hehehe saya bilang juga Nikmati Aja ko.....
    Kalau segala sesuatu dijadikan beban, ya ntar ngeblognya terganggu hehe.... tapi perjalanan blog ini menuju 1 tahun di mata saya sudah sangat manthap kok, tinggal bagaimana maintanance dan inovasi2 baru yang disajikan bagi pengunjung.... Oh yah satu pengumuman nih bagi pengunjung ekonurhuda.com, blog ini bukan milik saya heheh tapi milik sahabat saya yang suka pakai nick Ecko tuh. ...

    BalasHapus
  7. [Sambil] Senyum.... kadang bila kita mempublikasikan sesuatu dan hal itu dinilai bermanfaat bagi orang lain, kita akan "mulai" dianggap sebagai master... So, bener kata mas Zalukhu.. Nikmati saja... sambil terus asah kemampuan...
    Sukses ya Mas Echo....

    BalasHapus
  8. saya boleh ikutan mendongkrak angka download ebooknya mas? atawa ada ebook lain? kalau yang ini kan jelas bukan "ebook zampah".... ehhh siapa tahu di catatan tahun depan masuk nominasi untuk dinarasikan di dalem post.

    BalasHapus
  9. Catatan akhir tahun yang penuh kenangan :)

    BalasHapus
  10. oh, pernah bikin ebook tentang sponsoredreviews ya? ambil ah...

    BalasHapus
  11. Wew.. Msih ad klanjt'n na ya..? D tnggu sekuel k3 na he..he..

    BalasHapus
  12. semoga renungan ini bisa membawa kita semua untuk saling bersama dan saling memahami...ayo mas eko tulis terus e-booknya :D

    BalasHapus
  13. wew...semakin mantaps neh neh diakhir tahun 2008 ...
    smog tahun 2009 lebih lagi mas :)
    ebook2nya apalagi :)

    BalasHapus
  14. catatnya yg ketiga ditunggu nui mas.
    catatn yg keren.kalo saya disuruh buat catatan gitu yah gk bisa n gak inget deh.

    BalasHapus
  15. Sip sip..

    lanjut lanjutt...

    makin menarik ajah nich mase...

    :)

    BalasHapus
  16. Huheuehuehue...... triloginya ga kalah ama The Lord of The Ring...... hihihihihi.....

    BalasHapus
  17. biasanya kan kl udah nulis ebook brarti udah menguasai gitu mas :) sama mas penghasilan repiu kita masih 3 digit kok, itupun angka depannya masih bilangan kecil :D panjang bener catatan akhir tahunnya, jadi pengen nulis juga haha.

    eh makasih backlinknya ya mas, tapi ntar kl ada waktu diedit dikit ya, bukan dotcom tapi dotwebdotid :D

    BalasHapus
  18. Saya jadu geli dan ketawa sendiri membaca "Ebook Pertama yang Bikin Kisruh" jadi ingat kejadian bodoh waktu itu ya mas, tapi sudahlah dibalik semua itu pasti ada hikmahnya :)

    Bila menyinggung ebook SR yang kedua punya eko memang benar kok kalo itu benar2 ebook panduan SR yang menurut om paling terbaik yang pernah om baca. Jadi teruslah berkarya sobat :)

    BalasHapus
  19. sudah sukses, gak pelit ilmu, rendah hari pula...
    blog yang luar biasa bro, saya banyak belajar.

    salam kenal aja

    Andika

    BalasHapus
  20. Hahaha.. itu kenangan 6 bulan yang lalu ya mas Ecko :D

    Wah ga terasa.. uda selama itu yach. Ternyata banyak pelajaran juga ya yang bisa diambil di aktivitas jaringan blogging kita. Semoga kita semua bisa terus berkembang jadi lebih baik dan lebih sukses. Amin :D

    Ditunggu catatan ketiganya ;)

    BalasHapus
  21. Mas eko,,,,tahun depan tetap semangat mas, kebut terus online earningsnya....buktikan mas eko,,kalo dari dunia online earnings ini bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit. :)

    BalasHapus
  22. Kalau saya seh asli blajar paid repiew sama mas ecko..

    BalasHapus
  23. @ Tony: Amin...
    @ Audy: Walah, tambah malu deh saya. Gak ol lagi, ah! :D
    @ Yudi: Thanks a lot, Mas Yudi.
    @ Luzman: Amin... Saya pendukung Persik lho... :D
    @ Annosmile: Sip, udah muncul tuh.
    @ Nias Zalukhu: :D Sip deh, Bang. Thanks atas semuanya selama ini. You're the best..! :D
    @ Nitta Prasetya: Iya, Mbak. Thanks juga udah jadi teman ngobrol akhir2 ini. Kapan2 saya pengen chat sama anak'e jg lho. :D
    @ Munawar AM: Nah, ini dia calon guru saya. :D Lain kali saya akan belajar banyak sama Kang Nawar gimana caranya menulis di media massa. Awas lho kalo gak mau ngajarin. :D
    @ NdesO: Yups, nostalgia banget nih ceritanya. :D
    @ Action: :D
    @ Hryh77: Masih, Bro... :))
    @ Tukang Buang Sampah: Sip. Mohon doanya...
    @ Afwan Auliyar: Thanks, and amin. Ebooknya apalagi ya? Kehabisan ide nih. :D
    @ Sandy: Itu dia maksud saya, mumpung masih setahun, jadi masih inget semua, makanya saya buat cerita2 berkesan sepanjang perjalanan blog ini. :D
    @ BambangOke: ????? Gak baca lengkap ya?
    @ Maulana Malik: Thanks...
    @ Syamsul Alam: :D Bisa aja deh...
    @ Tipis: Oops. maaf Mas, karena ada beberapa link saya jadi gak teliti banget, jadi asal kopi paste ada. Maaf, akan segera saya perbaiki. Thanks ya koreksinya...
    @ Oom: :)) Iya ya, Om. Untung saja Om bersikap sangat dewasa dan bijaksana sehingga saya tidak jadi kualat sama guru saya yang sudah banyak membantu waktu custom domain. :D
    @ Andika: Eh, ini vocalis-nya Kangen Band bukan? :D
    @ Ipung: Yups, gak kerasa banget. Tahu2 aja sudah 6 bulan. :D
    @ Todayearning: Terima kasih, terima kasih...
    @ Badoer: :D

    BalasHapus