Selamat datang di ...

16 Desember 2008

Tidak terasa kuliah saya sudah hampir selesai. Hutang teori yang sempat tertunda selama 2 tahun lebih kini tinggal sedikit lagi. Sesuai kesepakatan dengan pihak kampus, saya sudah bisa magang kerja alias praktik kerja lapangan (PKL) setelah ujian akhir semester ini. Waktunya sekitar awal Januari 2009. Sembari magang di lapangan, saya juga bisa melakukan perbaikan nilai yang dirasa kurang memuaskan di kampus.

Selesai kuliah adalah saat yang paling saya nanti-nantikan. Bukan karena begitu lulus saya bisa menagih janji Bapak untuk menikahkan saya. Tapi lebih karena saya bakal bisa lebih fokus lagi dengan impian-impian yang telah saya susun sebelumnya. Ada banyak hal, banyak target, dan banyak impian yang sudah saya rencanakan dan ingin dicapai. Namun karena ingin fokus pada kuliah agar cepat lulus, semuanya mesti saya abaikan dulu. Anehnya, menjelang magang begini saya koq malah jadi bingung ya?


Ceritanya begini. Sebagai syarat kelulusan saya mesti magang kerja di media, baik cetak (koran, majalah, tabloid) atau elektronik (TV, radio). Kemarin sewaktu Ardy Pratama mengajak saya join ke susunan redaksi Tabloid Internet (TI) biro Jogja, saya mengajukan ke dosen pembimbing untuk menghitungnya sebagai magang. Tapi ternyata pembimbing saya menolak dan menyarankan untuk magang di tempat lain. Alasannya TI masih baru dan berformat bulanan, jadi nanti saya tidak dapat banyak praktik di lapangan. Sayapun disarankan magang di sebuah koran mingguan baru bernama Malioboro Ekspres (ME). Kebetulan pihak ME pernah datang ke kampus dan meminta beberapa mahasiswa AKY untuk ditempatkan sebagai jurnalis.

Lho, kenapa di ME yang sama-sama media baru koq boleh? Padahal tadi alasan penolakan magang di TI karena TI masih baru kan? Tenang, semua ada penjelasannya. Memang benar ME koran baru, tapi orang-orang di belakang ME adalah jurnalis-jurnalis senior Jogja. Senior di sini bermakna ganda, senior pengalamannya dan senior pula usianya. Sayapun mengiyakan saja saran tersebut. Kapan lagi ada kesempatan belajar dari para senior yang sudah kondang plus matang di bidang jurnalistik? Jadilah saya satu di antara 6 orang mahasiswa AKY yang dikirim sebagai "tenaga bantuan" di ME.

Senin (15/12) kemarin kami berenam sudah datang ke kantor ME di kawasan Condongcatur untuk perkenalan. Kami bahkan langsung dilibatkan dalam rapat redaksi membicarakan edisi selanjutnya. Persoalan timbul ketika pembimbing saya berubah pikiran. Kalau tadinya beliau menyarankan ME sebagai tempat saya magang menggantikan TI yang ditolaknya, tadi (16/12) siang beliau bilang saya mesti cari tempat magang lain. Walah, koq isuk dele sore tempe begitu sih omongannya? Padahal saya sudah siap menulis proposal magang lho. Dengan "kebijakan" ini tentu saja saya mesti melakukan semuanya dari awal lagi. Persoalannya, saya masih bingung mau magang di mana.

Sebelum mengajukan TI, saya pernah ingin magang di portal berita. Prioritas utama saya di Detik. Kebetulan sekali Detik punya biro di Jogja. Namun pembimbing saya tidak bisa menerima keinginan tersebut. Entah kenapa, di saat jurnalisme online semakin dikenal koq beliau malah terkesan belum mengakui eksistensi jurnalisme internet tersebut. Hmmm, saya jadi benar-benar bingung nih mau magang di mana. :(( Jadi, mohon maklum ya kalau akhir-akhir ini saya jadi jarang update dan tidak mampir ke blog teman-teman.

Itu saja. Semoga curhatan ini bisa meringankan pikiran saya. :))


« Selanjutnya
Sebelumnya »

45 komentar:

  1. iya deh kang.....kalo lagi magang tapi tetep ngeblog kan....aku menunggu sampai engkau selesai magangnya yah....hhhhmmmmmm brapa lama kang magangnya

    BalasHapus
  2. wah kalo mau magang dimana nantinya kak, met malam yah lam kenal aku rafi

    BalasHapus
  3. Wah Mas Eko lagi bingung nih... Sabar ya Mas Eko... Hehehe...

    Semoga rencana2 yang udah Mas Eko rencanain dapat tercapai dan mas Eko cepet dapat tempat magang yang OK. :D

    BalasHapus
  4. wah susah juga cari t4 magang yach

    BalasHapus
  5. wah semoga cepet dapet tempat magang biar cepet kelar dan cepet jadi pengusaha sukses kalo udah lulus :D

    BalasHapus
  6. Wah mau magang nih ya? Selamet deh, semoga impiannya tercapai juga :D

    BalasHapus
  7. Semoga kebingungan mas Ecko cepat sirna, dan menemukan tempat magang yang sesuai rencana mas Ecko. :)

    BalasHapus
  8. kenapa gak magang di ekonurhuda.com aja mas?
    :kabur:
    :D

    BalasHapus
  9. maaf boleh numpang iklan yah...

    Sekarang ada CARA BARU ISI ULANG PULSA ANDA,
    1. agar qt bisa ngedapetin pulsa isi ulang dengan harga distributor, yang lebih murah drpd harga dicounter
    2. agar qt ngga usah buang-buang waktu dan keringat serta by.transport/parkir/uang tips untuk datang ke counter pulsa
    3. isi pulsa sendiri/keluarga atau bisa juga khoq dijual lagi ke orang lain

    cukup hanya dengan mengirim sms dari hp anda

    coba deh browsing ke http://www.primamitra.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Emang kuliah dimana bos?, mantaps deh semoga cepat lulus ya bos.

    BalasHapus
  11. selamat bingung nyari tempat magang mas :D

    BalasHapus
  12. Ternyata kita sama mas Eko. Saya juga bingung nyari t4 untuk KP (kerja praktek).

    BalasHapus
  13. moga dapat tempat magang yang megang ya mas

    BalasHapus
  14. jahat ya gak diakui..

    mang gaptek itu oang.. :D

    BalasHapus
  15. saya smk ni om,susah emang nyari tempat magang..

    BalasHapus
  16. apa maksudnya TI masih baru dan berformat bulanan ?

    BalasHapus
  17. welcome the real world bro. Dunia kerja or magang sekalipun beda deh ama jaman kuliah..selamat magang

    BalasHapus
  18. Kang kok enggak magang di LKIS ??
    Tapi di penerbitanya ?
    Aku khan bisa sekalian belajar sama akang he... :))

    BalasHapus
  19. Pak Dosennya mungkin belum ngehh dengan jurnalisme online; tidak usah bingung; Mas.

    BalasHapus
  20. Yah, kok pembimbing gitu ? Nanti waktunya mepet lho, harus ganti-ganti terus. tapi semoga diberi kelancaran.

    BalasHapus
  21. Memang harus begitu, kalo ada unek2 curhat aja. Siapa tau hati bisa plong dan ada jalan keluar. Sukses ya...:)

    BalasHapus
  22. aku ndak pernah magang, dulu pas kerja praktek sudah nyari ke mana-mana, ee.. dapatnya KP di kampus sendirih.. heheheh....

    BalasHapus
  23. Semoga sukses mas nyari tempat magangnya, biar cepet kelar n bisa lebih fokus ama impian impiannya yak..

    BalasHapus
  24. @ SEMUA: Thanks a lot atas support teman-teman. Saya masih mempertimbangkan beberapa media di Jogja dan Solo, tapi masih bingung juga nih. Payah, ternyata saya bener-bener SBY aias "Suka Bingung Ya.." :D

    BalasHapus
  25. weits,,kereeen,,selamat yach cuda lu2s,,q maci smster 3 neT.T

    BalasHapus
  26. Bagaimana kalau magang di rumah saya ajah? Xixixii ... saat-saat penuh menegangkan ketika saat-saat akhir kuliah sudah di depan mata. Doaku sih target Aprilnya tercapai ya .. kalau ga gw jewer... wkwkwkw

    BalasHapus
  27. Masa kuliah yang 'indah' sudah usai dan saatnya kini memasuki dunia nyata yang penuh tantangan.

    Ga perlu kaget Mas, itu baru mau magang lho blm nanti kalau mau cari-cari kerja. :D. Bisa lebih pusing lagi.

    Tapi ga perlu khawatir yang penting tetap semangat ;)

    BalasHapus
  28. Magang di Suara Merdeka aja mas Eko. Butuh link kesana?

    BalasHapus
  29. kayaknya detik keren deh mas :)

    BalasHapus
  30. wah iya tuh pembimbing bikin bingung iya.... coba aja yang penting kamu magang dulu terus setelah magang ke detik, naru bilang " Pak saya sudah dapat tempat magang di Detik"...Pembimbing kan pasti jawabnya hanya bilang" Ya sudah...sekarang kamu tinggal begini begitu dst....
    Nah kalau mau magang di detik kebetulan tuh adiuk iparku di sana tuh ...coba aja bisa dikonek.... email adik iparku di iin@staff.detik.com. atau kalau mau di Metro TV adikku persis malah disana... sekarang megang produser " SUARA ANDA " Coba aja

    BalasHapus
  31. wah iya tuh pembimbing bikin bingung iya.... coba aja yang penting kamu magang dulu terus setelah magang ke detik, naru bilang " Pak saya sudah dapat tempat magang di Detik"...Pembimbing kan pasti jawabnya hanya bilang" Ya sudah...sekarang kamu tinggal begini begitu dst....
    Nah kalau mau magang di detik kebetulan tuh adiuk iparku di sana tuh ...coba aja bisa dikonek.... email adik iparku di iin@staff.detik.com. atau kalau mau di Metro TV adikku persis malah disana... sekarang megang produser " SUARA ANDA " Coba aja

    BalasHapus
  32. ke detik aja *mencoba mempengaruhi*

    BalasHapus
  33. Wow..saya kurang gaul kalee...aku kira dah rampungan kuliahnya...semoga lancar deh...ini kewajiban yah..he..he..he

    BalasHapus
  34. sama kaya sy dulu, bingung cr tempat magang. dosen ga setuju lah, ato tempat magang nya ga mau nerima dengan alasan ga mau keluar duit lah..(padahal kan emang ga pernah dikasi bayaran)..susah...semoga sukses ya..

    BalasHapus
  35. semoga sukses mas.... kita doakan bang Eko... :) :)

    BalasHapus
  36. Tenang mas ecko. Menjelang kelulusan emang selalu ada cobaan dan ujian. Ini sudah terjadi ke beberapa temen. termasuk aku sendiri. Ini bukan omong kosong, tapi dah banyak buktinya. Kayaknya kamu harus menghadapinya tetap dengan kepala dingin. Jangan sekali2 emosi sama dosen pembimbing kamu. Tetep ikuti aja maunya gimana, kalo kamu stress disini, keinginan kamu buat cepet nikah bakalan sirna. Ngomong2 di postingan selanjutnya, mendingan kamu tulis rencana2 kamu setelah lulus. Bagus itu, bisa buat ide banyak orang

    BalasHapus
  37. kirain ME nya majalah Male Emporium mas :D selamat magang ya semoga jadi wartawan handal

    BalasHapus
  38. Saya baru semester 1 ni mas eko..
    Hmmm..
    Jd tkut juga ya ntar pas magang gimana..Hehehe..
    Lagian tu ko kaya dipersulit gitu yah? :)
    semangat ja deh

    BalasHapus
  39. dari ceritanya ko sepertinya si dosen malah menyulitkan yah

    BalasHapus
  40. Aku dah PKL blan juli kmren... :D



    http://joomlatutor.bambangoke.com

    BalasHapus
  41. Walah... terus akhirnya PKL di mana bro Eko? semoga sukses dan dapat nilai bagus yak...

    BalasHapus