Selamat datang di ...

30 Desember 2008

Sebagai blogger, saya terlalu sering berkutat dengan hal-hal sepele yang tidak berpengaruh besar pada kemampuan blogging. Contohnya terlalu sering gonta-ganti template. Berbagai macam dan model template bolak-balik saya coba hampir setiap bulan. Memang sih niatnya untuk mencari mana yang paling enak dipandang serta paling cepat loadingnya. Tapi kegiatan sepele seperti itu juga memakan waktu kan? Maka, setelah akhirnya menemukan template simpel namun elegan seperti yang sekarang dipakai, rasanya saya tidak ingin ganti-ganti template lagi deh.

Selain itu, sebagai blogger saya juga sangat abai dengan hal-hal teknis seperti trafik, pagerank, Alexa rank, popularitas di Technorati, dan lain-lain. Saya hanya tahu menulis, menulis, dan menulis saja. Prinsip saya waktu itu, kalau tulisan kita bagus tentu akan banyak didatangi orang. Itu artinya trafik banyak, popularitas naik, dan kemudian berimbas pada rangking-rangkingan. Tapi rupanya saya tidak sadar kalau tulisan saya belumlah bagus. Jadinya ya trafik terus sepi deh. Sampai bulan Juli 2008 trafik blog ini tidak pernah menyentuh angka 100/hari. Sepi banget kan?


Belajar Menembak Keyword

Orang pertama yang mengomentari sepinya blog saya adalah Bang Zalukhu. Rupanya waktu itu Bang Zalukhu diam-diam mengamati blog ini, yang dia bilang sebagai blog tanpa teknik SEO tapi bisa memperoleh PR tinggi. Kami lalu banyak ngobrol tentang cara-cara meningkatkan trafik blog. Dan mulai saat itulah saya diajarkan cara-cara menjaring pengunjung dari mesin pencari dengan teknik "nembak keyword". Karena penasaran dengan hasilnya, saya lalu coba-coba membuat satu posting khusus untuk nembak keyword. Sialan, ternyata keyword yang saya tembak salah! Waktu itu sedang ramai-ramainya film Batman terbaru yang berjudul The Dark Knight. Maksud saya sih mengincar keyword itu, tapi malah salah tulis jadi "The Dark Night". Walah..!

Gagal dengan percobaan pertama, saya jadi sedikit putus asa. Tapi kemudian saya coba lagi dengan posting kedua. Kebetulan waktu itu Bang Zalukhu mengadakan kontes menulis review. Yang harus direview adalah blog-blog yang pernah direview Bang Zalukhu di blognya. Saya ikut kontes itu dan memilih blognya Nenad. Niatnya sih mau menembak keyword "kursus bahasa Inggris". Postingpun dibuat dan saya beri judul "Kursus Bahasa Inggris di NenadMohamed.com", lalu saya submit ke berbagai social bookmarking. Hasilnya? Waktu saya cek di Google posting tersebut tidak juga nongol sampai halaman ke-10. Capek deh...!

Akhirnya Bang Zalukhu memberi contoh posting untuk menembak keyword yang sengaja ia posting di blog ini. Posting itu tentang pemenang Indonesian Idol 2008 yang memang sedang hangat-hangatnya. Dan posting itulah yang membuka mata saya tentang betapa pentingnya menembak keyword karena sejak ada posting itu trafik blog ini bisa menembus angka 150 hit/hari. Tapi menembak keyword bukan asal tembak lho. Kita juga mesti memperhatikan etika dalam menembak keyword agar tidak dianggap menyesatkan pencari informasi. Inilah prinsip yang saya pegang dalam menembak keyword.

Setelah mempelajari posting pemenang Indonesian idol 2008 itu saya kemudian mencoba nembak keyword lagi. Kebetulan tidak lama setelah itu ada pengumuman pemenang Putri Indonesia 2008. Hanya berselang sesaat setelah siaran acara itu selesai, saya langsung menulis posting tentang pemenang pemilihan tersebut. Hasilnya? Pagi harinya saat saya cek di Google posting itu bertengger di peringkat satu! Ah, akhirnya bisa juga saya menembak keyword! Sejak itu makin rajinlah saya menembak keyword meskipun tidak pula terlalu sering.

Penutup
Sebenarnya masih ada banyak cerita yang ingin saya bagi ke teman-teman. Tapi rasanya tidak akan cukup halaman blog ini kalau mau menceritakan semuanya. Jadi, saya cukupkan sampai di sini saja rangkaian posting "Catatan Akhir Tahun" ini. Oya, saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih yang amat dalam bagi teman-teman yang telah berjasa membantu saya selama mengelola blog ini. Mereka itu adalah:

  1. Cosa Aranda, sebagai inspirator saya pada awal memulai blog.

  2. Isnaini, tempat saya mencari template gratisan dulu.

  3. Medhy Aginta Hidayat, yang banyak mempengaruhi blogging style saya di awal-awal dulu.

  4. Indra Diky, tempat saya belajar paid review.

  5. Kang Bawor, blogger yang pertama kali mau (sedikit) akrab dengan saya.

  6. dr. Asri Tadda, yang pernah mengajari saya cara menghilangkan navbar blog.

  7. Om Agus Ramadhani, yang membantu proses custom domain blog ini.

  8. Bang Zalukhu, yang sudah mengajari cara-cara meningkatkan trafik dan juga ilmu lainnya.

  9. Mas Gege, sebagai komentator pertama (9 Januari 2008).

  10. 39 teman yang bersedia berlangganan via RSS Feed.

  11. 140 teman yang bersedia mem-follow saya di Twitter.

  12. Dan semua teman yang telah setia berkunjung selama ini.



Akhirnya, selamat tahun baru bagi Anda semua!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

33 komentar:

  1. hmm...asyik juga nih baca pengalaman mas Ecko, intinya belajar dan belajar, jangan pernah menyerah..tul gak mas ?

    BalasHapus
  2. wah habis ceritanya..

    selamat tahun baru mas eko :-)

    BalasHapus
  3. selamat tahun baru juga buat om eko.. semoga tahun depan om eko semakin sukses dan dollar mengalir lebih deras.. :D

    BalasHapus
  4. pengalaman yang sangat mengesankan...selamat tahun baru buat Mas Eko Nurhada, semoga makin sukses di tahun depan...

    BalasHapus
  5. Wah koq dah hbis cerita bersambungnya.. Padahal seru lho cerita menariknya.

    BalasHapus
  6. seperti membaca trilogi "lord of the ring". Asik banget baca kilas balik dari ekonurhuda.com. Memang deh, harus saya akui, bakat menulisnya emang keren.. ;))

    BalasHapus
  7. wah belajar nembak keyword.. ini dia yg paling aku males.. soale jd maksa banget jadinya.. keliatan bgt kalau aku nembak keyword jd maksa.. apa aku yg kurang pro aja yah hehe :p

    BalasHapus
  8. Wuahh,,,,

    ni akhir dari sekuel kisah dari seorang ekonurhuda..

    ;)

    sip! sangat menginspirasi...

    btw pengalaman dari *scam* kapanlagi itu udah ditulis belum mas??

    ;))

    BalasHapus
  9. pengalamannya mantap nui mas..

    lengkap bgt,menarik buat dipelajari newbie kyk gini..

    BalasHapus
  10. saya belum paham betul masalah tembak tembakan mas :(

    BalasHapus
  11. Wow...... melihat ini, aku jadi sadar bahwa jalanku masih panjang......................

    Makasih ceritanya!!!

    BalasHapus
  12. hehheheh akhirnya keluar juga catatan akhir tahunnya. Ada suka dukanya yah mas eko , setidaknya buat newbie kayak gue sangat membantu membuat semangat menulis dan mempelajari teknik2 SEO..Intinya tulisan2 mas bermanfaat thanks mas eko

    BalasHapus
  13. catatan perjalanan yang bagus, trims mas, saya jadi bisa belajar dari pengalaman mas eko.

    semoga perjalanan ke depan makin bagus untuk mas eko. amiin

    BalasHapus
  14. jawabannya di sini : banyak nama Asep Mas. Yang paling saya kenal Asep purnama Bahtiar. Sekarang kayaknya di UAD. Selamat tahun Baru; mudah-mudahan saya termasuk 39 pelanggan artikel MAS ECKO.

    BalasHapus
  15. bah diposting pula kisah cinta kita Ko.. walah.. bahaya ini :p wkwkwk ampun deh pasti banyak yang salah pikir pulak

    BalasHapus
  16. wah ini nostalgia yah kang....untuk tahun 2008, wah aku belum bisa dan mendapatkan traficc blog, bagaimana caranya yah kang....

    lam kenal dari jauh ciamis

    BalasHapus
  17. @ Hawee: Betul, betul, betul... :D
    @ Yudi: habis, Mas. Sudah keburu tgl 31 sih. :D Met tahun baru juga ya...
    @ Ika: Amin, amin... Thanks a lot, Mbak.
    @ Kodil: Sip, thanks atas doanya.
    @ Badoer: :D habis, Bro... Saya gak kuat lagi nulisnya. :D
    @ Mymoen: Aduh, jadi malu deh saya. :)
    @ indr@ Berarti kita sama kan? :D
    @ Maulana Malik: Maaf, soal KL saya sedang menunggu jawaban dari imelnya. Saya gak berani nulis sebelum melakukan cek, ricek dan cross check dulu. :D
    @ sandy: Thanks, Mas. Ilmu saya cuma segitu koq.
    @ harianku: belajar sama Bang Zal gih.
    @ Syamsul Alam: panjang banget, Bro... :D
    @ Riza: Thanks...
    @ Ekkei: Amin. Trims ya...
    @ Munawar AM: :)) Kang Nawar bisa aja.
    @ Nias Zalukhu: Bah, santai aja, Bang. Ayo, kita nikmati. :))
    @ Harry Seenthing: tenang, asal rajin blogwalking insya Allah trafik bakalan dateng koq. :D Sabar ya...

    BalasHapus
  18. ternyata begitu variasi perjalanan selama ngeblog tahun 2008 :) ... Selamat tahun baru 2009 mas

    BalasHapus
  19. Wow thanks atas sharingnya. Mata saya jadi terbuka nih. Ternyata blogger sekelas Mas Ecko juga ngalami saat-saat bingung dengan trafik blog yang enggak meningkat, jatuh bangun dalam menembak keyword, dsb.
    Thanks atas kejujurannya dalam berbagi. Justru ceita yang jujur seperti ini lebih menggugah karena sebagian besar blogger sedang /akan mengalami juga masa-masa seperti itu. Melihat Mas Ecko mampu sukses setelah jatuh bangun membuat saya dan blogger lain tergerak. Untuk meraih kesuksesan di dunia blogger butuh perjuangan.
    Thanks sudah menginspirasi dan thanks juga atas ebook-ebook gratisnya. Ditunggu buku versi fisik untuk menyaingi buku cara cepat mendapat uang dari internet yang banyak bertebaran di toko buku. Semoga di tahun 2009 tambah sukses.

    BalasHapus
  20. Selamat tahun baru mas Eko, wah saya baru mau bikin CAT (catatan akhir tahun) nih, hm...

    BalasHapus
  21. Mmm..... Akhr na mncul jga sekuel k3 na.. He..he.. Met tahun bru yaw.. Skses slalu..

    BalasHapus
  22. tamat juga nih d triloginya mas..

    met tahun baru yah :)

    BalasHapus
  23. Selamat Tahun Baru 1 Muharram dan Tahun Baru 2009. Semoga mas eko tetep sukses dan setia setiap saat(eh, kok kayak rexona? maaf mas)

    Pengunjung mas eko 100/hari dikatakan kecil? apalagi blog saya ya mas, bantuin dong muridmu ini :)

    BalasHapus
  24. lagi buka-bukaan, dan jujur-jujuran nich ceritanya. Salut banget buat ecko dan zalukhu ya. Mereka orang-orang yang rendah hati, dan mau berbagi. Jarang lho ada master yang kayak gini.

    BalasHapus
  25. Selamat Tahun Baru 2009
    Sebuah pengalaman yg berkesan tentunya yach mas!

    BalasHapus
  26. bagus banget catatan akhir tahunnya...saya banyak sekali belajar. ternyata memang kita harus cerdas dan "tricky" dengan tetap beretika. salut buat mas Eko.

    BalasHapus
  27. Yup mas canggih dan langsung menegena ya dan kalo jurus ini tepat terus udah ga perlu cape2 blogwalking kali ya mas??
    Btw semoga bertambah sukses ditahun 2009

    Salam KoMpaaaK

    BalasHapus
  28. @ Tony: Met tahun baru juga, Mas Tony.
    @ Belajar IM: Sekelas saya? Emang saya kelas berapa sih? :D
    @ Armand: Ayo, sekarang sudah tahun baru lho. jadinya ya CTB alias Catatan Tahun Baru. :))
    @ Hryh77: Hehe, nungguin ya?
    @ emfajar: Met tahun baru juga.
    @ Dody: Lha, 100 dibanding ribuan yang dipunyai blogger lain, jelas aja punya saya termasuk sangat kecil. Ups, maksudnya trafik blog lho... :D
    @ Firandra: Habisnya, kami kan gak merasa punya apa-apa, jadinya ya gak merasa loose saat harus share. Semuanya hanya titipan tho?
    @ Indar Asri: bener banget. :D
    @ Andika: :D
    @ Gombloh: Thanks atas doanya. :D

    BalasHapus
  29. selamat tahun baru mas eko!

    BalasHapus
  30. Pantas Mas Ecko jago skali ngeblognya ternyata berguru dengan para master...dan sekalian saya ucapkan met tahun baru semoga di tahun 2009 semua bisnis onlinenya smakin sukses

    BalasHapus
  31. Salam kenal mas Eko..

    Mas..mau nanya neeh.. mas dapat html code untuk tampilan comment list blognya mas dari mana..

    please help me..thanx before...

    BalasHapus