Sebagai blogger, saya terlalu sering berkutat dengan hal-hal sepele yang tidak berpengaruh besar pada kemampuan blogging. Contohnya terlalu sering gonta-ganti template. Berbagai macam dan model template bolak-balik saya coba hampir setiap bulan. Memang sih niatnya untuk mencari mana yang paling enak dipandang serta paling cepat loadingnya. Tapi kegiatan sepele seperti itu juga memakan waktu kan? Maka, setelah akhirnya menemukan template simpel namun elegan seperti yang sekarang dipakai, rasanya saya tidak ingin ganti-ganti template lagi deh.

Selain itu, sebagai blogger saya juga sangat abai dengan hal-hal teknis seperti trafik, pagerank, Alexa rank, popularitas di Technorati, dan lain-lain. Saya hanya tahu menulis, menulis, dan menulis saja. Prinsip saya waktu itu, kalau tulisan kita bagus tentu akan banyak didatangi orang. Itu artinya trafik banyak, popularitas naik, dan kemudian berimbas pada rangking-rangkingan. Tapi rupanya saya tidak sadar kalau tulisan saya belumlah bagus. Jadinya ya trafik terus sepi deh. Sampai bulan Juli 2008 trafik blog ini tidak pernah menyentuh angka 100/hari. Sepi banget kan?

Belajar Menembak Keyword

Orang pertama yang mengomentari sepinya blog saya adalah Bang Zalukhu. Rupanya waktu itu Bang Zalukhu diam-diam mengamati blog ini, yang dia bilang sebagai blog tanpa teknik SEO tapi bisa memperoleh PR tinggi. Kami lalu banyak ngobrol tentang cara-cara meningkatkan trafik blog. Dan mulai saat itulah saya diajarkan cara-cara menjaring pengunjung dari mesin pencari dengan teknik "nembak keyword". Karena penasaran dengan hasilnya, saya lalu coba-coba membuat satu posting khusus untuk nembak keyword. Sialan, ternyata keyword yang saya tembak salah! Waktu itu sedang ramai-ramainya film Batman terbaru yang berjudul The Dark Knight. Maksud saya sih mengincar keyword itu, tapi malah salah tulis jadi "The Dark Night". Walah..!

Gagal dengan percobaan pertama, saya jadi sedikit putus asa. Tapi kemudian saya coba lagi dengan posting kedua. Kebetulan waktu itu Bang Zalukhu mengadakan kontes menulis review. Yang harus direview adalah blog-blog yang pernah direview Bang Zalukhu di blognya. Saya ikut kontes itu dan memilih blognya Nenad. Niatnya sih mau menembak keyword "kursus bahasa Inggris". Postingpun dibuat dan saya beri judul "Kursus Bahasa Inggris di NenadMohamed.com", lalu saya submit ke berbagai social bookmarking. Hasilnya? Waktu saya cek di Google posting tersebut tidak juga nongol sampai halaman ke-10. Capek deh...!

Akhirnya Bang Zalukhu memberi contoh posting untuk menembak keyword yang sengaja ia posting di blog ini. Posting itu tentang pemenang Indonesian Idol 2008 yang memang sedang hangat-hangatnya. Dan posting itulah yang membuka mata saya tentang betapa pentingnya menembak keyword karena sejak ada posting itu trafik blog ini bisa menembus angka 150 hit/hari. Tapi menembak keyword bukan asal tembak lho. Kita juga mesti memperhatikan etika dalam menembak keyword agar tidak dianggap menyesatkan pencari informasi. Inilah prinsip yang saya pegang dalam menembak keyword.

Setelah mempelajari posting pemenang Indonesian idol 2008 itu saya kemudian mencoba nembak keyword lagi. Kebetulan tidak lama setelah itu ada pengumuman pemenang Putri Indonesia 2008. Hanya berselang sesaat setelah siaran acara itu selesai, saya langsung menulis posting tentang pemenang pemilihan tersebut. Hasilnya? Pagi harinya saat saya cek di Google posting itu bertengger di peringkat satu! Ah, akhirnya bisa juga saya menembak keyword! Sejak itu makin rajinlah saya menembak keyword meskipun tidak pula terlalu sering.

Penutup
Sebenarnya masih ada banyak cerita yang ingin saya bagi ke teman-teman. Tapi rasanya tidak akan cukup halaman blog ini kalau mau menceritakan semuanya. Jadi, saya cukupkan sampai di sini saja rangkaian posting "Catatan Akhir Tahun" ini. Oya, saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih yang amat dalam bagi teman-teman yang telah berjasa membantu saya selama mengelola blog ini. Mereka itu adalah:

  1. Cosa Aranda, sebagai inspirator saya pada awal memulai blog.

  2. Isnaini, tempat saya mencari template gratisan dulu.

  3. Medhy Aginta Hidayat, yang banyak mempengaruhi blogging style saya di awal-awal dulu.

  4. Indra Diky, tempat saya belajar paid review.

  5. Kang Bawor, blogger yang pertama kali mau (sedikit) akrab dengan saya.

  6. dr. Asri Tadda, yang pernah mengajari saya cara menghilangkan navbar blog.

  7. Om Agus Ramadhani, yang membantu proses custom domain blog ini.

  8. Bang Zalukhu, yang sudah mengajari cara-cara meningkatkan trafik dan juga ilmu lainnya.

  9. Mas Gege, sebagai komentator pertama (9 Januari 2008).

  10. 39 teman yang bersedia berlangganan via RSS Feed.

  11. 140 teman yang bersedia mem-follow saya di Twitter.

  12. Dan semua teman yang telah setia berkunjung selama ini.



Akhirnya, selamat tahun baru bagi Anda semua!