Hanya tinggal 4 hari lagi tahun 2008 akan segera berakhir. Tanpa terasa ternyata sudah setahun umur blog ini. Kebetulan sekali saya membuat blog ini pada tanggal 1 Januari 2008, jadi setiap tahun baru bertambahlah usia blog ini. Setahun mungkin belum terhitung lama, tapi sudah begitu banyak cerita yang dihadirkan blog ini untuk saya. Cerita yang tentunya akan jadi kenangan manis bagi saya. Kenangan-kenangan manis itulah yang akan saya bagikan pada teman-teman sebagai posting penutup di tahun 2008 ini.

Proses pembuatan blog ini boleh dibilang cuma iseng semata. Sebagian faktor lain adalah karena latah alias ikut-ikutan. Akibatnya, saya ngeblog hanya sekedar ngeblog saja. Tanpa konsep, tanpa perencanaan, dan tanpa target apapun. Di tengah perjalanan barulah saya mengerti kalau ternyata blog bisa dijadikan sebagai sarana mengais rejeki sekaligus menjalin persahabatan dengan sesama blogger di seluruh Indonesia. Maka jadilah EkoNurhuda.com seperti yang sekarang ini.

Sejarah Eko Nurhuda dot com

Cerita pembuatan blog ini berawal dari bulan Agustus 2007. Waktu itu saya punya blog yang beralamat di www.eko-sudjarwo.blogspot.com. Blog ini saya niatkan sebagai blog pribadi tempat saya menuliskan catatan-catatan pribadi dan akan saya jadikan sarana berkenalan dengan sesama blogger lainnya. Suatu hari saya iseng mendaftarkan blog tersebut di Blogsvertise dan SponsoredReviews. Di luar dugaan saya koq ternyata diterima, terus beberapa waktu kemudian malah dapat job. Ya sudah, mau tidak mau saya isi juga blog tersebut dengan review berbahasa Inggris. Dipikir-pikir, akhirnya saya malah menjadikan blog tersebut sebagai blog berbahasa Inggris biar tidak campur-campur bahasanya.

Pergantian bahasa tersebut mulanya tidak saya ambil pusing. Tapi lama-lama koq ada rasa tidak enak sama teman-teman yang blognya saya kunjungi. Kenapa tidak enak? Karena saya terkesan hanya mencari trafik. Lha wong blog berbahasa Inggris koq mainnya ke blog berbahasa Indonesia? Ya sudah, daripada ribet saya buat saja satu blog lagi tepat di malam 1 Januari 2008. Blog tersebut beralamat di www.eko-nurhuda.blogspot.com dan saya beri titel "Segalanya tentang SponsoredReviews". Sok banget deh pokoknya, padahal waktu itu saya juga baru tahu SponsoredReviews. Hahaha...

Sesuai dengan titelnya, posting-posting blog itu menceritakan pengalaman-pengalaman saya selama menjalankan program SponsoredReviews. Mulai dari cerita mendapat payment pertama, mendapat job seharga $10/review untuk pertama kali, pengalaman songong memperoleh $12.68 hanya dalam waktu 1 jam dengan menulis beberapa review, sampai obral penghasilan di bulan pertama ngeblog. Pokoknya lucu deh kalau saya membaca-baca posting-posting lama itu. Buntut dari menulis posting-posting tentang SponsoredReviews, saya malah dianggap jagonya program paid review. Duh Gusti, koq jadi begini sih? Akhirnya karena tidak tahan menerima bejibun email yang masuk tiap hari menanyakan tentang SponsoredReviews, sayapun mengubah titel menjadi seperti yang sekarang.

Custom Domain & Pagerank 4

Seiring berjalannya waktu, saya jadi belajar banyak tentang paid review dan program online earning lainnya. Dari sana saya tahu kalau blog dengan nama domain sendiri lebih mudah dapat job ketimbang yang masih pakai embel-embel blogspot. Maka sayapun membeli nama domain tepat di Hari Valentine, 14 Februari 2008. Karena saya penggemar berat Cosa Aranda, saat membeli nama domain saya tidak mau neko-neko dan langsung memilih EkoNurhuda.com. Mulanya sempat was-was tidak dapat karena nama saya sangat pasaran sekali. Tapi untunglah nama domain ini berhasil saya dapatkan.

Atas dasar penghematan, saya hanya melakukan custom domain untuk blog ini. Jadi saya cukup membeli nama domain dan hostingnya boleh tetap numpang di Blogger. Lumayan. Biarpun cuma numpang, tapi kan numpangnya sama Blogger yang sudah terbukti keamanannya. Proses peng-custom domain-an blog ini dibantu 100% oleh Om Agus. Sebelumnya saya sudah diberi arahan sama Oom, tapi entah kenapa koq tidak bisa-bisa. Ujung-ujungnya Oom sendiri yang login ke akun Blogger, control panel domain dan DNS Park saya untuk melakukan pengaturan DNS setting. Dan custom domain sukses dilakukan tepat pada tanggal 25 Februari 2008. Thank you so much, Om.

Tidak seperti harapan saya, ternyata dengan memakai nama domain sendiri tidak serta-merta membuat blog saya kebanjiran job paid review. Saya malah mesti mendaftar ulang karena oleh sistem situs-situs paid review dianggap sebagai blog baru. Akibatnya penghasilan saya jeblok, turun menjadi lebih dari separuh penghasilan di bulan Januari 2008. Bulan Maret makin jeblok lagi yang membuat saya tidak pernah lagi mengekspose penghasilan setiap bulan. Tapi efek lainnya, saya dapat dengan mudah membangun branding. Nama domain yang simpel dan sama persis dengan nama membuat saya lebih mudah memperkenalkan blog ini di manapun dan kapanpun saya sempat. Mulai dari blogwalking, chatting, di forum-forum, sampai di akhir artikel yang saya kirim ke situs-situs artikel directory.

Berkah lain yang saya terima dari mulai digunakannya nama domain sendiri adalah pemberian pagerank 4 oleh Google. Ya, siapapun boleh tidak percaya kalau blog baru yang sepi pengunjung seperti EkoNurhuda.com ini bisa memperoleh pagerank 4 hanya dalam waktu 2.5 bulan saja. Meskipun kemudian turun menjadi pagerank 3, namun pencapaian tersebut benar-benar pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Sejak itu pula saya sadar bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin kalau kita mau bersungguh-sungguh. Eits, nyambung gak sih statement-nya? Hehehe...

Itu saja untuk bagian pertama. Tunggu cerita-cerita lainnya di bagian kedua nanti ya...