Tak terasa sudah tanggal 1 Maret. Bulan Februari sudah berlalu dan itu berarti sudah waktunya bagi saya untuk melakukan hitung-hitungan penghasilan yang telah saya kumpulkan di bulan lalu. Sebenarnya malu juga mengumumkan hasil earning yang tidak seberapa, tapi berhubung saya sudah memulai tradisi ini bulan Januari lalu mau tak mau harus dilanjutkan. Masa iya penghasilan bulan Januari dilaporkan koq terus bulan Februari tidak? Kan jadi lucu nanti. Maka, besar atau kecil saya tetap harus mengumumkan penghasilan yang saya peroleh tiap bulan dari aktifitas ngeblog.

Oke, bila bulan Januari lalu (yaitu bulan pertama saya menghasilkan dolar dalam jumlah yang lumayan dari internet) total earning saya di atas $150, maka bulan Februari yang baru lewat ini total earning-nya turun sangat drastis. Setengahnya saja tidak. Padahal target saya paling tidak meningkat 50% di bulan ini. Eh, malah dapet sebaliknya. Berapa sih earning yang kecil itu?
Ini dia:

SponsoredReviews $47.45
Smorty $18.00
Blogvertise $10.00
Total earning ==> $75.45

Ya, bulan Februari saya hanya menghasilkan sebesar total $75.45 saja. Kecil? Lha kalau penghasilan bulan Januari yang lebih besar dari ini saja saya katakan kecil, apalagi ini? Penghasilan Februari ini minus $89.7 dari penghasilan Januari lalu dan minus lebih dari $200 dari target yang saya canangkan di awal bulan lalu. Kecewa? Jelas dong. Tapi tak ada gunanya terlalu lama berlarut-larut dalam kekecewaan. Masa depan sudah berada di hadapan dan siap dijelang. Get ready, Guy!

Maret ini saya memasang target sederhana saja, cukup $300. Harapan terbesar tentu saja dari SponsoredReviews yang sampai sekarang masih menjadi source of income terbesar saya. Untuk memaksimalkan potensi penghasilan dari SponsoredReviews, saya malah kepikiran untuk hanya fokus pada situs itu saja. Program paid review lain nantinya hanya sebagai sambilan sajalah. Selain itu saya juga mulai menjalankan source of income lain, yakni Ziddu (penjelasan tentang Ziddu sudah saya siapkan, tinggal tunggu tanggal postingnya saja). Ditambah custom domain yang diharapkan dapat menambah nilai jual blog ini, besar harapan saya target yang hanya $300 itu dapat tercapai di bulan Maret ini. Amin.

Ikut doakan saya ya...