Akhirnya, setelah lama berpetualang mencari cara termudah, termurah dan teraman untuk menjadi member dengan status verified di PayPal, status saya berubah juga menjadi verified member. Tujuan awal pengubahan status ini adalah agar saya dapat menarik dana di PayPal langsung ke rekening saya. Sayang kan kalau punya account berjumlah ratusan dolar tapi gak bisa dinikmati karena belum berstatus verified? Apalagi semenjak saya aktif menulis paid review dengan penghasilan yang lumayan lancar meskipun belum ideal menurut target saya pribadi. Tapi GPP-lah. Toh, segala sesuatu yang besar itu pasti dimulai dari hal-hal kecil dulu? Begitu juga dengan dengan earning. Suatau saat kita pasti bisa mencapai earning $1000 per bulan atau bahkan lebih. Tapi pada mulanya tentulah $100, $10 atau bahkan $1 dulu sebulan.

Saya beruntung membuka account PayPal di saat situs jasa pembayaran online terkemuka ini sudah menerima kartu debit bahkan juga ATM. Padahal dulu yang bisa diterima untuk mengubah status keanggotaan hanya kartu kredit yang kata adik tercinta saya, Dwin Friansi, kartu setan. Saya pernah bekerja sebagai sales kartu kredit CitiBank, jadi sedikit-banyak tahulah bagaimana tidak enaknya punya kartu kredit itu. Sepintas lalu memang enak, tapi kalau mau diselami lebih dalam punya kartu kredit itu sangat berbahaya. Ini pendapat pribadi lho. Makanya saya senang sekali waktu tahu bahwa PayPal mau menerima kartu debit ataupun ATM meski masih dibatasi untuk kartu-kartu keluaran Visa saja.

Awalnya saya mencoba memasukkan kartu debit BNI saya yang dikeluarkan MasterCard. Menurut keterangan PayPal sih seharusnya bisa. Tapi setelah saya coba berulangkali ternyata gagal terus dan akhirnya saya simpulkan kartu debit BNI saya ditolak. Iseng-iseng saya cari koleksi kartu ATM lama saya dan ketemulah kartu LippoBank yang berlogo Visa Electron. Masa berlakunya masih panjang meskipun uangnya sudah tidak ada lagi. Kartu itupun saya coba masukkan. Sama seperti nasib kartu BNI, kartu LippoBank saya juga ditolak. Saya sempat mikir jangan-jangan memang harus pake kartu kredit nih. Padahal, asli, saya paling males berurusan dengan kartu kredit.

Kemudian saya dengar kabar enakan pake VCC alias virtual credit card. Beli VCC sangat murah dan katanya sih simpel. Yang penting bisa untuk mengubah status di PayPal. Tapi namanya barang virtual mana ada wujudnya sih. Jadi membeli VCC ya cuma dapet no kartunya saja. Sayapun jadi ogah-ogahan. Untunglah kemudian ramai beredar berita kalau kartu debit Bank Niaga bisa dimasukkan ke account PayPal. Contoh blogger yang sudah berhasil melakukannya adalah Cosa Aranda dan Kang Yusa. Sayapun segera membuat rekening di Bank Niaga. Prosesnya cepat sekali. Tanggal 14 Februari buka rekening, tanggal 15 Februari kartu sudah berada di tangan dan siap digunakan. Siplah. Tak mau tunggu lama-lama kartu itupun segera saya bawa ke warnet untuk dimasukkan ke PayPal. Alhamdulillah, berhasil!

Senin kemarin saya meminta print out transaksi pendebetan yang dilakukan PayPal terhadap rekening Bank Niaga saya untuk melihat 4 digit expanded use number guna melengkapi proses verifikasi. Malamnya 4 digit nomor tersebut saya masukkan dan betapa senangnya saya melihat status saya sudah berubah menjadi Verified. :))


Anda ingin tahu proses-proses yang saya lakukan untuk mengubah status dari Unverified Member menjadi Verified Member? Tunggu posting selanjutnya!