Sudah pernah dengar PTC? Kalau tahu, berarti Anda sudah cukup lama berburu dolar di interent. PTC atau kependekan dari Paid to Click adalah program online earning tertua di internet. Waktu pertama kali berburu dolar di internet pertengahan tahun 2000 lalu, PTC adalah satu-satunya program yang saya kenal. Caranya cukup sederhana. Anda hanya akan diminta untuk mengklik link iklan menuju ke suatu situs. Lihat deh situs itu selama 20-30 detik (gak dilihat juga sebenarnya gpp sih), maka account Anda akan dialiri dolar. Bayaran sekitar $0.01-0.01 per klik. Mudah, bukan?

Tapi tunggu, $0.01-0.1 itu kan kecil? Memang iya. Cuma yang namanya dolar ya tetap dolar biarpun nilainya kecil. Toh, nilai yang kecil itu bila dikumpul-kumpulkan lama-lama akan menjadi besar juga. Coba hitung $0.01 dikali seribu jadi berapa? Lagipula effort yang Anda keluarkan boleh dibilang tidak ada. Apa susahnya sih mengklik sebuah link? Kegiatan ini bahkan bisa Anda lakukan sembari surfing, searching, blogging, chatting, bahkan kencing. :)) Artinya, program ini benar-benar mudah serta almost effortless. Yah, hitung-hitung sambilan di sela-sela menunggu proses loading data ataupun download file. Daripada bete kan?

PTC memang sudah tak sepopuler program online earning lainnya, tapi bukan berarti program ini tidak lagi prospektif. Kalau Anda telaten, tambahan penghasilan sebesar $10-50 per bulan rasanya cukup lumayan deh. Bila mau sedikit bermodal, Anda dapat membayar sejumlah uang untuk menaikkan status keanggotaan menjadi premium member. Peluang penghasilannya jauh lebih besar karena nilai klik-nya juga berbeda. Semakin besar lagi komisi Anda jika Anda pandai mengajak orang lain menjadi referal. Anda akan dibayar untuk setiap member yang berhasil diajak bergabung plus bonus tambahan dari setiap klik yang dilakukan oleh member rekrutan Anda tersebut. Singkatnya, meskipun hasilnya tak sebanyak program-program lain, PTC tetap menjanjikan sebagai salag satu sumber penghasilan online.

Ada banyak situs PTC yang dapat diikuti, tapi hati-hati tergadap SCAM alias penipuan. Beberapa situs PTC ada yang tidak mau membayarkan earning membernya pada saat dilakukan penarikan. Sementara yang lain malah tutup atau bubar saat member sedang asyik-asyiknya mengumpulkan recehan dolar. Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Pilihlah situs PTC yang bonafid dan terbukti jujur mau membayar komisi membernya. Berikut di antaranya:

1. Bux.to, minimal payout $10 dibayar lewat AlertPay.
2. Clixsense, minimal payout $10 dibayar lewat cek.
3. Hits4Pay, minimal payout $ 25 dibayar lewat cek.

Tiga aja ya. Jangan kebanyakan, nanti malah gak sempet ngapa-ngapain karena cuma sibuk ngeklik link iklan aja. :D Semoga bermanfaat.

Catatan: Beberapa program di atas ada yang ditengarai sebagai SPAM. So, rajin-rajin cari info di Google atau forum-forum ya...