Selamat datang di ...

09 Februari 2008

Oke, setelah dengan sengaja saya tahan beberapa hari plus diselingi postingan lain termasuk paid review, mari kita lanjutkan bahasan tentang bagaimana melakukan copy-paste secara aman. Maksudnya biar ga kejerat CopyScape gitu. Malu kan kalo ketahuan ngopi. Maka, biar hasil copy-paste kita selamat, coba cara-cara berikut ini:

1. Buatlah saduran, bukan kopian
Ini adalah cara paling elegan. Yang Anda lakukan hanyalah mengkopi isi kandungan konten, bukan teksnya. Artinya Anda harus membaca situs yang ingin dikopi, pahami apa yang disampaikannya dan catat hal-hal penting yang tak boleh dilewatkan. Setelah itu tulis ulang deh apa yang diceritakan situs tadi dengan bahasa Anda sendiri. Dengan demikian Anda memiliki sebuah konten unik, orisinil, sekaligus berbobot. Menyadur tulisan jauh lebih terhormat daripada mengkopi alias plagiat. Toh, kalau Anda tidak bilang pembaca tidak akan tahu tulisan tersebut merupakan hasil saduran. Akan lebih baik jika Anda bilang ke pembaca dan sediakan link ke halaman aslinya.

2. Memodifikasi artikel yang dikopi
Males boleh, tapi jangan keterlaluan banget dong. Buatlah perubahan bentuk pada setiap kalimat sehingga artikelnya jadi berbeda. Tentu saja perubahan ini jangan sampai mengubah maksud atau makna kalimat yang bersangkutan. Tar kalau gak nyambung malah lebih gawat jadinya. Cara memodifikasinya bisa dengan membalik susunan kata, mengubah bentuk pasif menjadi aktif atau sebaliknya, mengubah bentuk negatif menjadi positif atau sebaliknya, menghilangkan kata-kata yang dirasa tidak perlu, menambah kata penjelas sehingga kalimat menjadi lebih panjang, dan masih banyak lagi cara lain. Maksimalkan kreatifitas Anda.

3. Jangan Dikopi 100%
Kalau Anda melakukan copy-paste utuh-utuh, itu sama saja menyerahkan diri pada CopyScape. Jangan pernah mengkopi konten 100% alias utuh. Kopi 1-2 paragraf saja, modifikasi lantas tambah dengan tulisan Anda sendiri. Misalnya paragraf pembuka Anda tulis sendiri, lalu paragraf selanjutnya hasil kopian, begitu seterusnya diselang-seling. Atau bisa juga hasil kopian jadi paragraf terakhir. Kalau Anda tidak bisa memberi tambahan sendiri, terpaksa deh nyari artikel lain sebagai pelengkapnya. Tapi selalu ingat untuk memodifikasi setiap kopian yang Anda buat.

4. Merangkum banyak artikel dari beberapa sumber
Carilah sebanyak mungkin artikel yang sesuai dengan tema review yang akan ditulis. Gunakan mesin pencari atau buka situs article directory untuk mencarinya. Ya, semacam riset kecil-kecilanlah untuk mengetahui apa yang diangkat orang lain dalam tema tersebut. Kalau Anda dapat merangkum seluruh artikel yang berhasil diperoleh dan menuliskannya dengan bahasa Anda sendiri tentu akan jauh lebih baik hasilnya. Tapi jika tidak, 'jahit' saja artikel-artikel tersebut. Maksudnya melakukan penggabungan dengan mencomot sedikit bagian dari tiap-tiap artikel. Satu kalimat dari artikel ini lalu disambung dengan kalimat dari artikel lain. Begitu seterusnya sampai utuh tercipta satu artikel baru. Ingat, Anda tetap harus memodifikasi setiap kalimat hasil kopian tersebut.

Manjurkah cara ini? Silakan buktikan saja sendiri. Kalau Anda ragu, berarti Anda lebih baik mencari kursus bahasa Inggris saja. Buat yang tidak ragu, ingatlah bahwa copy-paste itu bukan tindakan terpuji. Berjanjilah bahwa Anda akan segera meninggalkan praktik seperti ini dan mulai menulis review sendiri. Oke?

Semoga bermanfaat.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

9 komentar:

  1. Yep gue juga suka melakukan hal2 di atas alias tulis ulang. BTW, yang dikomen itu bukan saya yang nulis loh mas, tapi saya sadur kutip dari blognya orang yang bilang kalo indonesia tuh alien language.

    BalasHapus
  2. Wah, salah lagi ya ternyata saya. Mmm, berarti emang ngaku-ngaku bule aja tuh orang. :D

    BalasHapus
  3. thanks atas sharing tips nya mas eko & mas diky.

    saya baru terjun di paid review ini.
    lumayan banget hasilnya..

    BalasHapus
  4. Kursus bahasa Inggris lagi ah. :)

    BalasHapus
  5. U/ Lueni: You're welcome, kita sama2 belajar koq. Btw, hasilnya oke banget kan?

    U/ Medhy-san: Domoo arigatoo sudah mau mampir dan berkomentar. Wah, bulan ini memang penuh berkah bagi saya, sudah 3 blogger top yg komen di sini. :D

    BalasHapus
  6. sy ada pertanyaan:
    1. situs resep.web.id isinya cuma kopian dr situs2 lain tp kok trafik dan pageviews banyak bgt? PR jg 3. Tp samaskali gk ksih link ke situs asli, cm ditulis sumbernya aja. tanggapan para pemilik konten aslinya gmana ya? apa ni tdk menyalahi etika?
    2. mau tdk ajari sy bkin blogspot serupa blog ini, baik layout atau kotak komen, jg bkin list artikel yg brhubungan, jg daftar post? sy gk paham.. pakai blogspot gratis gak ada nih..

    BalasHapus
  7. @ Woody Green:
    1. Aduh, kalau saya yg ditanya sih ya sangat tidak etis. Karena etikanya itu kan kita pake konten orang lain dengan imbal balik backlink aktif, jadi bukan cuma alamat situs sumber saja.
    2. Silakan buka http://h-demirbas.blogspot.com, lalu cari halaman yang memuat template ini dan download template tersebut ke harddisk. Trus ganti deh template Anda dengan template dari blog itu. Saya juga dapetnya dari situ koq. Oke?

    BalasHapus
  8. oK BOZZZ. jangan CoPas 100 % ya..? akan selalu saya inget... maklum masih newbie perlu banyak belajar....

    BalasHapus
  9. Wah yang beginian namanya juga buat artikel baru mas

    BalasHapus