Kemarin (16/3) adalah hari pertama kampanye terbuka bagi para peserta Pemilu 2009. Sesuai kesepakatan KPU, KPUD dan seluruh parpol kontestan Pemilu 2009, hari pertama diisi dengan deklarasi kampanye damai. Di Jogja juga demikian. Acara deklarasi kampanye damai untuk Kota Jogja diselenggarakan di Jl. Ipda Tut Harsono alias di samping timur kompleks Balaikota Jogja. Dari Walikota Jogja sampai pihak keamanan mengharapkan, dengan adanya deklarasi kampanye damai ini Kota Jogja tidak panas dan senantiasa Berhati Nyaman sesuai dengan slogannya selama ini.

Nah, berkebalikan dengan tekad damai yang dicanangkan parpol peserta Pemilu 2009, blogosphere Indonesia justru tampak mulai memanas. Apa pasal? Sebenarnya hal biasa, yakni rasa suka dan tidak suka terhadap blog atau situs tertentu. Cuma sekarang sudah mulai saling serang antar pribadi, jadi saya khawatir ini akan menimbulkan Perang Blogger Kedua setelah perang yang pertama antara Blok Cosa Aranda melawan Blok Augusman Zalukhu.

Ceritanya berawal dari kegelisahan Bang Zalukhu terhadap maraknya pemasar-pemasar internet yang menjual ebook-ebook panduan dengan bumbu bombastis. Terlalu berlebihan, mungkin begitulah bahasa gampangnya. Sehingga banyak blogger dan penguna internet pemula yang merasa terjebak setelah membeli ebook seperti itu. So, Bang Zalukhu-pun melontarkan kritik yang salah satunya bisa dibaca di posting yang ini. Di artikel tersebut jelas sekali Bang Zal "menyerang" Joko Susilo pemilik situs FormulaBisnis.com, target yang sebenarnya sudah ia kritik sejak sebelum menghilang dari peredaran awal tahun lalu.

Di posting itu Bang Zal mengungkap salah satu trik yang digunakan Joko Susilo untuk memikat calon kliennya, yakni dengan menampilkan screenshot berisi puluhan ribu pengunjung sehari. Screenshot macam itu, kata Bang Zal, bisa dengan mudah dimanipulasi menggunakan program Photoshop. Atau bisa juga direkayasa menggunakan autosurf, dll. Nah, artikel sedemikian pedas rupanya membuat seorang blogger yang tidak jelas identitasnya balik menyerang Bang Zal. Dugaan saya, dan juga dugaan Bang Zal sebagaimana ia sampaikan di Facebook, blogger tersebut adalah fans-nya Joko Susilo atau malah kaki-tangannya. Tak tahulah pastinya dia siapa.

Si pembela Joko Susilo ini, kita sebut saja begitu, membuat sebuah blog yang tampaknya ia khususkan untuk menyerang Bang Zal. Coba lihat di www.penggugat.wordpress.com, sebuah blog yang ia beri judul "Sang Kritikus; Belajar Ngeblog Lurus". Cuma ada satu posting di blog tersebut, yakni posting berjudul "Sang Pahlawan Blogger Kita". Isinya? Tentu saja menjelek-jelekkan Bang Zalukhu, sampai-sampai menyebut blogger Nias itu sebagai pahlawan kesiangan, ditambah sejumlah sumpah-serapah lainnya.

Tidak berhenti sampai di sana. Bang Zalukhu merespon tindakan ini dengan mempublikasikan sebuah posting berjudul "Perbedaan Pemenang Sejati dan Pecundang Sejati". Sebuah posting yang balik menyerang si empunya blog Sang Kritikus. Ditambah lagi satu posting yang baru dipublikasikan semalam, yakni berjudul dan aku hanya bisa TERTAWA KASIHAN.

Alhasil, saling serang sudah dimulai, dan entah sampai kapan mereka terus serang-menyerang seperti itu. Satu hal yang saya khawatirkan, orang-orang yang berada di lingkaran dekat keduanya akan melibatkan diri sehingga timbullah perseteruan yang lebih luas lagi. Atau ada kemungkinan situasi ini dimanfaatkan oleh orang ketiga yang tidak bertanggungjawab. Kita tentu masih ingat kasus perseteruan terbuka antara Bang Zal dan Cosa Aranda, dan kita tak ingin hal seperti itu terulang lagi.

Well, kalau parpol-parpol peserta Pemilu 2009 sudah mencanangkan sikap untuk saling menjaga diri dalam kampanye terbuka yang dimulai Senin (16/3) kemarin, sudah sepantasnya kita blogger Indonesia ikut menjaga perdamaian di blogosphere. Bravo blogger Indonesia pencinta damai..!

NB: Berhubung kemarin saya sedikit menyinggung Ma'had al-Zaytun (MAZ), maka posting berikutnya saya akan coba mengungkap lebih banyak tentang pondok pesantren kontroversial ini. Setuju?