Siapa yang tak suka gratisan? Jangan malu-malu mengakui. Saya yakin semua orang suka gratisan, termasuk Anda dan juga saya sendiri. Maka tak heran kalau segala sesuatu yang bersifat gratis selalu banyak dicari. Mulai dari majalah gratis, buku gratis, internet gratis, sms gratis, pulsa gratis, wallpaper gratis, ringtone gratis, makan gratis, rokok gratis, bahkan kalau ada isteri gratis. Hehehe… Intinya, di manapun berada yang namanya barang gratisan pasti diburu banyak orang. Tak terkecuali di dunia maya alias alam internet.

Hal ini didukung pula dengan hadirnya situs-situs yang menawarkan barang-barang gratis tersebut. Coba ketikkan “nama barang + gratis” di kotak pencarian Google, maka puluhan hingga ratusan situs penyedia barang gratis yang dicari itu akan muncul di halaman hasil pencarian. Hasil lebih banyak dapat diperoleh dengan melakukan pencarian dalam bahasa Inggris. Ketikkan “free + nama barang” atau “nama barang + for free”, maka jumlah situs di halaman hasil pencarian Google bisa jadi 2-3 kali lipat lebih banyak.

Salah satu situs penyedia gratisan tersebut adalah RingtonesFactory.com. Sesuai namanya, situs ini menyediakan free ringtone alias ringtone gratis untuk HP. Koleksinya sangat beragam, meliputi hampir semua jenis musik. Mulai dari rock, reggae, heavy metal, sampai jazz, latin dan lagu-lagu tahun 80-an. Setiap ringtone dibagi-bagi dalam masing-masing jenis musik sehingga mempermudah Anda mencari lagu yang diinginkan. Selain itu situs ini juga menyediakan daftar 40 ringtone yang paling sering didownload di halaman paling depan.

Bagaimana cara mendapatkan ringtone gratis ini? Tidak sulit. Anda cukup mendaftar sebagai member dan setelah diterima tinggal pilih ringtone yang disukai untuk didownload ke HP. Sama sekali tidak dipungut biaya. Hebatnya lagi, apapun jenis kartu yang Anda pakai sama sekali tidak berpengaruh. Anda tetap dapat memperoleh ringtone kesukaan langsung ke HP hanya dalam hitungan detik. Tidak percaya? Kalau begitu coba lihat keterangan yang saya kopi dari halaman depan RingtonesFactory.com berikut ini:
“No matter what your cellular provider is, you can have any of the hottest ringtones delivered to your phone within seconds, no credit card or software needed. Either choose from the list before or search our large ringtone database. So go ahead and get started!”
Bagaimana? Asyik kan? Kalau Anda suka gonta-ganti ringtone, coba saja kunjungi situs ini. Sayangnya, yang disediakan kebanyakan lagu-lagu berbahasa Inggris. So, kalau Anda tidak suka lagu-lagu berbahasa Inggris, situs ini bukan buat Anda.