Selamat datang di ...

12 Juni 2008

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, saya berniat jualan ebook di blog ini untuk menambah pemasukan. Tentu saja yang akan dijual adalah ebook karya saya sendiri. Artinya saya yang mengumpulkan bahan dan menulis isinya serta dijamin bukan jiplakan tulisan manapun. Meski salat masih bolong-bolong, tapi saya sadar dan percaya bahwa menjiplak sama saja dengan mencuri. Maksudnya sama-sama dosa gitu loh…

Sudah ada beberapa ebook yang siap dilempar ke pasaran. Sebagian memang saya maksudkan untuk dibagikan gratis, sementara sisanya untuk dijual. Harganya tidak mahal koq. Saya cuma mematok satu harga, yakni $1.99 (setara Rp 17.910 dengan kurs Rp 9000) untuk semua ebook yang saya jual nanti. Nah, ceritanya salah satu ebook yang ingin dijual adalah “Panduan Custom Domain Blogger”. Ebook ini 100% karya saya sendiri berdasarkan pengalaman pribadi sewaktu melakukan custom domain blog ini. Saat sudah tinggal dipromosikan, saya koq ragu dan akhirnya memilih tidak jadi menjualnya. Artinya, ebook tersebut saya bagikan GRATIS!

Apa pasal? Alasan pertama dan terutama, sebelum tanggal release ebook tersebut tiba ternyata Om Agus sudah membagikan ebook serupa. Maksudnya sama-sama ebook tentang custom domain. So, isinya tentu sama saja, yakni mengenai langkah-langkah custom domain. Yang berbeda hanyalah cara penyampaian dan penyusunan saja. Namun berhubung Om Agus lebih senior dan saya juga banyak dibantu olehnya selama proses custom domain blog ini, rasanya koq tidak etis kalau saya menjual informasi ini. Nanti kalau Om Agus minta royalty bagaimana? Kan saya paham langkah-langkah custom domain karena dia? Tidak dipungut bayaran lagi. Hehe, becanda ding. :p

Alasan kedua, Blogger sendiri sebenarnya juga memberikan panduan langkah-langkah custom domain. Tentu saja dalam bahasa Inggris. Jadi, tanpa ebook “Panduan Custom Domain Blogger” yang saya susun sekalipun kalau orangnya teliti (dan mengerti bahasa Inggris) pasti bisa koq mempelajarinya sendiri dengan membaca panduan dari Blogger tersebut. Lagipula panduan-panduan begini bisa dicari dengan gampang lewat search engine meskipun terkadang susunannya tidak sistematis dan bercerai-berai.

Alasan ketiga, jujur saja saya ingin “berenang sambil minum air”. Maksudnya, dengan menyebarkan ebook gratis yang mudah-mudahan bermanfaat bagi blogger lain (terutama para pemula alias newbie), semoga saja akan berdampak pada peningkatan trafik dan peringkat EkoNurhuda.com. Bahasa sederhananya, ebook tersebut saya jadikan sarana promosi blog ini. Namanya barang gratisan, butuh tidak butuh orang pasti ingin mendownload dan suatu saat membacanya. Nah, ketika mereka membaca ebook tersebut maka mereka akan tahu tentang EkoNurhuda.com dan lantas mengunjunginya. Hebatnya lagi, penyebaran ebook gratis laksana virus karena biasanya setelah mendownload orang akan membagikannya lagi ke orang lain. Apalagi kalau dia member Ziddu.

Kalau dalam keseharian kita pernah mendengar istilah “dari mulut ke mulut”, maka dalam dunia maya ada istilah “viral promoting”. Polanya sama, yaitu menyebarkan sesuatu dari satu orang ke orang lain secara berantai. Bedanya kalau istilah “dari mulut ke mulut” sering diidentikkan dengan gosip, maka “viral promoting” bertujuan promosi. Dengan membagikan ebook gratis, saya berharap dapat mempromosikan blog agar lebih meningkat trafik dan juga peringkatnya. Mudah-mudahan saja harapan itu terkabul.

Itulah beberapa alasan mengapa akhirnya saya tidak jadi menjual ebook “Panduan Custom Domain Blogger”. Tadinya mau dihargai $1.99, tapi sekarang GRATIS tis. Untuk itu kalau Anda membutuhkan ebook “Panduan Custom Domain Blogger” silakan download di sini. Cepetan, jangan sampai saya berubah pikiran! 


« Selanjutnya
Sebelumnya »

18 komentar:

  1. Hehehe...
    Bukan cm O-om yang uda bikin panduan custom domain. Belakangan ini uda banyak banget blog yang ngasih panduan semacam itu.
    Tapi saya yakin kok panduan dari Mas Eko pasti lebih informatif dan bergizi tinggi :D

    BalasHapus
  2. hehehe pas sekali om juga menulis tentang ebook, kalo masalah tulisan om yang kurang bagus itu mungkin kekurangan om, perlu eko sadari om buat ebook itu hanya 2 dua jam..jadi wajar kalo terlihat berantakan, sebenarnya tidak etis membandingkan sesuatu yang benar-benar untuk dijual. saharusnya eko tetap percaya aja kalo ebook kamu laku dijual..om gak pernah meminta apapun apalagi royalty..sebagai bukti orang optimis, coba lihat di blog om ada yang berani pemasang iklan..dan itu jelas sekali iklan custom domain padahal dia sendiri sadar kalo om sudah menulis gratis ebooknya.

    menurut om jual saja ebook mu..kalo memang tulisanmu bagus dan berkualitas pasti laku khan :) sukses selalu buat eko.

    BalasHapus
  3. Wah asik bntar lge ebook bermutu bkal hdir nieh,apalage ngasihNa secra gratiz pula..Po'oke maknyuz

    BalasHapus
  4. Wah...!! Kok jadi begini ya..sesama blogger kok jadi bersaing kayak gini, aku jadi pengen ketawa aja...!!

    Make money online sudah merakuki pikiran para blogger nih kayaknya, jadi segala sesuatunya bisa di jadikan duit, duit dan duit..!

    Tidak bermaksud sombong, setelah membaca ebook-nya Om Agus itu saya berani mengunggulkan karya saya dari segi keteraturan materi dan tata bahasa (termasuk tanda baca!).

    Saran buat bung eko, (he..he. aku juga eko) mestinya kalau mau jual ini e-book ya tinggal di jual saja, kalau Anda yakin itu adalah karya Anda sendiri tidak perlu menjelek-jelekan tulisan orang segala..!

    Kalau boleh saya bilang "lebih susah membuat Ide dari pada menulis"

    Memang bener Cd telah di jelaskan secara detail oleh blogger, tapi saya yakin blogger indonesia khususnya yang newbe banyak tahu dari blog o-om, termasuk saya.

    Oh iya ijin doload juga ya?

    BalasHapus
  5. hihihi.. kebayang kalo saya bikin ebook, bahasa yg di pake asli bakal ancur amburadul, orang2 pasti bukan malah mengerti..eh malah bingung tujuh keliling... peace!!

    BalasHapus
  6. Hu'uh, koq jadi saingan gini ya bro. BTW berbagi ilmu aja..kalo dikasih gratis kan semakin bnyak yg download. Otomatis smakin nyebar jg.. kalo mau jualan ebook mending dipertimbangkan dl, kalo cuman seting BCD sih saya rasa selain OOM jg masih bnyak yg udah bulis, cuman gak dijadiin ebook aja. Sip sip..donload dl aja ntar koment lagi. Ijin sedot ke TKP bro

    BalasHapus
  7. komentar diatas pada panjang semua... hehehe. Saya cuma bisa bilang thanks buat bang ecko yang udah bagiin ebooknya secara gratis...

    BalasHapus
  8. @ Gnupi: Iya juga sih. Cuma saya tahunya Om saja, lagipula Om ini pula yang banyak membantu saya dalam meng-custom domain blog ini. Gitu...

    @ Oom: Saya yakin Om tidak akan pernah keberatan seandainya eBook tersebut saya jual. Tapi saya yang gak enak, Om. Toh, ilmunya kan dari Om. Gratisan lagi. :D Btw, sori ya kalo dalam posting di atas ada kata-kata yang buat Om tidak senang. Peace...

    @ Life Skill: Itu eBook perdana saya, jadi urusan kualitas kayanya masih perlu banyak perbaikan.

    @ Eko Priyanto: Thanks a lot atas komentarnya. Btw, salah ya kalo saya mengungkapkan sesuatu yg ada di kepala saya secara jujur?

    Saran juga nih, kalo mo download tinggal download aja, "tidak perlu menjelek-jelekan tulisan orang segala..!" "Aku jadi pengen ketawa aja...!!"

    Dan memang benar, "lebih susah membuat Ide dari pada menulis" alias lebih "susah berkarya daripada berkomentar". Iya kan???

    @ Rohman: Masa sih? Kan bisa buat blog. Saya yakin orang yang rajin ngeblog pasti bisa nulis. Coba aja.

    @ Fachia: Yah, namanya juga usaha, Non. Wong di luaran sana juga banyak orang jualan informasi yang sebenarnya bisa didapat gratis di internet. Hanya saja yang menjual itu kan sudah berusaha membantu dengan cara mengumpulkan informasi2 tersebut ke dalam satu file yang teratur dan enak dibaca, jadi gak perlu menghabiskan waktu banyak untuk mencari ke sana kemari. Btw, nggak pengen ketawa juga kan? :p

    @ Putra Eka: You're welcome, Bro.

    BalasHapus
  9. Gini lo eko..om yakin diri kamu punya kualitas..hanya cara penyampaian nya saja mungkin yang kurang pas..blog tempat orang mengungkapkan pikiran, tapi etika harus tetap dijaga..om tidak tau apa alasan mereka ingin tertawa, yang jelas dari sini kita bisa menilai pantas gak kita menjelekan orang yang sudah baik membantunya...coba ini tejadi pada kamu sendiri?

    om banyak menemukan orang2 pintar di luar sana, tapi mereka bisa menghargai karya orang lain, dan tidak sok pintar..ingat pembaca itu level nya berbeda, tulisan bagus belum tentu bisa dimengerti pembaca awam..maaf ko om tidak bermaksud menggurui kamu. apa lagi kamu salah satu yang om beri link dan rekomendasikan..ini ya balasan buat om terima kasih kalo gitu hehehe

    setelah om download, Menurut om ebook kamu sangat bagus dan layak dijual tanpa harus membandingkan ebook dodol milik om...

    Sukses selalu buat kamu :)

    BalasHapus
  10. oh sorry komen 2x, om rasa ini bukan masalah besar jadi tidak perlu di perpanjang..anggap saja ini untuk masukan buat kita berdua..seandainya km tidak membadingkan ebook dodol milik om dengan ebook yang kamu jual mungkin ebook kamu sudah om rekomendasikan ke pembaca lainnya, salam.

    BalasHapus
  11. Tambahin lagi biar tambah rame he..he..

    Memang tidak salah jika Anda ngungkapkan sesuatu yg ada di kepala Anda secara jujur.

    Sebagai orang yang merasa pernah di bantu melakukan Custom Domain sama OM, Tidak semestinya Anda Mengatakan Demikian Pada Postingan Anda ini

    "Tidak bermaksud sombong, setelah membaca ebook-nya Om Agus itu saya berani mengunggulkan karya saya dari segi keteraturan materi dan tata bahasa (termasuk tanda baca!)."

    Pastinya secara tidak langsung dengan membaca kalimat tersebut, saya beranggapan bahwa Anda telah Membandingkan E-book karya Anda dengan E-book karya Agus Ramadhani.

    Saya sering baca komentar-komentar anda di blog-blog yang lain, pada saat Anda melakukan Custom Domain telah di bantuin oleh om.

    gimana saya tidak ketawa, orang yang pernah di bantuin custom domaoin kok malah membanding-bandingkan kayak gitu.

    kalau bahasa jawanya "di kasih hati ngrogoh rempelo"

    Maaf saya bukan bermasud membela Oom saya cuma ingin menjawab komentar Anda..!

    PS : Yang menjelekan tulisan orang lain Saya atau Anda?

    BalasHapus
  12. oh iya ada yang lupa...!! Saya download E-Book CD yang Anda buat bukan karna saya membutuhkan itu, Paling tidak dengan saya mendownload e-book itu kan jadi tambah $$$ walaupun cuma sak iprit.

    Toh tanpa saya download E-book itu saya juga bisa melakukan Custom Domain, Tanpa di bantuin O-om malah, walaupun saya juga kenal dengan OM!

    Kesanya kalau Anda bilang kalau mau donwnload tinggal di donwload aja...!! Seolah-olah saya membutuhkan banget E-book tersebut he..he..

    Dan memang benar, "lebih susah membuat Ide dari pada menulis" alias lebih "susah berkarya daripada berkomentar". Iya kan???

    Iya memang benar, Kalau tidak mau berkarya dan di berikan komentar atas karya orang lain, ya mending duduk manis makan kacang sambil nonton bola aja, ngapain capak-capek bikin E-book segala he..he...

    BalasHapus
  13. lo ko seperti ini ceritanya :D :D bukannya mau ikut campur tapi kalau masalah custum domain blogger memang udah banyak yang nulis dan menurut saya sih kalau sesama blgger itu ga usah saling banding-membanding kan sama2 belajar tapi buat bang eko gimana kalau ebooknya itu di lemparkan kepasaran buku saya rasa itu bisa soalnya saya belum liat tuh buku panduannya..dan semoga mas eko tetap mau berbagi ilmu dengan sesama blogger apa lagi dengan yang newbie kayak saya...ayo kembangkan terus e-booknya...

    BalasHapus
  14. Negara sedang rusuh, di blogosphere kok ikut rusuh juga. Eko Priyanto itu yang beberapa bulan lalu bikin heboh dengan bilang bayumukti itu sombong ya...
    Sudah mas Eko Nurhuda, ga perlu diperpanjang. Toh sudah dibagikan gratis, semua sudah bisa download.. Semoga semua bisa senang ;)

    BalasHapus
  15. @ Semua: Hehehe, terima kasih atas komentarnya. Saya mengaku salah. Saya sudah bersikap SOMBONG dan juga terpancing emosinya. Mohon maaf saya ucapkan khusus untuk:

    Om Agus: Amal jariah Om sewaktu membantu saya tidak akan pernah terbayar. Mohon maafkan kebodohan saya ini. Sebagai permohonan maaf, kalimat yang membandingkan eBook karya saya dengan eBook karya Om saya ganti.

    Eko Priyanto: Maaf, saya sudah terpancing. Anda benar dan seharusnya saya tidak perlu memperpanjang komentar Anda. Thanks sudah mau tulis komentar panjang lebar. Mudah-mudahan bukan karena emosi.

    @ Noval & Ipung: Thanks, untung yang terakhir kali komentar Anda berdua.

    BalasHapus
  16. Weleh posting ini toh yang bikin ecko sms dini hari hahahaha... seru juga ya tapi cko ambil hikmahnya aja dengan banyak komentar jadi traffic meningkat heheh jadi pingin cepat2 nyelesaiin ebookku juga ah cuma saya sih ga niat jual tapi digretongin heheheheh

    BalasHapus
  17. Wah ada rame-rame ya ? saya baru tahu...

    Tapi syukur ya sekarang udah adem kondisinya.

    Damai untuk Indonesia

    BalasHapus
  18. good...

    tapi klo kita dah beli domain sendiri gmna settingnya mas???

    BalasHapus