Boleh tidaknya menulis review dalam bahasa Indonesia memang masih belum jelas. Saya sendiri sempat punya niat untuk menanyakan hal ini langsung pada SponsoredReviews, namun tidak pernah saya lakukan karena satu dan lain hal. Yang saya lakukan kemudian hanyalah membaca-baca ToS SponsoredReviews dan menafsirkannya sendiri. So, kalau kemudian saya berani menulis beberapa review dalam bahasa Indonesia, itu merupakan hasil penafsiran saya pada ToS tersebut.

Mungkin ada yang berpendapat saya cuma sok nekat, mengingat ketentuan SponsoredReviews sendiri sudah jelas-jelas mengatakan bahwa “review harus ditulis dalam bahasa Inggris”. Tapi kalimat dalam poin tersebut tidak berhenti sampai di situ saja. Ada kelanjutannya yang kurang lebih berarti “kecuali ditentukan lain oleh advertiser”. Nah, pada kenyataannya sikap advertiser juga macam-macam. Ada yang jelas-jelas mengharuskan review ditulis dalam bahasa Inggris, ada yang membebaskan blogger untuk menulis dalam bahasa apa saja, dan kebanyakan malah tidak menyinggung sama sekali mengenai bahasa yang harus digunakan.

Oke, katakanlah sebenarnya review berbahasa Indonesia tidak boleh, lantas kenapa saya berani menulis beberapa review dalam bahasa Indonesia? Jawabannya adalah pada judul dan deskripsi blog yang ada di sistem SponsoredReviews. Saya mengubah judul dan deskripsi blog ini sehingga advertiser segera tahu kalau bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan semua review di blog ini juga akan dituliskan dalam bahasa tersebut. Jadi, kalau advertiser menerima bid dari blog ini, maka saya anggap advertiser tersebut sudah tahu ketentuan ini dan menyetujuinya.

Pada saat mendaftarkan blog, kita harus mencantumkan bahasa blog pada bagian judul bila blog yang didaftarkan tidak berbahasa Inggris. Dan memang SponsoredReviews menerima blog yang tidak berbahasa Inggris. Nah, inilah yang saya jadikan celah untuk mencari jalan bagaimana supaya dapat menulis review dalam bahasa Indonesia. Soalnya lucu kan kalau blog berbahasa Indonesia koq tiba-tiba memuat posting berbahasa Inggris.

Maka pada bagian judul saya tuliskan begini “EkoNurhuda.com – A PR 4 Indonesian Personal Business Blog”. Jadi begitu advertiser melihat blog saya mereka akan langsung tahu kalau blog ini adalah blog berbahasa Indonesia. Lalu keterangan tambahan saya tuliskan di bagian deskripsi yang menyatakan bahwa EkoNurhuda.com adalah blog berbahasa Indonesia. Apabila advertiser menerima bid dari blog ini, maka berarti menyetujui bahwa review akan ditulis dalam bahasa Indonesia. Itu saja.

Sampai saat ini sudah ada beberapa review yang saya tulis dalam bahasa Indonesia. Jujur saja awalnya saya ada ketakutan kalau-kalau SponsoredReviews tidak menerimanya. Ternyata sejauh ini lancar-lancar saja. Berhubung di SponsoredReviews tidak ada proses approval seperti di Blogvertise, Smorty ataupun situs paid review lain, maka begitu alamat URL review di-submit jumlah dolar dalam account saya secara otomatis langsung bertambah. Dan semua komisi review tersebut sudah saya terima.

Seperti sudah saya katakan di posting sebelumnya, keberanian menulis review dalam bahasa Indonesia ini hanyalah penafsiran pribadi saya pada beberapa butir ketentuan (ToS) SponsoredReviews. Itu artinya Anda bisa jadi mempunyai penafsiran dan sikap berbeda. So, apapun pendapat Anda, saya akan sangat senang sekali jika Anda bersedia menuangkannya dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.