Beberapa waktu lalu saya pernah bercerita mengenai betapa baiknya Blogvertise. Saat itu saya mempunyai beberapa task yang ternyata sebagian sudah expired. Setengah berspekulasi saya tetap menggarap task tersebut dan men-submit alamat URL reviewnya ke situs Blogvertise. Tapi yang namanya sistem komputerisasi, sekali dibilang expired ya tetap expired. No compromise bagi mesin.

Lain mesin lain pula customer service yang manusia. Eh, tapi customer service apa partner service sih? Kita kan partner, bukan customer. Well, whatever-lah. Kembali ke cerita tadi. Berhubung nilai task tersebut lumayan ($10/task), maka saya coba-coba komplain ke CS-nya. Biasanya yang menjawab Lorie atau Cheryl, namun kali ini saya dibantu oleh Marie Ossoris. Dan poin pentingnya adalah: task yang sudah expired tadi di-reassign (duh, bahasa Indonesianya apa ya?) oleh Marie dan sayapun tetap bisa mendapatkan $10 saya. Alhamdulillah.

Ternyata kebaikan hati Blogvertise tidak sampai di situ saja. Tidak hanya untuk urusan task yang expired. Pengalaman saya baru-baru ini memberikan lebih dari itu. Dan sampailah saya pada kesimpulan betapa luar biasanya Blogvertise. Setidaknya, sampai saat ini untuk urusan customer (atau partner) service Blogvertise adalah yang teratas. Ini bukan pujian gombal. Bukan pula karena Blogvertise adalah salah satu sumber dolar andalan saya. Posting ini hanyalah ungkapan terima kasih saya pada Blogvertise yang telah turut menyelamatkan periuk nasi saya. :))

Ngomong-ngomong, apa sih kejadiannya?

Oke. Ceritanya saya beberapa waktu lalu dapat banyak task. Nilainya semua $10/task. Cuma sialnya itu task untuk blog saya yang sudah tidak eksis lagi, yakni Eko-Nurhuda.blogspot.com. Blog ini kan sudah saya custom domain sehingga alamatnya berubah jadi EkoNurhuda.com. Sayapun lantas teringat Marie dan meminta bantuannya untuk mengatasi persoalan ini. Saya jelaskan duduk perkaranya dan saya ajukan beberapa alternatif solusi yang dapat dijadikan pertimbangan olehnya.

Alternatif pertama, saya minta Marie untuk mengubah alamat blog saya dari alamat lama di BlogSpot menjadi yang sekarang. Kedua, saya daftarkan EkoNurhuda.com ke Blogvertise dan kemudian Marie mengoper task yang ditujukan untuk Eko-Nurhuda.blogspot.com ke EkoNurhuda.com. Saya yakin kedua alternatif yang saya tawarkan tersebut dapat dilakukan oleh Marie, terutama opsi kedua. Namun entah kenapa koq tidak ada perubahan dan ujung-ujungnya malah account saya yang di-suspend.

Wow, tentu saja saya terkejut sewaktu masuk ke member area dan tertulis “Status: Suspended”. Waduh! Buru-buru saya kontak Marie dan bertanya kenapa account saya di-suspend? Sekalian juga saya jelaskan kalau komisi saya masih banyak yang belum dibayarkan karena belum sampai tanggal pembayarannya. Nah, kalau sudah di-suspend kan berarti dolar tersebut jadi hangus? Saya tentu saja tidak rela dan bilang ke Marie kalau memang saya di-suspend mohon komisi tetap dibayarkan. Maksa banget gak sih?

Di sinilah keistimewaan Blogvertise terlihat. Besoknya saat saya membuka mailbox terdapat balasan dari Marie. Ia menjelaskan bahwa account saya tidak ada yang di-suspend. Komisi yang ada di account saya juga akan tetap dibayarkan bila saatnya sudah tiba. Ooh, betapa leganya. Dan benar saja. Begitu saya buka situs Blogvertise dan masuk ke member area, di bagian atasnya tertulis “Status: Approved”. Alhamdulillah. Tidak jadi kehilangan satu sumber penghasilan deh. :))

Sayangnya persoalan task untuk blog yang sudah tidak eksis tadi tidak ada penyelesaian. Akhirnya dengan terpaksa saya men-decline task-task tersebut. Yah, daripada nekat saya garap tapi ujung-ujungnya jadi masalah? Sayang juga sih. $10 dikali 5 kan $50 alias Rp 450.000 (dengan kurs Rp 9000)? Ya sudah, itu berarti bukan rejeki saya. Insya Allah ada gantinya nanti. Mudah-mudahan saja lebih banyak. Hehehe…. Eh, amin.