Seumur-umur menjadi blogger, belum pernah sekalipun saya ikut forum-forum blogger tertentu. Baik yang sifatnya formil, maupun sekedar nongkrong-nongkrong. Bukannya sombong, saya itu justru pemalu sekali. Merasa masih anak bawang di jagat blogosphere, saya gak punya cukup mental untuk join sama blogger lain. Apalagi blogger kelas-kelas senior di komunitas beken macam CahAndong, Jumatan, dll.

Nah, terdorong oleh keinginan untuk menambah ilmu dan wawasan seputar blog, maka sayapun memutuskan ikut workshop dan talkshow seputar blog dalam rangkaian acara National IT eXpo (NIX) 2008 yang digelar di Joga Expo Center (JEC). Acara yang digawangi anak-anak CahAndong ini diadakan kemarin, mulai pukul 12.00-17.00. Tapi itu teori di atas kertas lho. Pada kenyataannya acara baru dimulai sekitar jam 1 kurang dikit banget. :D Biasalah, orang Indonesia gitu lho...

Acara terbagi atas 2 sesi. Yang pertama workshop pembuatan blog yang diisi oleh Ekowanz, dilanjutkan dengan talkshow yang dimoderatori oleh Tika. Di sinilah asyiknya. Panitia menghadirkan 3 pembicara yang cocok sekali dijadikan tempat belajar. Yaitu Herman Saksono (blogger senior dan web designer), FX Bambang Irawan (jurnalist Tabloid Sinyal) dan BM Adam dari Majalah InfoKomputer. Saya mencatat beberapa pandangan menarik dari mereka. Tentu saja ini hanya pandangan dan ketertarikan pribadi saya saja lho. Jadi, Anda yang juga hadir kemarin sangat mungkin menangkap hal menarik lain yang luput dari mata saya (Mba yangg cantik banget di stand Rumahweb mungkin :p).

Dari Herman Saksono saya mendapat pelajaran penting bahwa menjadi blogger merupakan satu proses. Kalau orang Italia punya pepatah "Roma tidak dibangun dalam semalam", maka blogger juga punya pepatah serupa tapi tak sama: "Blog tidak dibangun dalam semalam". Buat blog memang bisa kelar dalam hitungan menit. Tapi me-manage dan me-mantain blog itu yang butuh waktu serta proses sampai akhirnya kehadiran blog kita diterima oleh penghuni dunia maya lain. Awalnya mungkin yang mengunjungi dan membaca baru kita sendiri, tapi seiring perjalanan waktu lama-kelamaan bakal ramai. Intinya, jangan pernah berhenti berusaha menaikkan peringkat dan popularitas blog kalau ingin terus eksis di jagat blogosphere.

Kalau dari FX Bambang Irawan, ada 1 statement menarik yang saya tangkap. Menurutnya blog telah mengembalikan budaya Indonesia yang telah lama dilupakan, yakni budaya menulis dan membaca. Istilah kerennya sih kesusasteraan. Dulu Indonesia tenar karena kuatnya tradisi ini. Mulai dari jamannya Mpu Tantular, Mpu Kanwa dan Mpu-Mpu yang lain, lalu dilanjutkan oleh generasi Hamzah Fansuri, kemudian Chairil Anwar. Ya, Indonesia sempat punya karya-karya besar yang tak hanya dikenal di nusantara, tapi juga negara-negara serumpun bahkan mancanegara. Sekarang, seiring dengan makin banyaknya media hiburan, budaya membaca itu lambat-laun hilang. Lihat saja perpustakaan yang selalu sepi. Nah, menurut Bambang, blog berpotensi untuk mengembalikan budaya tersebut.

Pendapat BM Adam juga bagus. Menurut Managing Editor InfoKomputer ini blog merupakan wujud kerelaan kita untuk berbagi terhadap sesama. Ya berbagi ilmu, berbagi pengetahuan dan hal lain yang dibutuhkan orang lain. Yang tahu banyak soal Google AdSense menulis tentang seluk-beluk program tersebut di blognya, lalu yang lain lagi menulis topik lain yang dikuasainya. Tidak semua orang bisa berbagi lho, jadi blogger merupakan sosok-sosok yang patut diberi penghargaan khusus untuk itu.

Apalagi ya? Pokoknya acaranya seru banget deh. Bukan karena saya dapat souvenir dari RumahWeb, juga bukan karena saya lihat Gunawan pake kaos bertuliskan "I love Miyabi". Banyak ilmu dan wawasan yang saya dapat dari seluruh rangkaian acara ini. So, thanks a lot buat kru CahAndong.