Selamat datang di ...

07 Mei 2008

Seumur-umur menjadi blogger, belum pernah sekalipun saya ikut forum-forum blogger tertentu. Baik yang sifatnya formil, maupun sekedar nongkrong-nongkrong. Bukannya sombong, saya itu justru pemalu sekali. Merasa masih anak bawang di jagat blogosphere, saya gak punya cukup mental untuk join sama blogger lain. Apalagi blogger kelas-kelas senior di komunitas beken macam CahAndong, Jumatan, dll.

Nah, terdorong oleh keinginan untuk menambah ilmu dan wawasan seputar blog, maka sayapun memutuskan ikut workshop dan talkshow seputar blog dalam rangkaian acara National IT eXpo (NIX) 2008 yang digelar di Joga Expo Center (JEC). Acara yang digawangi anak-anak CahAndong ini diadakan kemarin, mulai pukul 12.00-17.00. Tapi itu teori di atas kertas lho. Pada kenyataannya acara baru dimulai sekitar jam 1 kurang dikit banget. :D Biasalah, orang Indonesia gitu lho...


Acara terbagi atas 2 sesi. Yang pertama workshop pembuatan blog yang diisi oleh Ekowanz, dilanjutkan dengan talkshow yang dimoderatori oleh Tika. Di sinilah asyiknya. Panitia menghadirkan 3 pembicara yang cocok sekali dijadikan tempat belajar. Yaitu Herman Saksono (blogger senior dan web designer), FX Bambang Irawan (jurnalist Tabloid Sinyal) dan BM Adam dari Majalah InfoKomputer. Saya mencatat beberapa pandangan menarik dari mereka. Tentu saja ini hanya pandangan dan ketertarikan pribadi saya saja lho. Jadi, Anda yang juga hadir kemarin sangat mungkin menangkap hal menarik lain yang luput dari mata saya (Mba yangg cantik banget di stand Rumahweb mungkin :p).

Dari Herman Saksono saya mendapat pelajaran penting bahwa menjadi blogger merupakan satu proses. Kalau orang Italia punya pepatah "Roma tidak dibangun dalam semalam", maka blogger juga punya pepatah serupa tapi tak sama: "Blog tidak dibangun dalam semalam". Buat blog memang bisa kelar dalam hitungan menit. Tapi me-manage dan me-mantain blog itu yang butuh waktu serta proses sampai akhirnya kehadiran blog kita diterima oleh penghuni dunia maya lain. Awalnya mungkin yang mengunjungi dan membaca baru kita sendiri, tapi seiring perjalanan waktu lama-kelamaan bakal ramai. Intinya, jangan pernah berhenti berusaha menaikkan peringkat dan popularitas blog kalau ingin terus eksis di jagat blogosphere.

Kalau dari FX Bambang Irawan, ada 1 statement menarik yang saya tangkap. Menurutnya blog telah mengembalikan budaya Indonesia yang telah lama dilupakan, yakni budaya menulis dan membaca. Istilah kerennya sih kesusasteraan. Dulu Indonesia tenar karena kuatnya tradisi ini. Mulai dari jamannya Mpu Tantular, Mpu Kanwa dan Mpu-Mpu yang lain, lalu dilanjutkan oleh generasi Hamzah Fansuri, kemudian Chairil Anwar. Ya, Indonesia sempat punya karya-karya besar yang tak hanya dikenal di nusantara, tapi juga negara-negara serumpun bahkan mancanegara. Sekarang, seiring dengan makin banyaknya media hiburan, budaya membaca itu lambat-laun hilang. Lihat saja perpustakaan yang selalu sepi. Nah, menurut Bambang, blog berpotensi untuk mengembalikan budaya tersebut.

Pendapat BM Adam juga bagus. Menurut Managing Editor InfoKomputer ini blog merupakan wujud kerelaan kita untuk berbagi terhadap sesama. Ya berbagi ilmu, berbagi pengetahuan dan hal lain yang dibutuhkan orang lain. Yang tahu banyak soal Google AdSense menulis tentang seluk-beluk program tersebut di blognya, lalu yang lain lagi menulis topik lain yang dikuasainya. Tidak semua orang bisa berbagi lho, jadi blogger merupakan sosok-sosok yang patut diberi penghargaan khusus untuk itu.

Apalagi ya? Pokoknya acaranya seru banget deh. Bukan karena saya dapat souvenir dari RumahWeb, juga bukan karena saya lihat Gunawan pake kaos bertuliskan "I love Miyabi". Banyak ilmu dan wawasan yang saya dapat dari seluruh rangkaian acara ini. So, thanks a lot buat kru CahAndong.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

15 komentar:

  1. hah?!
    mbak yang cantik sekali?
    ah.. makasih..
    **memerah**

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah bersedia datang :)

    BalasHapus
  3. hihihi...

    saya baru sadar kalo konten talkshownya ternyata bisa menarik juga seperti itu...

    mungkin memang suasana kemarin yang kurang pas untuk ngobrol beginian... :D

    dateng lagi aja hari ini, mas... kita ngobrol2 lagi:D

    BalasHapus
  4. Hiks jadi ngiri..... padahal pengen dateng tapi jauh.. hiks....

    BalasHapus
  5. lebih cantik mbak yang di labwireless lho. :D

    BalasHapus
  6. Mas eko..tolong link ke blog saya di betulkan ya mas..menjadi www.yusaindera.com...thanks mas eko..

    BalasHapus
  7. Seru nih acaranya..mimpi aku bisa hadir kayak ginian..soal daerahku blogger aja bisa dihitung dengan jari kali..habis ampe sekarang belum ketemu blogger satu daerah didunia maya ini.. :<

    BalasHapus
  8. Saya pengen memerah juga seperti Tika, tapi sama aja ga bakal keliatan. Malah nanti merah item kaya orang kerokan.. Mending memerah susu..
    Thx Boss sudah bersedia ngedengerin kita ngedumel tempo hari. Perspektif tambahan dari Boss atas poin saya yang soal para Empu itu keren sekali.. :D

    BalasHapus
  9. rame ya acaranya ko..sayang om gak bisa datang..padahal pengen banget kenal blogger jogja..abis sibuk banget ko....

    BalasHapus
  10. Seru neh kayaknya, coba datangnya ke tiap kota bakalan asik tuh.

    BalasHapus
  11. APA?

    Saya di hari pertama pakai I Love Miyabi warna hitam, dan di hari kedua warna putih.... *bangga*

    *kabur*

    BalasHapus
  12. @ Tika: Idih, yg aq maksud Mba yg rambut panjang dan gak pake kacamata lho...

    @ Herman S.: Duh, gak kebalik tuh? Seharusnya kami para peserta yg berterima kasih sama para pembicara sekalian. So, thanks ya...

    @ Leksa: Hehe, kan emang menarik bgt. Eh, kecuali 1 ding: moderator yg sok sibuk. :p

    @ Zalukhu: Ngadain sendiri aja di Nias, Bang. Sekalian mbantu program pemerintah untuk memasyarakatkan IT.

    @ Funkshit: Iya, tapi Mba yg itu pake rok mini, jd serba salah ngeliatnya. :p Btw, Tika juga ke-GR-an tuh. Pdhl yg aq maksud kan Mba yg jaga counter RumahWeb.

    @ Yusa: :D Ini kaya lagi asyik2 nonton film di TV, eh tahu2 ada iklan. :p Oke, tar dibaikin.]

    @ Tony: Kalo gitu Tony yg ngajarin mereka2 biar pada bisa ngeblog.

    @ Pak Bambang: Sama-sama, Pak (boleh manggil Mas gak sih?). Kami juga berterima kasih atas ilmu dan wawasan yg diberikan.

    @ Oom: Deu, yg sibuk. banyak orderan ya? Bagi2 dong.

    @ Putra Eka: Gampang, tar pas aq plg ke Jambi kita adain sendiri aja. Oke?

    @ Goen: :D Asli, aq ngesir bgt sama kaos itu. Ini jg lagi hunting di Kaskus. :p

    BalasHapus
  13. Weks ngadain sendiri di Nias boleh sih tapi eko yang sponsorin yach wkwkwkw

    BalasHapus
  14. oh ini ya acara yang waktu itu maz ceritain.
    Maz, gmna e-book-na??sukses toh??? Maz, hp nta gr kamis yg lalu ilang...nmr hp nta blm bener... jd nta ganti nmr... maz kasih nmr maz ya ke nta via email aza jg gpp :-)

    BalasHapus
  15. @ Zalukhu: Enak aja! Di mana-mana ya tuan rumah yg menjamu.

    @ Shinta: Iya, itu dia acaranya. Btw, koq bisa ilang sih..????

    BalasHapus