Ini pengalaman pribadi saya dengan Blogvertise, salah satu program paid review andalan saya dalam menjaring dolar. Anda yang juga member Blogvertise mungkin pernah mengalami hal serupa, so jangan lupa berbagi ya. Buat yang belum pernah mengalami hal seperti ini, semoga saja cerita ini bisa jadi bahan referensi atau hitung-hitung biar ngerti kalau suatu saat mengalami kejadian serupa.

Ceritanya begini. Karena lagi terserang demam, saya beberapa hari sempat tidak online. Boro-boro untuk duduk sejam dua di warnet, lha wong setiap 10-15 menit sekali saya harus bolak-balik ke (maaf) toilet untuk 'setoran'. Lho, katanya demam, koq malah cerita bolak-balik ke toilet? Iya, saya demam karena (maaf lagi) mencret parah. Tahu sendiri kan kalau mencret alias diare itu bisa menguras cairan tubuh. Maka dari itulah saya drop dan demam dua hari dua malam. Sakiiiit...! :D

Nah, karena tidak online itulah beberapa task dari Blogvertise jadi terbengkalai. Tidak banyak sih, cuma ada beberapa review seharga $10. Sewaktu back to dunia maya, saya harus kebut-kebutan sama jadwal deadline yang tinggal hitungan jam. Alhamdulillah beberapa masih bisa disubmit tepat waktu walaupun di hari jatuh temponya. Eh, yang bikin dongkol, task terakhir koq ya malah sudah tidak diterima lagi karena sudah terhitung expired (padahal sudah kadung dipublikasikan). Duh, bisa melayang nih $10 untuk cadangan pemasukan bulan depan.

Awalnya saya mau pasrah. Biarin deh yang satu itu dihitung amal saja buat advertiser. :D Eh, tapi dipikir-pikir koq sayang juga ya. $10 dikali Rp 8.900 saja sudah jadi Rp 89.000, lumayan tuh buat makan beberapa hari. Lagipula blogger masa iya pasrah sama kondisi sih? BBM naik saja tidak takut, masa iya cuma hal sepele kaya gini mau pasrah? Nanti dulu. Tengsin dong! Maka sayapun coba-coba melayangkan 'pengaduan' ke Blogvertise melalui "Help Desk" mereka.

Saya tulis sebuah email yang menyatakan bahwa saya baru saja menyelesaikan satu task dan sudah dipublikasikan. Namun saat hendak men-submit task tersebut ternyata sistem menyatakan bahwa task saya expired. Dengan berlagak bloon saya protes, masa iya task yang dikerjakan tepat di hari ke-7 sejak saat diterima koq sudah dibilang expired? Kan seharusnya task tersebut expired terhitung sejak hari ke-8, bukan di hari ke-7. Tentu saja saya salah, wong aturan Blogvertise jelas-jelas menyatakan bahwa sebuah task akan expired setelah lewat 5 hari. Hehehe, namanya juga usaha. :D

Meskipun bernada protes, namun saya menggunakan bahasa Inggris kromo inggil alias yang sehalus mungkin. Kan lagi merayu biar $10-nya gak hangus nih ceritanya, jadi harus sopan dong bahasanya. Ternyata, eh, ternyata, tak lama kemudian datang email balasan dari Blogvertise (melalui Marie, biasanya kalau tidak Lori ya Cheryl). Isinya menyatakan bahwa task yang dinyatakan expired kemarin itu diaktifkan kembali. Jadi sama Blogvertise task tersebut di-reassign (entah bahasa Indonesianya apa) sehingga dihitung sebagai task baru. Horee, akhirnya $10 itu tidak jadi melayang deh. :D Tidak lupa setelah itu saya melayangkan sebuah email lagi yang menyatakan rasa terima kasih karena sudah me-reassign task tersebut.

Itu dia pengalaman saya. So, kalau suatu saat Anda mengalami kejadian serupa, kontak saja Blogvertise dan bilang bahwa task yang expired itu sudah terlanjur Anda kerjakan. Minta (atau mohon) pada Blogvertise untuk me-reassign task tersebut. Oya, jangan lupa berlagak bloon. :) Insya Allah Blogvertise dengan senang hati akan membantu Anda. Toh, kalau Anda memperoleh bonus Blogvertise juga bakal kecipratan. Jadi, pede aja lagi!

Semoga bermanfaat.