Beberapa pertanyaan seputar Ask2Link sempat menumpuk di mailbox saya. Karena akhir-akhir ini hanya bisa ol sebentar sekali (paling lama 2 jam, padahal sebelumnya bisa sampai 5-6 jam sehari lho), maka pertanyaan-pertanyaan itu hanya tetap tertumpuk saja di mailbox. Dan hari ini saya luangkan sedikit waktu khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang program Ask2Link tersebut. Mumpung waktunya ada. Hehehe...

Dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk, sebagian besar merupakan pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sudah pernah saya tulis sebelumnya. Seperti penjelasan singkat tentang program Ask2Link di posting ini, atau bukti pembayaran dari Ask2Link yang pernah saya terima di posting yang ini. Pertanyaan yang memang belum pernah saya bahas memang ada, tapi sebenarnya jawabannya bisa dicari di situs Ask2Link koq. Cuma tak apa-apalah, biar saya bahas di sini meskipun hanya sekilas.

Untuk bisa mencicipi manisnya penghasilan dari Ask2Link, pertama-tama tentu kita mesti daftar sebagai member. Pertama kita mendatarkan diri dan mengisi data-data pribadi seperti nama, alamat e-mail, username, password, account PayPal, dan mau jadi Publisher, Advertiser, atau dua-duanya, Setelah itu tunggu deh approval dari admin Ask2Link. Tapi biasanya sih langsung diterima, paling cuma harus menunggu beberapa jam atau paling lama sehari.

Nah, setelah mendaftarkan diri langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog yang akan dijadikan tempat memasang link-link dari advertiser. Blog berbahasa apa saja terserah, yang penting peringkat (Technorati, Alexa, page rank, dll) dan popularitasnya tidak begitu mengecewakan. Tahu sendiri kan kalau jualan link itu modalnya peringkat dan popularitas tinggi? Jadi ya sebisa mungkin daftarkan blog yang paling tinggi peringkatnya dan paling bagus popularitasnya. Tapi jangan kaget kalau sewaktu-waktu kena gebuk Om Google. Hehehe...

Setelah mendaftarkan blog apa lagi? Saatnya memasang widget Ask2Link ke blog yang didaftarkan..! Untuk itu silakan login ke member area, lalu klik deh menu "Publisher". Habis itu klik sub menu "My Sites". Kalau Anda belum pernah mendaftarkan blog, maka Anda bisa mendaftarkan blog melalui halaman itu. Tapi kalau sudah tinggal menginstal saja. Caranya gampang koq. Orang cuma butuh satu klik dan petunjuknya ada di halaman itu juga. Asal Anda teliti dan sabar pasti bisa. Dijamin! :))

Setelah widget Ask2Link terpasang di blog, berarti Anda tinggal menunggu iklan link yang masuk. Tidak ada patokan waktu yang pasti berapa lama kita bakal dapat iklan. Tapi (lagi-lagi) kuncinya memang harus sabar deh. Saya sendiri kebetulan termasuk cepat mendapat iklan, meskipun harganya cuma $8/link. Ada teman lain yang sudah berbulan-bulan pasang widget masih juga belum dapat iklan. Jadi ya memang lain-lain, tergantung bagaimana kita memoles dan merawat blog yang didaftarkan.

Oke, sepertinya itu saja ya. Mudah-mudahan posting ini dapat membantu teman-teman yang masih bingung dengan tata cara berburu uang melalui Ask2Link.