Selamat datang di ...

23 Mei 2009

Masih ingat gambar di sebelah? Ya, ini momen saat Yunani merebut gelar juara Piala Eropa 2004 di Portugal. Sebuah momen bersejarah yang rasanya bakal melekat lama di ingatan para pecinta bola. Kenapa? Karena kemenangan Yunani sangat di luar dugaan. Masuk sebagai underdog, tapi Yunani justru keluar sebagai juara. From zero to hero.

Nothing is impossible. Adidas selaku sponsor apparel Yunani langsung memanfaatkan momen tersebut untuk lebih mempopulerkan jargonnya. Segera saja kalimat 'nothing is impossible' terlihat di mana-mana bersama foto timnas Yunani sedang merayakan kemenangan di Euro 2004. Ya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Bahkan Pablo Picasso, pelukis tersohor Spanyol pernah mengatakan 'Everything you can imagine is real'.


Suatu malam, saya chat dengan seorang rekan blogger. Sebut saja namanya Popo. Karena sudah sangat akrab, saya tak sungkan-sungkan menceritakan sebuah rencana padanya. Bukan rencana saya, tapi rencana seorang rekan lain di mana saya diajak terlibat menggarapnya. Apa rencananya? Tak muluk-muluk koq, mendirikan sebuah portal berita khusus Jogja.

Ketika rencana tersebut saya ceritakan pada Popo, dia bertanya "Mau menyaingi Detik?". Saya jawab enteng, "Who knows?". Eh, koq dia mengirim gambar orang tertawa dan menambahinya dengan kalimat, "Susah, Ko. Orang Okezone saja masih belum bisa menyamai Detik." Lagi-lagi saya jawab enteng, "Itu kan Okezone." Lalu pembicaraan jadi mengambang, jadi serba tidak enak.

Well, mungkin Popo benar tentang tak mungkin kami menyaingi Detik. Menyamainya pun mungkin susah. Tapi vonis ini terlalu dini dan sangat tidak adil. Bagaimana tidak? Detik sudah beroperasi sebagai situs berita sejak 1 Juli 1998, sementara kami baru sekedar rencana. Bahkan membandingkan Detik dengan Okezone juga tidak adil karena Okezone baru berjalan beberapa tahun belakangan. Tentu sebuah pembandingan yang tidak tepat.

Khusus soal rencana pembuatan situs berita lokal Jogja, rekan saya sudah membeberkan konsepnya kepada saya saat kami bertemu beberapa bulan lalu. Sebuah konsep cerdas yang bila itu dijalankan bakal sangat luar biasa hasilnya. Dan rencana itu sudah mulai direalisasikan oleh rekan tersebut. Ia pun sudah meminta saya untuk mencarikan beberapa anak AKY yang mau menjadi reporter di situsnya tersebut. Saya sendiri ditawari dua posisi: jadi reporter atau redaktur. :))

Sekali lagi, mungkin Popo benar saat mengatakan kami tak mungkin menyaingi Detik. Tapi pernyataan ini masih butuh kata tambahan. Ya, kami tidak mungkin menyaingi detik sekarang, tapi 5-10 tahun lagi siapa tahu? Apalagi saya tahu persis rekan yang punya ide membuat situs berita lokal Jogja tersebut punya jaringan sangat luas. Maklum, ia pernah jadi wartawan di Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka, Solopos, dan terakhir menjadi manajer di beberapa radio swasta.

Kembali ke cerita Yunani. Saat Euro 2004 dimulai, tak satupun pengamat berani memprediksi Yunani bakal jadi juara. Pasalnya, rekor internasional Yunani teramat buruk. Lebih sering absen di turnamen antarnegara dan tidak pernah menang di ajang internasional yang diikutinya membuat Yunani diposisikan hanya sebagai pelengkap Euro 2004. Apalagi Yunani tergabung di Grup A bersama Portugal, Spanyol dan Rusia yang peringkat FIFA-nya jauh lebih tinggi.

Publik mulai tercengang ketika tuan rumah Portugal berhasil mereka tundukkan di partai pembuka. Lalu satu demi satu raksasa Eropa mereka gilas. Rep. Ceska, Prancis, dan Portugal untuk kedua kalinya di partai final. So, nothing is impossible.

Catatan: Foto dari SkySport.com dan Freewebs.com.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

35 komentar:

  1. Waktu pertama kali ngeblog sambil nyari dollar saya juga sempat tidak percaya. Saya coba mbuat 1 posting untuk blog di handphone solution, trus saya daftarkan ke google, setelah 3 hari dapat balasan kalo saya diijinkan bergabung di google adsense. Setelah 8 bulan baru saya dapat $100 pertama saya. Kesimpulannya, dicoba saja belum masak sudah berpikiran tidak berhasil

    BalasHapus
  2. Betul mas Eko..nothing is impossible..asal ada usaha. No pain no gain..kalo kata orang bule..he2.

    BalasHapus
  3. Iyya mas eko...dulunya juga kupikir blog yahud gini dgn PR 3 yaa waktu itu...nggak bakalan kejeduk gamparan oom Google lho...lha sekarang...kena juga!

    Blog ku yg dulu juga begitu...thak 'macem-macemi' dah, PR nya nggak naek--naek. Bisakah juga blog yg dah kena 'damprat' gini dapet PR lagi...?

    Nothing is impossible...???

    BalasHapus
  4. Setuju banget mas Eko! Tidak ada yang tidak mungkin... Saya sangat percaya itu... Karena saya pernah mengalami sendiri... Hal yang saya anggap sebelumnya impossible... Ternyata... "Hanya begitu to?" :)

    BalasHapus
  5. its true nothing is impossible in life... :)

    BalasHapus
  6. ide yang cerdas dan kreatif, semoga sukses dan segera terwujud, mas eko. pada era virtual seperti ini memang tak ada yang tak mungkin. apalagi situs tsb dikelola oleh orang yang paham benar ttg dunia media.

    BalasHapus
  7. tetep semangat ngeblog aja mas :D

    BalasHapus
  8. iya bro.. kalau blum usaha, gimana mau tau hasil nya? saya dukung deh bro

    BalasHapus
  9. sip mas..
    semuanya kan berawal dari mimpi he..he..

    BalasHapus
  10. Segala sesuatu harus di coba dulu. kalau sebelum masuk hutan udah takut harimau/ular duluan gak bakalan jadi masuk dah padahal tuh di dalam utan banyak peti emas hehehehe
    kalau mau berusaha pasti semua bisa jadi terwujud walau gak 100% pasti bisa dapat 50% nya

    Salam kenal

    BalasHapus
  11. maju terus mas ....
    gpp, kadang sebuah kesuksesan besar berawal dr mimpi :)

    BalasHapus
  12. ay o mas teruskanlahhh kalau kata agnes monica mahh xixixxii

    BalasHapus
  13. hmmm ini cerita lama yang bisa diambil hikmah ya?
    :)

    BalasHapus
  14. @ Phone Tutorial: Yups, benar sekali. Dicoba saja dulu, urusan hasil itu belakangan. Dan jangan lupa pula, apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi hasil yang akan kita raih. So, better be optimistic. :D
    @ Opung: Ya, benar.
    @ ammadis: Maksud lo???? :))
    @ Hangga Nuarta: Itu dia, kita tidak tahu apa yang akan terjadi kalau kita tidak mencobanya terlebih dahulu. Iya kan?
    @ Ceznez: :D
    @ Sawali Tuhusetya: Trims atas support-nya, Pak. Mudah-mudahan mimpi ini bisa terwujud segera.
    @ Jemmy: Ya, itu tetap, Mas.
    @ dawiecool: Yap, thanks atas dukungannya.
    @ hryh77: Ya, saya setuju itu.
    @ edylaw: Satu lagi yang setuju. Trims...
    @ afwan: Yap, benar banget!
    @ BocahIseng: Hahaha, bisa aja dirimu itu.
    @ Rusa Bawean: Baca cerita yang di tengah gak? Hihihihi...

    BalasHapus
  15. yap benar. tak ada yang tak mungkin di dunia ini termasuk dalam dunia bola, bola itu bundar. bukan tidak mungkin pula kalao musim depan indonesia bisa jadi juara piala dunia wakakakaka

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan Manjakan Mata, Telinga dan Waktu Anda dengan Samsung LED TV. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    BalasHapus
  16. Saya tunggu kejutannya mas :D
    Kali aja kita bisa diajak-ajak gitu he he he

    BalasHapus
  17. Sikap pesimis itu penghalang utama. Penghalang kita yang paling besar adalah realitas kita sendiri, kata Mas Robert T Kiyosaki anda jadi tidak bisa karena anda menganggap diri anda tidak bisa. Kepp fighting aja deh mas EKO

    BalasHapus
  18. Wah mantep bro... I have sam idea like that. Malahan domainnya udah lama di beli. Tapi implementasinya yang masih nol besar :P

    Keep the spirit bro... Selama niatan baik dan dikerjakan dengan konsep yg matang, nothing is impossible. SEPAKAT!!!

    BalasHapus
  19. Siipp mas Eko... sama seperti saya, bedanya anda punya tim yang siap berjalan... so keep going! ;)

    Saya pribadi punya konsep tentang situs komunitas yang berbeda dengan yang ada saat ini, saya yakin ini dapat menyedot menarik banyak pengguna situs komunitas yang mulai jenuh, jika ada diantara rekan-rekan yang tertarik membicarakan lebih lanjut konsep ini... tolong hubungi saya di 0898 8063416 (Andri)

    Salam kenal dari andriyarusman.com :)

    BalasHapus
  20. Setuju tenan bung ecko!
    Tetap semangat and jalan terus!

    BalasHapus
  21. Saya yakin pasti bisa menyaingi detik lah...asal kan inovatif tentunya..yg pasti para blogger yg ada disini bakal sering mampir kalau jadi mas ecko realisasikan..hehehe..

    BalasHapus
  22. @ Gadget: Semoga menang, Bro.
    @ Ravatar: Wah, orang ini proyeknya temen koq. Saya juga cuma diajak aja. :D
    @ Docran: Setuju banget, man! Ya, penghalang utama keberhasilan kita itu sesungguhnya justru diri kita sendiri.
    @ Adieska: Wah, malah sudah beli domainnya ya? Koq gak direalisasikan kenapa?
    @ Richest: Kami malah sedang membentuk tim lho. Sementara saya dimintai tolong mencari teman untuk menguatkan tim ini. :D
    @ Dwie: Yups, thanks atas support-nya.
    @ Septian: Amin, amin, amin. Tapi sekarang tolong doain supaya rencana ini bisa cepat terealisasi dulu ya? :D

    BalasHapus
  23. Setiap ada kemauan pasti ada jalan, kalo cuma lokal jogja saja mas, tapi keseluruhan. Nanti aku juga mau nimbrung jadi wartawan, yang tugasnya khusus ngeliput orang-orang kubu, wkwkwkwkwk...

    @ Rusa Bawean : ternyata gak suka berita lama, pantesan cuma ngede-hemmm donk. Hati2 jadi rusa, jangan cuma lari dari blog yang .1 ke blog yang lain, ntar ketangkap orang kubu baru nyaho. Kabuuurrr

    BalasHapus
  24. Pokoknya tetap optimis, kalau kita tidak mencoba bagai mana kita bisa tahu seperti apa hasilnya.. Saat ini kebanyakan orang hanya menginginkan yang praktis, cepat dan mudah... kek saya ini...hihihi... :D

    BalasHapus
  25. Pokoknya dicoba saja mas ecko... Siapa tahu nanti bisa sukses...

    BalasHapus
  26. bener bgt,, asal mau berusaha semuanya bisa menjadi mungkin..

    sukses buat proyek barunya mas..

    BalasHapus
  27. ga ada yang ga mungkin mas Eko, lanjutin aja rencananya :D

    BalasHapus
  28. wow iya. kudu semangat ni mengejar target :D

    BalasHapus
  29. ga perlu melihat ke atas dulu untuk memulai sebuah usaha, hehehe kalo dibandingin gitu keder duluan. detik jg dulu mulainya dari nol. selalu ada saat pertama bukan. smg sukses ya..digarap aja

    BalasHapus
  30. yup..

    kalo kata pepatah : "kita ga akan pernah tau sebelum pernah mencoba"

    BalasHapus
  31. @ ajie: Thanks ya sudah nempelin link ke sini.
    @ IM; Hehehe, doain dulu rencana ini berjalan.
    @ buJaNG: Thanks support-nya, Bro.
    @ Mamas86: Oke, trims. Krg kerjaan ya blognya dua2 dimasukin ke sini. :p
    @ emfajar: Trims, bro..
    @ yudi: Yups, bener banget!
    @ kumpulblogger: oke, sip.
    @ cebong ipite: Thank you, thanks you...
    @ fraders: bener banget tuh! :D

    BalasHapus
  32. setju bro ...jgn takut untuk memulai hal besar dari hal kecil karena pikiran kita adalah aset yang besar nothin is imposible saya yakin itu key salam kenal dari newbie http://www.upgadget.com mohon masukannya ya bro soalnya pemula neh,,,,,:D

    BalasHapus
  33. Bener mas...jangan pesimis dulu..mending coba dan usaha..saya yakin detik dulu juga kecil kok

    Posting Favorit
    Main Facebook dibayar $3 Untuk tiap Referal

    BalasHapus