Selamat datang di ...

06 Januari 2009

Anda sedang mencari-cari nasihat terbaik dalam blogging? Nasihat yang Anda harapkan dapat meningkatkan semangat ngeblog (meng-update, blogwalking, dan menjalin network dengan blogger lain? Hmm, rasanya tepat kalau Anda mendengarkan nasihat yang satu ini. Kenapa? Karena inilah satu-satunya nasihat terbaik yang pernah saya dapatkan, dan saya rasa beginilah seharusnya mindset yang ada di kepala seseorang saat memulai blognya. Apa itu? Jangan berusaha jadi terkenal!

Oops, ini sepertinya koq nasihat yang tidak bisa diterima akal ya? Siapapun orangnya pasti punya keinginan untuk menjadi terkenal--menjadi selebritas, betul? Dan blog merupakan salah satu jalan yang mungkin ditempuh untuk mencapai popularitas itu. Paling tidak, ini sudah pernah dibuktikan oleh beberapa orang. Sebut saja seperti (lagi-lagi) Cosa Aranda, Medhy Aginta, Bang Zalukhu, atau Tika. Pertanyaannya kemudian, apakah mereka-mereka itu memulai blog dengan tujuan ingin menjadi terkenal?


Satu ciri utama blog yang membedakannya dari situs-situs lain pada umumnya adalah bahwa blog senantiasa di-update dalam waktu berkala. Blog yang tidak pernah di-update adalah blog yang mati, tidak diakui eksistensinya. Untuk itu seorang blogger mesti rajin meng-update blognya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukannya sendiri. Tidak harus tiap hari, bisa saja dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali, yang penting teratur. Kata yang jago SEO sih keteraturan posting ini akan berpengaruh pada peng-index-an blog di mesin pencari.

Untuk meng-update blog kita tentu butuh bahan tulisan. Dari mana kita mendapatkan ide sebagai bahan tulisan? Di sinilah peran nasihat yang saya sampaikan di atas bermain. Kalau sejak awal memulai blog Anda berusaha ingin menjadi terkenal, maka Anda akan terjebak dengan keterbatasan Anda sendiri. Mengangkat tema yang banyak dicari tapi tidak sesuai dengan kemampuan adalah salah satu hal yang biasa dilakukan pemula. Karena mereka lihat blogger-blogger terkenal mengangkat tema make money blogging, maka merekapun ikut-ikutan mengangkat tema tersebut di blog. Padahal tak jarang mereka sejatinya baru saja belajar. Percayalah, suatu saat Anda akan kehabisan bahan karena dilanda kebuntuan plus kejenuhan luar biasa.

Akan berbeda kejadiannya kalau Anda tidak pernah punya keinginan menjadi terkenal. Anda hanya akan fokus menulis posting dengan teman-tema yang dikuasai dan disukai, dan karena itu posting-posting Anda akan menjadi sangat bermanfaat sekali karena ditulis oleh orang yang paham dan menguasai tema tersebut. Semakin sering Anda melakukan ini, maka semakin banyak artikel bermanfaat yang dihasilkan. Akibatnya, tulisan-tulisan seperti ini akan terus dicari dan dibaca, tidak peduli sudah sejak kapan Anda mempublikasikannya. Trafik akan terus berdatangan, dan dengan sendirinya blog Anda akan semakin naik popularitasnya.

Kita tentu pernah mendengar tips yang sering disampaikan para blogger senior, yaitu mulailah blog tentang apa yang disukai. Ya, buatlah blog dengan mengangkat tema sesuai dengan hobi atau minat. Selain Anda dijamin tidak akan kehabisan ide sebagai bahan tulisan, Anda juga akan mengurus blog tersebut dengan sepenuh hati. Tulisan-tulisan yang dipublikasikan juga akan memancarkan sebuah ketulusan hati karena Anda memang benar-benar menyukai apa yang sedang Anda bahas. Dengan tulisan penuh ketulusan seperti ini Anda akan dapat dengan mudah menjalin readership, sebuah ikatan emosional yang akan mengeratkan hubungan Anda dengan para pembaca.

Kesimpulannya, saya setuju setiap orang pasti punya keinginan untuk menjadi terkenal. Kalau diterjemahkan dalam blogosphere bahasanya menjadi "setiap blogger pasti punya keinginan untuk menjadi blogger terkenal". Namun akan lebih menyenangkan rasanya kalau Anda menjadikan popularitas hanya sebagai efek dari sebuah ketekunan dan keseriusan mengurus blog, bukan sebagai sebuah tujuan. Setuju?

*NB: Tulisan ini terinspirasi oleh wawancara Mr. Brown dengan Herman "Momon" Saksono.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

70 komentar:

  1. setubuh mas! ;)) Iya bner bgt, jngn pnya keingnan jdi trkenal... Brbagi aja sesuai dengan apa yg qt bisa bagi dan kita pnya untk qt bagi... sya stju klo ppularitas itu hnya efek smping aja.. smkin bnyak mmberi smkin bnyak mnerima.. :)

    BalasHapus
  2. wah postingan subuh-subuh yang benar-benar membuka wawasan nih mas eko..makasih mas atas postinganya dan kayaknya saya termasuk tuh diatas karena sekarang rasanya buntu nih otak mau nulis apa??? ya akhirnya amburadul...

    BalasHapus
  3. betul mas Ecko. menjadi dikenal (saya lebih suka dgn istilah ini) hanyalah efek samping dan buah dari keseriusan dan ketekunan dari empunya blog utk terus menghidupi blognya dgn sesuatu yang berguna bagi blogger lain.

    BalasHapus
  4. mantab deh omm... saya juga gak kepinginterkenal deh,biar sukses..

    BalasHapus
  5. wah cocok nih mas soalnya saya baru mulai ngeblog nih makasih mas tips dan infomarmasinya

    BalasHapus
  6. yah klo saya mah enjoy blogging ajah. terkenal mah bonus he,,,he

    BalasHapus
  7. Super setuju mas! Nice post! Wah-wah-wah.... di awal tahun, banyak sekali tulisan berharga nih. Makasih buat pandangannya.......

    BalasHapus
  8. untung saya tidak terkenal,,,, ;))

    BalasHapus
  9. Oh ternyata jangan berusaha terkenal ya Mas :)
    pantesan saya gak terkenal-terkenal, hehehe...
    ---
    waduh, baca posting mas jimmy juga ada masalah jenuh, terus malas, kok kayak janjian ya... sama2 ngingetin saya..
    ---
    ya sudah, kalau gitu saya ganti topik saja..
    *pundung yeuh*

    BalasHapus
  10. jadilah manusia biasa, berat beban kalo jadi orang terkenal.

    BalasHapus
  11. Wew... Setuju banget saya... Semoga aja saya yang udah 'minum obat di atas' bisa kena 'efek sampingnya' juga... wkwkwkwkw

    BalasHapus
  12. Saya ketawa liat komentarnya mas hakimtea,

    untung saya tidak terkenal,,,, ;))

    itu nyindir mas eko apa yah (gara-gara namanya ga dimasukin di salah satu blog terkenal versi as eko di post di atas)??hehehehehehehe

    anyway,
    pencerahan yang bagu nich..
    mantebz... benar-benar bagus,
    makanya saya suka nongkrong di "rumah" mas eko ini.
    he he he he


    btw, tadi kok saya sempet sulit ya masuk ke blog ini, apa karena server hostingan mas eko lagi down??

    BalasHapus
  13. Wah, susah kalo terkenal. Banyak yang minta macam2 wkwkwkwkk......

    lebih enak ga dikenal tapi banyak duit, ehehehe

    BalasHapus
  14. Thanks mas atas nasihatnya. Bukan terkenal yang daku cari tapi uang hayah ....;))

    BalasHapus
  15. terkenal gak terkenal gak penting kali ... yang enting ngeblog :D

    BalasHapus
  16. Benar banget, saya sendiri tidak punya niat untuk jadi terkenal tapi sampai sekarang saya masih kesulitan untuk mencari ide tulisan.
    Tapi setelah dipikir2 saya terobsesi untuk menjadikan internet sebagai sumber penghasilan utama saya. Bisa nggak ya?

    BalasHapus
  17. @ Ardy: Setubuh? Sayanya yang ogah sama situ. :))
    @ Pencuri Kode: Ini sebenarnya sentilan untuk saya juga koq, Kang Noval. :D
    @ Adeska: Ya, idealnya sih seperti itu karena kalo cuma pengen ngetop sih bisa instan. Tapi gak bakal lama ngetop yang kaya gitu.
    @ Sandy: Yang penting earning-nya banyak ya? :))
    @ Blog Totalitas: Salam kenal ya.
    @ Blogger Jogja: Setuju banget!
    @ Syamsul Alam: Sama-sama, Bro. Ini sebenarnya juga nasihat untuk diri saya sendiri koq.
    @ Hakimtea: Wah, sukanya selalu merendah nih.
    @ BLogicThink: Oya, Mas Jimmy nulis masalah kejenuhan? wah, harus dibaca nih! Thanks infonya.
    @ Hawee: Yups, apalagi kalo sampe dikejar-kejar paparazzi. :D
    @ Hangga Nuarta: Amin.
    @ Maulana Malik: Bukan begitu, Bro. Kang Hakim itu emang suka merendah koq. Kalo saya cantumin namanya dia tar malah protes lho.
    @ Paman Gober: bener banget tuh! :))
    @ Riza: Sama dong. :D
    @ mantan Kyai: Yak, benar pak yai!
    @ Sofwan: Tentu saja bisa, Mas. Blogger-blogger cowok yang saya sebutin di atas sudah membuktikan koq kalau internet itu bisa diajdikan sebagai sumber penghasilan utama. Semangat ya...

    BalasHapus
  18. ini pas banget buat saya...; saya tidak ingin jadi orang terkenal, ribeth banget.... cukup jadi orang yang dikenal saja....; terima kasih Mas.

    BalasHapus
  19. Hehehe..
    Wah pengen jg mas jd terkenal,.. tapi yang penting sekarang adlah money hehe =))

    BalasHapus
  20. Setuju banget tuh! Tujuan utama kita ngeblog hendaknya bukan pengen terkenal. Kalaupun suatu saat bisa terkenal lewat blog tsb,,,, ya nggak apa2lah!

    BalasHapus
  21. yang penting enjoy ngeblog terus, dengan blogwalking mudah mudahan jadi dikenal

    hehehehehe

    BalasHapus
  22. Iya mas. Saya setuju sekali. Istilahnya "jadilah diri sendiri". Karena apapun yang namanya barang dagangan itu suatu saat akan lapuk dan membuzuk. Hanya yang berkompeten di bidang-nya lah yang akan terus bertahan, sementara yang hanya ikut-ikutan malah akan semakin bingung dengan ketidak jelasan konsep yang mereka bangun sendiri.

    Biarlah yang jago SEO mengambil pangsa pasarnya sendiri, sementara kita yang (katakanlah) jago masak carilah pangsa pasar yang tepat (ibu-ibu misalnya =)) ). Janganlah kita memaksakan kemampuan utk bisa ikut2an mereka yang jauh lebih berkompeten, padahal kita tahu kalau otak kita terbatas.

    So, be your self! Salam kenal dari bogor ;;)

    BalasHapus
  23. Aku tidak mau terkenal,..
    Aku mau punya teman yang banyak,...
    Dan Baik hati semua...
    Nyamannya Dunia jk Kita semua Berteman,..
    Saat ini,..bayi2 palestina terancam mati kedinginan,...Oh......FkCUp israel..

    BalasHapus
  24. setujuh
    bagi pandangan saya blog hanya sebuah sarana utuk berkomunikasi tanpa memetak metak dan tanpa mengkotak kotak dan tidak menjadikan katak dalam tempurung
    ngeblok bagi saya hanya mengendali emosi dan menyalurkan pikiran agar tak menjadi gila
    enteng sekali saya dalam ngeblog
    tidak peduli PR dan lainnya inrinya sekedar cari wawasan saat blogwalking dan bersahabat saja hahaha ( Ringkas toh mas )
    salam kenal dan salam persahabatan

    BalasHapus
  25. setuju mas eko, blog yang tujuan awalnya hanya buat cari duit aja dan bukan pengen terkenal kadang juga kelihatannya tidak menarik ya

    BalasHapus
  26. setuju.. :D
    blog saya aja ga mengandung tema khusus..
    apa aja saya tulis he..he..

    BalasHapus
  27. Setuju sekalo ko, kalo om sendiri sangat menghindari kata populeritas, buat om blog dibaca dan dihargai aja sudah lebih dari cukup :)

    BalasHapus
  28. berusaha tetap sederhan lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  29. setujuh masekoh. jangan terlalu berharap cepat terkenal kita ngeblog sesuaikan dg kapasitas yg kita miliki. mulailah dr hoby dl. kesuksesan selalu akan mengikuti. klo hoby sy sih maen footballmanager 2009 tp berhubung belum instal tu game fm2009 jd yah sedikit jarang posting2. hehehe..

    BalasHapus
  30. Wah.. inspiring banget tulisannya mas Ecko. Sip banget..

    emang bener mas.. cape kalo niatnya bikin blog biar terkenal.. Jadi inget alasan dulu bikin blog berbahasa Indonesia kaya Gnupi.com..
    Alasannya cuma biar kalo komentar di blog orang lain bisa kasih link yang situsnya bisa dibaca sama blogger tersebut :D

    BalasHapus
  31. setuju banget...menulis apa yg dicintai, akan terus mengalirkan inspirasi. Salud!

    BalasHapus
  32. setujuuuu ooom... kalo buat saya sih ngeblog cuman buat cuap cuap, curhat dan kalo pas ada sesuatu pops up in my head aja langsung diposting, betul2 semaunya... :D

    BalasHapus
  33. setuju banget mas eko
    bener banget menurut anda

    BalasHapus
  34. SETUJUUUUUUUUU........!!!!!

    BalasHapus
  35. stujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...!!!

    *tereak tereak bawa spanduk*

    BalasHapus
  36. Bener juga ya...
    Setelah saya perhatikan, banyak blog yang dah ber-PR loumayan tinggi, tapi ternyata 1 bulan ada yang belum update (mungkin mereka nih lagi gak ada ide).

    BalasHapus
  37. Saya belum pantas disejajarkan Mas Cosa, Bang Zalukhu dan Mbak Tika, Mas Ecko. Masih terus belajar juga kok. :)

    BalasHapus
  38. jangan berusaha jadi terkenal. nanti pas online repotnya minta ampun karena banyak yang nanya :p

    BalasHapus
  39. Wow muantaaaaf brooo n setujuuuu banget btw kalo Tukul mau ngeblog walo newbie dia masih selebritis donk??

    salam KoMpaaaK

    BalasHapus
  40. Setuju mas...
    semua orang pengen terkenal...
    tapi sebaiknya dengan cara dan ciri khas masing2..
    kalo nyontek mah bakal kalah pamor deh sama yg asli..
    yakin deh...


    "Kita tentu pernah mendengar tips yang sering disampaikan para blogger senior, yaitu mulailah blog tentang apa yang disukai. Ya, buatlah blog dengan mengangkat tema sesuai dengan hobi atau minat. Selain Anda dijamin tidak akan kehabisan ide sebagai bahan tulisan, Anda juga akan mengurus blog tersebut dengan sepenuh hati. Tulisan-tulisan yang dipublikasikan juga akan memancarkan sebuah ketulusan hati karena Anda memang benar-benar menyukai apa yang sedang Anda bahas. Dengan tulisan penuh ketulusan seperti ini Anda akan dapat dengan mudah menjalin readership, sebuah ikatan emosional yang akan mengeratkan hubungan Anda dengan para pembaca."


    setuju banget sama yg diatas itu..yg jadi masalah saat malas melanda..heheheh

    BalasHapus
  41. Saya belum pantas disejajarkan Mas Medhy, Mas Cosa dan Mbak Tika, Mas Ecko. Masih terus belajar juga kok. :)
    ***ikut2an kayak komen mas Medhy wkwkwkwk


    Saya juga belum merasa terkenal ko... buktinya Barrck Obama ga kenal gw wkwkwkwk... but satu saja dari saya:
    Ngebloglah dengan apa yang kamu punya.. apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu perbuat.

    BalasHapus
  42. bener tuh mas ecko, btw saya sendiri juga malah tidak ingin terkenal soalnya postingan kita jadi berat bebannya lantaran dikira jago padahal cma mo bagi pengalaman yang dikit itu dengan maksud kali-kali aja ada yang punya nasib sama dan kebetulan saya punya solusinya, but terkadang malah mintax macam-macam, but resiko terkenal emang harus ditanggung apalagi sekelas blog ini.
    btw lam kenal and skalian mohon ijin masang link ziddu ebboknya mas ecko di blog saya :D.
    BR,
    Oentoe_09

    BalasHapus
  43. bener tuh mas, saya juga kadang jenuh. tapi krn saya suka nulis yang saya sukai ya tetep saja hepi. kl nulis terpaksa atau dipaksakan itu yg bikin cepet jenuh, sumpek, bete, de el el

    BalasHapus
  44. Tambah satu resep lagi: Tidak berusaha menjadi terkenal dan rela berbagi ilmu. Blogger-blogger diatas rasanya memang nggak pernah punya niat jadi terkenal. Niatnya memang cuma meramaikan jagad perbloggeran Indonesia.

    BalasHapus
  45. untungnya sejak tahun 2002 saya ngeblog, saya nggak pernah punya keinginan untuk terkenal. Hanya ingin berbagi dan menulis apa yang saya mau, dan senang kalau ada yang ngomentarin tulisan saya.

    Itu aja.

    BalasHapus
  46. @ Munawar AM: Kalo tulisannya sering muncul di koran kan pasti bakal dikenal banyak orang tho, Kang? :D
    @ BambangOke: Hehehe, setuju banget deh! :))
    @ Wahyudi: terkenal itu bonus aja ya?
    @ budi Tarihoran: bener banget, lae!
    @ Rismaka: Yak, begitulah kurang-lebihnya.
    @ Indungg: Iya, Mbak. Friendship is more than everything.
    @ genthokelir: Bener, Mas. Salam kenal juga ya.
    @ Jimmy: Tulisannya jadi terkesan "maksa" ya, Koh?
    @ Hryh77: Yang penting ngeblog!
    @ Oom: Yups, saya setuju dengan Om.
    @ Tabloid Internet: benar, pak esaul.
    @ dieyoun blogger's: Memulai blog dengan mengangkat hobi adalah kunci langgengnya sebuah blog. Itu benar!
    @ Ipung: Waduh, inspiring kaya apa aja. jadi malau saya, Mas. :D
    @ ernud: Yak, bener banget!
    @ Ika: Kalo yang buat nyari duit lain lagi blognya ya, Mbak? :))
    @ Ibnu: :D
    @ Mamas86: :))
    @ TikaBanget: Hehehe, si nona dateng juga setelah disenggol. Kemana aja, Neng?
    @ Firandra: Lagi bertapa mungkin, Mas.
    @ Medhy Aginta: Hmmm, Mas Medhy bener2 suka merendah ya?
    @ Reza Fauzi: :)) Itu juga ada benarnya.
    @ Gombloh: Gak tahu tuh.
    @ Septian: Yap, menciptakan branding untuk dirinya sendiri, itu yg masih belum dilakukan banyak blogger dewasa ini.
    @ Zalukhu: Wah, ini juga sukanya merendah deh.
    @ Oentoe 09: Itu dia. Padahal kan kita cuma bagi-bagi pengalaman. Eh, lha koq malah dianggap jago. :D
    @ Tipis: Jenuh itu pasti ada, Mas. Tapi ya itu tadi, kalau kita nulis sesuai apa yang kita sukai pasti jenuhnya bisa cepet hilang.
    @ Ardo: Iya, saya juga percaya itu.
    @ Rara: Bener, Mbak Rara. Rasanya kita semua juga begitu. :D

    BalasHapus
  47. lhaaa...
    sayah masih ngurusin ibadah akhir mahasiswa...
    hihi..

    BalasHapus
  48. Yap setuju bro. Lebih baik selalu "memberi" saja. Soal "menerima" urusan Atas.

    BalasHapus
  49. Mantap pembahasannya.... Mungkin itu juga yg saat ini sedang saya alami, mulai buntu menulis postingan baru, hehehe...

    Mas eko sorry saya mau tanya.. Kok wkt submit blog ke reviewmu gak bisa, alesannya minimal 5 keindex google ga terpenuhi.. Pdhl blog saya PR 4.. Gmn cara penyelesainnya? Lalu apakah bisa di cek mengenai index google tersebut? Trims before...

    BalasHapus
  50. Wah, ak ngeblog untuk apa ya? Sesuai kemampuan doank kayaknya. Jadi jarang banget nyontek punya orang. Kalo blog yang mau ak buat lagi, mungkin bakalan nyontek, karena hanya untuk monetize doank :D

    BalasHapus
  51. Wah saya malah maunya terkenal kayak bang Eko ini :P

    BalasHapus
  52. @ TikaBanget: Wuih, yg lg sibuk skripsi... :D
    @ MasterClickCom: Yups, saya setuju itu.
    @ slikers: Walah, saya belum pernah submit blog ke ReviewMu, jadi gak pernah punya pengalaman masalah gituan. Maaf ya... :(
    @ NdesO: Ide bagus tuh. Blog personal bersih dari monetisasi, tapi buat blog lain yang memang cuma buat dimonetisasi. Hebat, Bro!
    @ Adieska: Saya? Terkenal? Masa sih? :))

    BalasHapus
  53. setuju mas ecko, walau trafik dikit dan nggak terkenal yang penting earning lancar :D

    BalasHapus
  54. se7 sama mas eko :D

    urusan terkenal atau gak itu belakangan, yg penting bikin blog sesuai dgn hobi dan skill, nanti juga banyak yg dateng kok

    BalasHapus
  55. Setuju banget tuh mas, popularitas hanyalah sebuah efek dari pelayanan yang diberikan, dengan ketulusan hati kepada orang lain. Semakin banyak memberi dengan tulus, maka apresiasi terbaik dari orang pun semakin mengalir.

    BalasHapus
  56. Setujuu...
    *Btw, ini postingan nendang saya banget. :|

    BalasHapus
  57. yang terpenting serius dan fokus ya mas ..

    BalasHapus
  58. Kalau gue mah pengen memberikan komentar mengenai tampilan blog ini, gue kagum dengan tampilannya yang rapi dan teratur...salut bro

    BalasHapus
  59. yupz..semua itu berawal dari niat..

    BalasHapus
  60. betul banget...kalo mau nge-blog harus dari niat awalnya buat cari per-teman-an, karena teman adalah asset yang berharga untuk anda

    BalasHapus
  61. Ngeblog jadikan Hobby biar nggak jenuh..
    Absesn mas..saya mulai update lagi lho :D

    BalasHapus
  62. keren mas postingannya, saya jadi tersentuh di ufuk kalbu yang paling daleeeemmmm, ooooo jadi begitu yaaa masss oooooooowwww

    BalasHapus
  63. setuja mas... ngeblog lha sesuai isi hati ... jangan di mengada2, insya Allah Traffic jg berdatangan..

    BalasHapus
  64. Bekarjalah dengan hati, dengan dekikasi dan loyalitas semuanya akan lebih menyenangkan. Masalah duit itu anggap saja sebagai hadiah.

    Lahir dan batin puas.

    BalasHapus
  65. wah... bener juga tuh mas, kayaknya itu nasehat buat saya...

    BalasHapus
  66. setuju kang . setuju banget . jadi inget kembali perasaan sesaat yang dulu ingin terkenal . sekarang sudah enggak ngurus lagi mau terkenal apa g . yang penting nulis . bener g kang ? ;)

    BalasHapus
  67. iy juga ya mas...
    tapi klu kita nulis g da yg tau g tertera d google dan blog laen gmn tu mas ?


    http://formula-oke.blogspot.com/

    BalasHapus
  68. Salam kenal
    Saya setuju mas..
    Dari awal tujuan saya membuat blog adalah untuk bahan pembelajaran buat teman-teman blogger lainnya, Agar kita bisa menghindari berbagai macam modus kejahatan di sekitar kita. Makanya saya menggunakan nama samaran&tanpa foto. Postingan pun sederhana karena saya hanya menggunakan N9300i saya di sela-sela waktu kerja saya,jadi ga pake efek-efekan. Masalah terkenal atau tidak itu efek sampingnya saja. Yang penting say bisa membuat para blogger lebih WASPADA.

    BalasHapus
  69. Istirahat dulu usul ...Ayo dukung dulu Taman Nasional Komodo untuk jadi salah satu TUJUH KEAJAIBAN DUNIA

    BalasHapus