Selamat datang di ...

20 Maret 2008

Setiap blogger pasti ingin blognya tumbuh semakin besar dari waktu ke waktu. Indikator tumbuh-tidaknya sebuah blog adalah banyak-sedikitnya pengunjung di blog tersebut. Jika jumlah pengunjung semakin meningkat dari hari ke hari, boleh dibilang blog itu tumbuh. Dari awalnya hanya 1-2 orang pengunjung per hari, naik menjadi 10-20 orang sampai akhirnya mencapai jumlah ratusan atau bahkan ribuan orang.

Apa yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung? Kunci utamanya adalah mengikat pengunjung untuk selalu datang dan datang lagi ke blog Anda. Hal ini berkaitan erat dengan konten blog. Pengunjung suka dengan blog berisi konten-konten yang bermanfaat bagi mereka. Manfaat ini bisa berupa materi atau nonmateri. Manfaat materi misalnya Anda memberitahukan program online earning terbaru yang bisa diikuti untuk menambah penghasilan pembaca. Sedangkan manfaat nonmateri bisa berupa hiburan ataupun tips-tips.

Sayangnya banyak blogger yang mengabaikan faktor pengunjung sebagai pendukung utama perkembangan blognya. Padahal nasib sebuah blog boleh dibilang sangat bergantung pada pengunjung. Kegagalan mengikat hati pengunjung sebagai 'langganan' setia dapat mematikan blog Anda. John Chow dalam eBook-nya yang berjudul 'Make Money with JohnChow.com' menuliskan 10 kebiasaan blogger tidak sukses. Dari 10 poin tersebut saya merangkumnya menjadi 5 kesalahan utama blogger. Apa saja itu?


  1. Tidak diupdate. Ini kesalahan besar. Perbedaan mendasar antara blog dan situs pada umumnya adalah pada keterbaruan kontennya. Tidak seperti situs-situs statis yang hanya menyajikan isi yang sama dari waktu ke waktu, blog menawarkan artikel segar secara berkala. Pengunjung menengok sebuah blog dengan harapan akan memperoleh sesuatu yang baru. Nah, jika setelah dikunjungi berhari-hari postingnya masih yang itu-itu juga tentu lama-kelamaan pengunjung akan jenuh. Blog Andapun akan ditinggal lalu terlupakan.

  2. Tidak bersifat personal. Ciri lain dari blog adalah kekhasannya sebagai catatan pribadi yang sifatnya personal. Arti personal di sini adalah bagaimana pandangan Anda mengenai suatu topik atau permasalahan, pengalaman-pengalaman Anda, gaya bahasa dan gaya penulisan Anda, serta topik-topik apa saja yang sering Anda angkat. Dari sini akan terbentuk branding image yang membedakan Anda dari blogger lain. Hal ini tidak dapat Anda lakukan dengan posting asal-asalan, latah, apalagi kalau hasil copy-paste.

  3. Menulis untuk uang, bukan untuk pembaca. Anda memang tidak dilarang untuk mencari uang dengan blog, tapi ingat bahwa pembaca harus ditempatkan di atas segalanya. Tanpa pembaca blog Anda tidak ada artinya. Jadi, sebisa mungkin selalu utamakan pembaca saat hendak menulis posting. Lupakan high paying keyword, jangan pernah menulis paid review yang tidak relevan, insya Allah pengunjung Anda akan betah.

  4. Tidak bergaul dengan blogger lain. Blogoshpere sama persis seperti lingkungan nyata di mana kita tinggal sehari-hari. Kalau Anda tidak mau bergaul dengan orang lain di sekitar Anda, tidak ada yang akan mengenal Anda. Anda akan terasing sendiri. Di jagat blogging juga begitu. Kalau ingin blog Anda dikenal, kenali dulu blog lain. Kalau Anda ingin blog Anda dikunjungi, kunjungi dulu blog lain dan tinggalkan komentar. Terutama di blog-blog besar yang sudah punya nama. Selain berusaha lebih dekat dengan pemilik blog, Anda juga akan memperoleh keuntungan ketika komentator lain atau pengunjung di blog itu penasaran dengan Anda dan ujung-ujungnya berkunjung ke blog Anda. Hal seperti ini pernah saya alami ketika seseorang dari Brunei Darussalam datang mengenalkan diri karena terpesona pada komentar manis saya di blog seseorang. :))

    Cara lain untuk bergaul dengan sesama blogger adalah menjawab setiap komentar yang ditinggalkan di blog Anda. Terlebih jika komentar tersbeut berupa bantahan atau pertanyaan kritis. Tak lupa ucapkan terima kasih karena telah berkunjung dan berkomentar, lalu tanggapi komentarnya. Ini hal sepele, tapi sangat berpengaruh besar pada karir Anda sebagai blogger.

  5. Tidak membaca EkoNurhuda.com. Narsis? Biarin! Hehehe...

Nah, hindari 5 kesalahan ini kalau Anda ingin blog Anda dibaca ribuan pengunjung. Amin.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

14 komentar:

  1. Hmm, bener juga tuh. Makanya buat blog itu yg sesuai sama minat dan hobi saja. Kaya saya yg hobinya bola, ya buat blog ttg bola. Asyik nulisnya, enteng ngurusnya. Hehehe...

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bermanfaat Mas Eko. Numpang belajar disini. :)

    BalasHapus
  3. Ah, Medhy-san jangan terlalu memuji saya. Tar saya jadi besar kepala lho. :) Btw, thanks ya dah mampir.

    BalasHapus
  4. Mas Eko, saya melakukan 5 kesalahan yang Mas Eko sebutkan, saya tidak mengupdate, saya cuma mengerjakan paid review yang jelas2 tidak relevan dengan blog saya.
    Saya menulis untuk uang dan menurut Anda, berpenghasilan 17,5 juta sebulan itu adalah SEBUAH KESALAHAN BLOGGER????
    Kadang2 Mas Eko terlalu ngejar update postingan, jadinya maksa, kesan : sok tahu.

    BalasHapus
  5. Walah, ternyata Mas Eko targetnya $300. Penghasilan baru $75 sebulan. Benar juga orang bilang tong kosong nyaring bunyinya.

    BalasHapus
  6. @ Anonim: Thanks atas komentarnya. Sungguh, saya sangat terharu sekali membacanya. Ternyata saya selama ini begitu ya? Padahal niat saya cuma ingin berbagi apa yg sudah saya baca, saya lihat dan saya ketahui selama berpetualang di internet, tak lebih dari itu koq.

    Btw, kalau Anda bisa berpenghasilan begitu besar, kenapa tidak meninggalkan nama dan kontak yg jelas supaya saya dan rekan-rekan blogger lainnya bisa belajar lebih banyak dari Anda???

    BalasHapus
  7. Ada diskusi yang lagi seru berat nih. Perang terbuka Wordpress dan Blogger... Lihat yo!

    http://www.bayumukti.com/pemakai-wordpress-sombong#comment-2834
    http://thomas.or.id/satu-satu-perbandingan-blogger-dan-wordpress/

    Kritikus

    BalasHapus
  8. Mas Eko, penghasilan saya belum besar. Teman saya sudah main direct advertise selling dan bisa dapat sampai 150 juta sebulan. Makanya, saya ga ngrasa perlu ninggalin nama atau kontak, apalagi kalo buat ngajarin orang, saya belum berkompeten.

    BalasHapus
  9. Dunia blogger semakin INDAH dan BERKESAN dengan perseteruan semacam ini. Si ANONIM yang hampir kaya raya vs si Ecko yang Berjiwa besar.
    Saya jadi berpikir sendiri:
    Just do what do you think the best!


    Saya,
    Astaqauliyah

    BalasHapus
  10. @ Anonim: Thanks ya infonya. Btw, kalo Anda mengharap angka ribuan dolar atau jutaan rupiah di sini Anda akan kecewa karena saya masih newbie. Apa yg saya tulis di sini adalah pengalaman saya plus hasil baca sana-sini. Saya tidak bermaksud menggurui karena saya juga masih harus belajar banyak, hanya saja saya berkeyakinan bahwa pengetahuan itu akan lebih bermanfaat bila dibagikan kepada sesama. Sekecil apapun pengetahuan itu.

    @AstaQauliyah: Thanks atas supportnya, Bro. Udah di-update belum blognya? Saya masih ada di posisi pertama top komentator kan? :))

    BalasHapus
  11. Mas Eko, saya agak kesulitan membaca tulisan di blog Mas. Burem2 gimana gitu, di komen2 yang diarahkan kursor baru terang. Memang sengaja apa mata saya yang salah. Btw, saya pernah juga membaca kesalahan2 blogger (bukan blogspot-er), sederhana tapi memang tidak mudah mengamalkannya. Trims tips-nya.

    BalasHapus
  12. @ Visit Indonesia: Hmm, yang burem tulisannya apa bahasanya? Kalo yang burem tulisannya, bisa jadi kesalahan teknis bisa jadi pada komputer yang dipake. Nah, kalo yg burem bahasanya, baru deh kesalahan bukan pada pesawat televisi, eh, komputer Anda. :p

    BalasHapus
  13. nice posting bro. slam kenal n silakan mampir di www.loker-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  14. kesalahan2 yang patut untuk diperbaharui...

    ...have fun

    BalasHapus