Selamat datang di ...

22 Maret 2008

Di mana-mana yang namanya sukses itu membutuhkan proses. Sukses bukanlah sesuatu yang by product yang bisa sekali jadi, melainkan by process yang butuh waktu. Karena itu sukses berhubungan erat dengan sikap dan konsistensi. Sikap apa? Sikap terhadap diri sendiri, terhadap orang lain, terhadap tujuan yang ingin dicapai, dan juga sikap terhadap yang sedang dijalani itu sendiri. Semuanya ini berkaitan erat dan akan saling mendukung satu sama lain. Lalu konsistensi adalah faktor penyempurnanya. Bila Anda memiliki semua ini, insya Allah kesuksesan akan lebih mudah diraih.

Dalam hubungannya dengan sikap dan konsistensi, untuk mencapai kesuksesan juga perlu ditumbuhkan satu kebiasaan positif. Yang dimaksud dengan kebiasaan positif di sini adalah hal-hal yang selalu dilakukan agar semakin dekat dengan tujuan yang hendak dicapai. Contohnya Anda ingin memiliki tubuh kekar berotot seperti Ade Rai, maka kebiasaan positif yang harus Anda lakukan antara lain rajin olahraga, rajin melatih otot-otot, serta tidak makan makanan berat setelah pukul 7 malam. Jalankan terus kebiasaan positif ini secara konsisten, maka dari hari ke hari Anda akan semakin dekat dengan keinginan Anda tadi.

Menjadi blogger suksespun begitu. Anda harus memiliki sikap dan kebiasaan positif yang terus-menerus dilakukan secara konsisten sampai apa yang Anda inginkan sebagai blogger tercapai. Lalu bagaimana cara mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa saja yang harus dilakukan? Gampang. Lihat dan contoh saja apa yang sudah dilakukan oleh blogger-blogger senior bernama besar di luar sana. Menurut pengamatan (gaib) saya, setidaknya ada 5 kebiasaan positif yang dilakukan para blogger sukses. Ini dia:


  1. Memposting dengan jadwal yang teratur. Siapapun pasti suka dengan barang segar, termasuk di dalamnya artikel-artikel segar di blog. Jangan kecewakan pengunjung dengan artikel yang itu-itu juga sejak bulan kemarin. Update blog Anda secara teratur, paling tidak 2-3 kali seminggu (biar irit pake posting terjadwal di draft.blogger.com). Saya sendiri punya jadwal memposting setiap 2 hari sekali. Ke depannya saya ingin seperti Mr. John Chow yang mengupdate blognya sehari 3 kali (kaya makan aja). Yah, paling tidak seperti Cosa Aranda yang rata-rata menulis satu artikel baru tiap hari. Kalau Anda bagaimana?

  2. Sangat menyukai topik yang dibahas. Ini berkaitan erat dengan pemilihan topik pada saat hendak memulai blog. Selalu mulai blog dengan topik yang Anda sukai. Pengaruhnya sangat besar terhadap kelangsungan hidup blog Anda. Kalau Anda sudah suka dengan sesuatu, Anda akan dengan sangat mudah menemukan pokok-pokok pembicaraan untuk dituangkan di blog. Anda tidak akan pernah bosan membahasnya, sekalipun hanya hal yang sepele sesepele-sepelenya (susah nggak waktu baca yang ini? :p). Sama seperti saat Anda menyukai seseorang. Di manapun, kapanpun, dan dengan siapapun Anda tidak akan bosan-bosannya membahas sang pujaan hati. Tidak ada cerita kehabisan ide karena apapun yang ada padanya selalu menarik untuk dibicarakan. Iya kan?

  3. Penulis yang baik. Ini bukan berarti Anda harus menjadi pengarang ataupun esais hebat. Tidak ada jaminan seorang penulis besar juga akan sukses sebagai blogger. Maksud penulis yang baik di sini adalah menulis dengan bahasa yang enak dan santun serta mudah dimengerti. Hindari penggunaan kata-kata kasar dan jorok, kecuali kalau Anda penulis blog jorok atau ingin dicap sebagai penulis blog yang jorok. Karena blog berbentuk tulisan, perhatikan benar tata bahasa dan tanda baca yang digunakan. Biasakan untuk selalu mengedit artikel secara seksama sebelum mempublikasikannya. Jika menjumpai kesalahan pada artikel yang terlanjur dipublikasikan, segera edit dan ganti dengan yang benar. Satu hal lagi, perhatikan bahasa yang dipakai. Tidak perlu terlalu formal karena akan menimbulkan kesan kaku, tapi sebisa mungkin jangan gunakan bahasa pasaran yang cenderung kasar.

  4. Berinteraksi dengan pembaca. Ini penting diperhatikan, terutama bagi blogger pemula (seperti saya) yang blognya masih sepi pengunjung (seperti blog saya). Berikan tanggapan pada setiap komentar yang ditinggalkan pembaca. Nanti kalau posting Anda mendapat komentar puluhan Anda boleh memilih komentar-komentar tertentu saja untuk ditanggapi dan mengabaikan sisanya (terutama yang gak penting :p). Tapi kalau komentarnya baru 1-2, kan keterlaluan sekali kalau tidak direspon. Tambahan lagi, untuk mengakomodir pengunjung yang meninggalkan komentar dengan tujuan memperoleh backlink, sebaiknya aktifkan fungsi 'dofollow' di kolom komentar Anda.

  5. Membaca EkoNurhuda.com. Kalau poin ini tidak akan saya jelaskan panjang-lebar. Tar pada protes lagi. :))

Hanya 5 kebiasaan ini saja yang harus dilakukan secara konsisten untuk menjadi blogger sukses. Sekali lagi, hanya 5 (kurangi satu jika Anda tidak setuju dengan poin kelima :p). Masa iya tidak bisa sih?


« Selanjutnya
Sebelumnya »

6 komentar:

  1. Informasi ini bagus sekali buat menuju arah kesuksesan :)

    BalasHapus
  2. Thanks Om sudah mampir. Ini hanya pendapat saya saja, terima kasih kalo Om menyatakan setuju dengan ini. :) Sering2 mampir ya.

    BalasHapus
  3. Trima kasih.. bagus ni tulisannya.. tuk nambah pengalaman kita

    BalasHapus
  4. yup, memang harus gitu

    BalasHapus
  5. Hello Bung Eko,saya sependapat dengan Anda,kesuksesan memang butuh kerja keras....
    kadang2 saya malas sekali ngurusi blog,yach masalah akses yang lelet membikin saya stress sendiri sampai Ide yang udah di kepala menjadi hangus sendiri.Yach...tapi saya mempunyai harapan besar di dunia Online,karna inilah harapan satu-satunya .....Thanks.salam Dahsyat Bung !!

    BalasHapus
  6. tips yang bagus...terutama bagi yang baru belajar...sementara yg udah ahli ngingatkan biar konsisten...

    salut boss

    BalasHapus